Translate »

Panduan Berbusana Ke Kantor Bagi Pria

Bagi Anda yang termasuk laki-laki pecinta mode atau Anda hanya butuh saran profesional tentang busana kerja Anda di kantor, tips tentang busana keseharian dalam bekerja akan selalu Anda butuhkan. Anda tidak pernah tahu kapan Anda akan membutuhkannya, seperti untuk ajang wawancara kerja yang mendadak, meeting yang penting atau hanya untuk menciptakan kesan baik di tempat kerja. Tips berbusana kantor bagi Anda laki-laki pekerja akan selalu bermanfaat.

The Basics

Ketika berbelanja untuk busana kerja, Anda perlu menerapkan di dalam pikiran bahwa semua tergantung dari dresscode dan suasana kantor. Apakah kasual, formal ataukah somewhere in between? Berdasarkan informasi ini, Anda akan mampu ‘menyempitkan’ pilihan menjadi beberapa benda pokok yang harus Anda miliki. Umumnya, pakaian kantor adalah pakaian resmi yang sama sekali jauh dari kasual. Namun, di beberapa kantor lifestyle yang memang diperbolehkan tampil kasual, Anda bisa menerapkan pilihan pakaian yang lebih santai. Namun perlu diingat, setidaknya kemeja harus disetrika rapi, pilihan bahan celana panjang pun harus formal serta dalam kisaran warna netral, dan sepatu harus selalu bersih. Ini adalah aturan dasar berpakaian ke kantor bagi Anda para lelaki pekerja.

Office Essentials

Walaupun aturan baku berbusana ke kantor seringkali berbeda-beda, tetap saja terdapat beberapa produk mode yang wajib dimiliki sesuai pakem busana kerja yang konvensional. Inilah beberapa office essentials yang harus Anda miliki:

1. Setelan Kantor (Atasan dan Bawahan)

Pics: http://www.prisonerofclass.com

Setelan atau dikenal juga dengan istilah suits adalah benda wajib yang harus dimiliki laki-laki yang ‘sadar mode’, baik Anda bekerja di kantor ataupun tidak. Produk mode ini akan sangat berguna pada acara-acara resmi seorang pria dewasa. Milikilah setidaknya setelan resmi dengan dua kancing yang umum dan pilihlah pilihan warna yang klasik dan timeless seperti hitam, abu-abu dan navy blue.

2. Blazer

Pics: http://uncrate.com

Walaupun Anda sudah memiliki beberapa pilihan setelan, satu blazer yang resmi tetap perlu Anda miliki. Anda mungkin akan membutuhkan suatu sentuhan lain sebagai padanan busana Anda, misalnya untuk dipadankan dengan celana panjang khaki ataupun kemeja rapi dalam berbagai warna. Jadi memungkinkan Anda memiliki beberapa alternatif gaya untuk hari-hari yang berbeda (karena bentuknya yang umum, busana laki-laki seringkali membosankan dan terlihat seakan memakai busana yang sama berulang-ulang. Pilihan warna dan motif blazer biasanya sanggup menghindari kasus tersebut). As always, pilihlah beberapa warna netral dahulu dan hindari bahan-bahan yang tidak umum seperti velvet atau beludru yang tidak sesuai dengan lingkungan profesional.

3. Celana Panjang (Bukan Jins)

Pics: http://imagecold.club

Celana panjang yang sempurna adalah benda wajib yang harus hadir dalam ‘paket’ busana ini, walaupun Anda telah memiliki celana dari setelan yang berbeda. Gunakan warna-warna yang berbeda sebagai alternatif mix and match Anda dengan berbagai blazer dan kemeja resmi. Pilihlah yang potongannya pas sekali dengan bentuk kaki Anda dan pastikan ujung celana Anda berada tepat di mata kaki. Pilihlah beberapa pilihan warna gelap seperti hitam dan warna charcoal, atau warna khaki dan cokelat untuk hari-hari yang lebih cerah.

4. Kemeja Resmi

Pics: http://nowinstyles.com

Beberapa kemeja resmi atau shirtdress yang tepat potongannya dengan bentuk tubuh adalah sangat vital untuk dimiliki laki-laki pekerja kantoran. Lebih mahal tidak masalah, asalkan ‘jatuhnya’ pas di badan. Hati-hati dalam memilih potongan dan kecocokan siluetnya dengan bentuk tubuh. Pastikanlah bahwa sambungan antara lengan dan bahu terletak persis sedikit di atas bahu. Perhatikan juga bahannya. Bahan yang kaku dan tidak mudah kusut adalah pilihan yang terbaik. Lagi-lagi, pilihlah beberapa warna dasar seperti putih, dan warna-warna muda seperti cokelat muda ataupun biru muda. Bila Anda berani bereksperimen, tidak ada salahnya mencoba beberapa pilihan warna yang berani seperti kuning muda ataupun pink muda. Di beberapa runway fashion week, pilihan warna pink muda sudah popular dikenakan laki-laki. Pilihlah motif garis yang ‘aman’ jika Anda tertarik menggunakan kemeja dengan print.

