Translate »

Pesawat Super Cepat Untuk Perjalanan Yang Lebih Singkat

Pernahkah Anda merasakan harus berada dalam waktu belasan jam di pesawat dalam sebuah penerbangan?

Suka atau tidak, perjalanan panjang memang memakan waktu dan cukup membosankan, sayangnya, pesawat terbang masihlah merupakan mode transportasi masal yang paling cepat yang ada sampai saat ini. Apakah mode transportasi tersebut akan segera berubah dalam waktu dekat ini?

Jawabannya mungkin tidak, namun ide dan konsep untuk mempersingkat waktu perjalanan sudah direncanakan dan dipersiapkan untuk mode transportasi di masa depan. Salah satunya adalah yang dihasilkan oleh Reaction Engines Limited, sebuah perusahaan penerbangan asal Inggris yang merencanakan untuk membuat mesin pesawat yang dapat mempersingkat waktu perjalanan secara signifikan.

Pics: http://www.reactionengines.co.uk

Tidak hanya itu, mesin tersebut nantinya juga bisa digunakan untuk terbang di luar angkasa. Mesin yang dikembangkan tersebut diberi nama SABRE dengan sistem precooler yang dapat mendinginkan udara yang masuk ke dalam mesin sebanyak lebih dari 1,000 derajat celcius dalam waktu 0.01 detik saja.

Menurut Reaction Engines, mesin SABRE tersebut akan digunakan pada sebuah pesawat komersial yang nantinya dapat memangkas waktu penerbangan dari kota Brussels di Belgia menuju Sydney di Australia hanya menjadi 4 jam saja! Selain itu, mesin tersebut juga akan digunakan untuk penjelajahan ruang angkasa nantinya.

Pics: http://www.reactionengines.co.uk

Mesin tersebut dikabarkan mampu menghasilkan tenaga yang mendekati Mach-5 atau 5 kali lebih cepat dari kecepatan suara. Rencana penggunaan mesin tersebut dikabarkan akan dimulai pada pengetesan di tahun 2019.

Pics: http://www.reactionengines.co.uk

Pesawat yang dikembangkan untuk penjelajahan ruang angkasa dinamakan SKYLON dan akan memiliki sistem terbang layaknya pesawat biasa. Biaya untuk pembuatan pesawatnya dikabarkan mencapat 1.1 Milyar USD per buah. Pesawat tersebut dikabarkan tak akan memiliki jendela namun akan menggunakan teknologi kamera yang menampilkan situasi di luar pesawat 360 derajat.

Pics: http://a57.foxnews.com

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda antusias dengan inovasi baru ini? Ataukah Anda justru merasa Khawatir? Silahkan isikan komentar Anda dibawah.

Source: Sciencealert

facebooktwittergoogle_plus

Related Articles

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus