Translate »

Pentingnya Air Bagi Kesehatan Tubuh

Pics: www.mausehat.com

Pics: www.mausehat.com

 

Tahukah Anda bahwa 60 persen dari berat badan kita terbentuk oleh cairan? Tidak diragukan lagi, air merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan kita. Namun, tahukah anda bahwa kebutuhan air setiap orang tidaklah sama dan tergantung dari banyak faktor seperti kondisi fisik, kesehatan dan aktivitas kita sehari-hari.

Setiap sistem dalam tubuh kita sangat bergantung dengan air untuk berfungsi sebagaimana mestinya, misalnya untuk melarutkan racun dari organ-organ vital tubuh, membawa nutrisi dan meyebarkannya ke sel-sel tubuh serta memberi lingkungan yang lembab bagi telinga, hidung dan tenggorokan. Kekurangan air di dalam tubuh maka akan mengakibatkan dehidrasi dan tubuh tidak akan bisa menjalankan fungsi normalnya.

Aktivitas yang kita lakukan sehari-hari seperti bernafas, mengeluarkan keringat, urine dan feses akan menmbuat tubuh kita kehilangan cairan. Maka untuk mengisi kembali cairan yang hilang tersebut harus dengan asupan makanan dan minuman yang bergizi serta mengandung air.

Sebuah study yang dilakukan oleh The Institute of Medicine menyebutkan bahwa konsumsi air yang dianjurkan adalah 3 liter per hari (13 gelas) bagi pria dan 2,2 liter (9 gelas) bagi wanita. Bagi anda yang memiliki aktivitas fisik yang normal dan kondisi fisik yang sehat, maka dalam sehari, minimal Anda harus mengkonsumsi paling sedikit 1,9 liter (8 gelas) sehari.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan konsumsi air menjadi lebih banyak dalam tubuh kita antara lain:

  • Olahraga
Pics: www.rumahtips.com

Pics: www.rumahtips.com

Saat berolahraga atau melakukan aktivitas yang membuat Anda berkeringat, maka Anda harus minum ekstra air untuk mengganti cairan yang hilang. 400-600 ml tambahan air diperlukan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang dalam aktivitas olahraga ringan, sedangkan untuk olahraga yang lebih berat atau lebih dari 1 jam, maka disarankan untuk mengkonsumsi air lebih banyak lagi

  • Lingkungan
Pics: static.republika.co.id

Pics: static.republika.co.id

Cuaca yang panas dan lembab membuat Anda berkeringat dan membutuhkan cairan lebih.  Selain itu, pada ketinggian lebih dari 2,500 m maka frekuensi untuk buang air kecil menjadi meningkat dan pernafasan menjadi lebih cepat sehingga tambahan cairan untuk dikonsumsi sangat dibutuhkan.

  • Kondisi atau penyakit tertentu
Pics: casthazahra.blogdetik.com

Pics: casthazahra.blogdetik.com

Dalam kondisi demam, muntah atau diare, maka tubuh Anda akan kehilangan cairan. Oleh karena itu dibutuhkan cairan yang lebih untuk mengganti cairan yang hilang tersebut.

  • Hamil atau menyusui
Pics: www.tentangbunda.com

Pics: www.tentangbunda.com

Wanita yang sedang hamil dianjurkan untuk minum setidaknya 2,3 liter (10 gelas) per hari dan 3,1 liter (13 gelas) per hari bagi ibu menyusui.

Pastikan Anda mengkonsumsi cukup air setiap harinya untuk kesehatan tubuh Anda.

 Anda bisa  mendapatkan gelas-gelas dan kebutuhan dapur dengan kualitas tinggi disini

Source: Klikdokter.com

Tagged with:     , , ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

class="now"


200-125 200-125 exam 200-125 pdf 200-125 200-125 exam 200-125 pdf IY0-120 EX0-118 HP5-K03D HP0-J64 ACA001 QAW1301 GB0-363 HP0-661 000-M72 080-888 A2090-733 E20-465 1Z1-510 MOS-EXP2002 ST0-093 P_SD_64 HP2-N49 HP0-P14 1Z0-414 HP0-P22 JN0-140 000-M230 C2140-637 TM12 LOT-440 P6040-018 HP2-B96 000-899 HP2-E30 EE0-071 C2170-009 VCS-271 RF0-001 1T6-222 A00-280 CBAP JK0-015 HP0-262 CTS-I HP2-E57 HP2-056 E20-001 HP2-H11 642-582 050-ENVCSE01 C_TCRM20_72 1Z1-854 ZJN0-360 650-312 CGEIT ST0-141 646-206 HP2-H30 1Z0-212 FC0-U51 1Z0-223 VCP310-UP-VCP410 251-521 C_HANATEC141 ACSO-L2-REVGEN-02 1Y0-456 ISEB-ITILF 000-170 CAT-200 920-440