5. Sweater dan Vest

Pics: http://i00.i.aliimg.com

Sweater dapat menjadi sahabat untuk Anda yang menginginkan tampilan lebih kasual di kantor (dan tentunya dengan suhu ruangan yang bersahabat dengan sweater yang hangat). Pilihlah sweater yang tidak terlalu kumal dengan potongan yang lebih pas badan. Terkadang, t-shirt lengan panjang yang rapi dapat berfungsi sebagai sweater yang baik. Padankan dengan kemeja shirtdress di dalam t-shirt lengan panjang tersebut. Vest terkesan lebih rapi dibandingkan sweater dan sangat berguna ‘memformalkan’ penampilan Anda dengan mudah. Hindari vest yang terlalu ketat di tubuh karena biasanya menyebabkan kancing-kancing vest tersebut akan berjarak satu sama lain. Jangan lupa cocokkan warnanya dengan warna-warna netral yang lebih profesional. Untuk inspirasi mix and match agar tidak membosankan, sweater dan vest bisa jadi jawaban. Hindari print dan warna-warni yang terlalu cerah untuk pilihan sweater dan vest Anda.

6. Sepatu Resmi

Pics: http://www.boldsky.com

Memang pilihan sepatu terkadang bisa tergantung dari suasana dan mood kantor. Di beberapa perusahaan kreatif, Anda bahkan dapat mengenakan sneakers untuk bekerja. Namun, untuk kebutuhan utama, tak ada salahnya Anda memiliki setidaknya satu sepatu kulit yang formal. Selain tidak pernah salah untuk dikenakan ke kantor, sepatu kulit yang formal juga dapat dipakai untuk ajang-ajang spesial seperti undangan resmi dan sebagainya. Pilihan warna gelap atau cokelat tua tidak akan pernah salah.

7. Detail Penampilan

Pics: http://40.media.tumblr.com

Untuk tambahan pada pilihan ‘paket’ wajib busana Anda di atas, ada beberapa detil kecil namun sangat memengaruhi pada kesan yang Anda tampilkan. Berikut adalah beberapa tips yang menjamin Anda tetap tampil layaknya seorang profesional:

- Sebisa mungkin, hindari kaus kaki dengan motif-motif dan warna-warni cerah yang terlalu berani. Pilihlah motif yang lebih simpel dan kecil ukurannya dengan warna-warni netral seperti hitam atau cokelat gelap. Hindari pula memilih kaus kaki dengan warna putih. Pastikan juga warna kaus kaki Anda cocok dengan warna sepatu dan belt.

Pics: http://img.tjskl.org.cn

- Untuk Anda yang mengenakan kemeja batik di hari Jumat, jangan lupakan untuk memilih warna batik yang tidak terlalu stand out. Pilihlah motif kecil yang netral dan warna-warna gelap atau dominan putih.

Pics: http://danarhadibatik.com

- Jangan lupakan pilihan belt yang tepat. Pada beberapa kasus, belt yang cocok dengan sepatu akan memberikan detil tampilan yang prima. Jangan lupa juga memilih belt yang tidak terlalu ‘berteriak’ seperti belt dengan buckle yang terlalu besar atau warna-warni yang terlalu bold (mencolok).

- Pilihan jam tangan yang tepat adalah salah satu kunci tampilan kantor yang prima. Pilihan warna-warna netral seperti logam perak, hitam atau cokelat bisa menjadi pilihan andalan. Hindari jam tangan yang terlalu besar karena selain terlalu ‘berteriak’, jam tangan yang terlalu besar akan mengganggu kenyamanan Anda.

Pics: https://americandapper.files.wordpress.com

- Dasi yang tepat adalah sahabat Anda untuk tampil maksimal. Tidak seperti pada beberapa elemen pakaian yang aturannya lebih baku, pada pilihan dasi, Anda dapat lebih bebas bereksperimen. Leluasalah untuk memilih warna-warni pada dasi Anda, namun jangan lupa cocokkan dengan keseluruhan penampilan dan suasana tempat kerja Anda. Dalam industri kreatif, pilihan warna dan print yang berani pada dasi dapat mengekspresikan semangat Anda.

Pics: http://www.soletopia.com

- Tidak ada salahnya menambahkan detail menarik seperti memakai cufflink yang tepat. Cocokkan dengan kemeja yang tidak terlalu stand out untuk tampilan yang lebih prima.

Pics: http://menfash.us

Terakhir dan yang terpenting, bercerminlah pada cara penampilan karyawan yang sudah lebih lama bekerja di kantor Anda. Penampilan umum mereka adalah standarisasi busana Anda. Dan karena sebisa mungkin, pilihan busana Anda harus berhasil blend in dengan lingkungan kerja. Kantor bukanlah tempat terbaik untuk memulai melakukan gebrakan mode, kecuali Anda bekerja di perusahaan mode, tentunya. Semoga bermanfaat.

Sumber: Berbagai sumber

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

class="now"


200-125 200-125 exam 200-125 pdf 200-125 200-125 exam 200-125 pdf IY0-120 EX0-118 HP5-K03D HP0-J64 ACA001 QAW1301 GB0-363 HP0-661 000-M72 080-888 A2090-733 E20-465 1Z1-510 MOS-EXP2002 ST0-093 P_SD_64 HP2-N49 HP0-P14 1Z0-414 HP0-P22 JN0-140 000-M230 C2140-637 TM12 LOT-440 P6040-018 HP2-B96 000-899 HP2-E30 EE0-071 C2170-009 VCS-271 RF0-001 1T6-222 A00-280 CBAP JK0-015 HP0-262 CTS-I HP2-E57 HP2-056 E20-001 HP2-H11 642-582 050-ENVCSE01 C_TCRM20_72 1Z1-854 ZJN0-360 650-312 CGEIT ST0-141 646-206 HP2-H30 1Z0-212 FC0-U51 1Z0-223 VCP310-UP-VCP410 251-521 C_HANATEC141 ACSO-L2-REVGEN-02 1Y0-456 ISEB-ITILF 000-170 CAT-200 920-440