Translate »

Pie Susu Pisang Lampung, Lezatnya Dari Gigitan Pertama

Dunia kuliner Indonesia memang seakan tidak ada habisnya. Dengan kaya akan tanah suburnya sehingga memungkinkan bisa menanam apapun menjadi kebanggan tersendiri dan juga bisa menguntungkan bangsa kita tercinta.

Kali ini kita akan membahas kuliner yang sedang nge-trend di kota Bandar Lampung. Kuliner lezat siap menggoyang lidah Anda ini mempunyai bahan dasar buah pisang. Bukan, bukan keripik pisang yang sudah banyak terjual di seluruh Indonesia, tapi kuliner ini agak lebih modern, namanya adalah Pie Susu Pisang.

Pics: www.tribunnews.com

Lampung memang terkenal dengan buah pisangnya. Buah pisang disini sudah menjadi ciri khas sendiri bagi provinsi di bagian ujung pulau Sumatera ini. Alasannya karena banyak sekali orang yang menanam pisang di Lampung, jadi jangan heran pisang sangat melimpah dan tentu berpotensi menjadi makanan kuliner yang kreatif dan membuat cita rasa baru.

Sejatinya, pie bukanlah makanan atau kuliner asli Indonesia, namun bila di olah dengan bahan-bahan Indonesia, semua bisa tercipta apalagi bila di tangani oleh ahlinya. Untuk permasalahan ini, pie ini diolah dan digabung dengan pisang Lampung. Alhasil, jadilah pie susu pisang Lampung yang langsung mendapat tempat di hati masyarakat dan sekejap menjadi makanan favorit di Lampung dan juga bagi wisatawan yang mampir ke Lampung.

Untuk saat ini pelopor pembuat pie susu pisang di Lampung adalah toko kue dan roti Yussy Akmal yang terletak di Jalan Dahlia Rawa Laut, Jalan Jenderal Soedirman dan Jalan ZA Pagar Alam. Yussy Akmal, pemilik toko sekaligus pencipta pie susu pisang ini mengatakan memang sudah saatnya Lampung memiliki kuliner alternatif buah tangan khas di luar panganan yang ada. Yussy juga mengatakan, mengapa memilih pisang dikarenakan berlimpahnya pisang di Sai Bumi Ruwa Jurai adalah salah satu alasan dia menciptakan kuliner khas tersebut.

Pics: www.tribunnews.com

Lalu apa sebenarnya keunikan dari pie susu pisang tersebut?

Keunikannya jelas ada pada penggunaan pisang dan paduan dasar pembuatan pie susu. Penggabungan rasa pisang dengan pie susu ini membuat lidah Anda bergoyang dan kelezatannya akan terasa pada gigitan pertama sampai gigitan terakhir!

Pics: www.ipopam.com

Agar menghasilkan kue dengan cita rasa tinggi, proses pembuatanya dibuat dengan teknologi yang modern. Tercipatalah tekstur yang garing di luar yang akan membuat kue ini renyah dan lembut di dalam yang siap memanjakan mulut Anda yang pecinta kuliner.

Agar lebih menambah cita rasa variannya, Yussy menambahkan toping diatasnya dengan rasa coklat, keju, almond raisin, dan oreo. Anda bisa memesan dengan sesuka hati Anda.

Kemudian yang membuat pie susu pisang ini unik adalah bentuknya yang memang berentuk seperti buah pisang. Karena, memang disengaja membuat cetakan yang bisa membuat bentuknya seperti pisang. Hal tersebut bisa membuat kuliner ini menjadi ikon dan identitas kulinernya dan berhubungan dengan nama kulinernya tersebut.

Sejarahnya dari wanita kelahiran Bandar lampung yang berumur 41 tahun ini terinspirasi setelah ia melihat kue Tokyo Banana dari Jepang pada tahun 2008. Yussy kemudian terpikir untuk membuat olahan pisang yang bisa berbentuk seperti pisang. Namun hal ini tidak mudah, karena memang cetakan seperti ini belum ada pada saat ini, dan Yussy menemukan cetakan seperti ini beberapa tahun setelahnya.

Setelah lama mencari, akhirnya Yussy menemukan cetakan yang diinginkan. Segeralah wanita ini meracik dan membuat bahan untuk membuat kue pisang. Untuk kulitnya pun banyak melalui percobaan-percobaan lebih dahulu hingga akhirnya dipilih pastry. Pisangnya dipilih pisang raja yang manis namun sedikit asam dan rasanya pas bercampur dengan pastry.

Ia memilih pastry karena pastry bisa diisi apasaja dan fleksibel menggunakan bahan apa saja yang sehingga bisa cocok dengan banyak makanan. Jadinya, apabila menggigit bagian bawah akan terasa manis dan asamnya, dan gigitan diatasnya akn terasa manis dari fla vanillanya, dan diatasnya lagi ada rasa yang berbeda lagi sesuai toping yang Anda inginkan. Sungguh makananan yang kaya akan cita rasa.

Pics: http://phinemo.com/

Yussy mengatakan bahwa saat ini masih terus mengembangkan pie susu pisang tersebut sehingga akan bertambah pilihan rasa yang akan diberikan, seperti rasa cappuccino.

Jadi untuk Anda pecinta kuliner Indonesia, jangan lupa mampir ke Lampung dan cicipilah pie susu pisang khas Lampung ini. Kelezatanya akan membuat ingin terus memakannya. Cocok juga untuk dijadikan oleh-oleh.

Source: Dari Berbagai Sumber


About the author /


1 Comment

  1. Aneka Sari Rasa

    Makasih infonya, Ada info juga nih buat yang baca : sudah hadir pusat oleh-oleh Lampung terbesar Aneka Sari Rasa yang terjamin dan terpercaya, kalian ragu? Dateng aja ke lapak kite di Jl.Ikan Kakap No.26 & 28, Teluk Betung, Bandar Lampung. telp.(0721)-5630988. http://anekasarirasaoleholehlampung.blogspot.co.id http://anekasarirasa.blogspot.co.id http://ririskagultom.blogspot.co.id http://pujiaku.blogspot.co.id http://bernardinusap.blogspot.co.id http://usahakanaku.blogspot.co.id http://apelaja.blogspot.co.id

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

class="now"