Translate »

Pulau Pahawang, Surganya Snorkeling dan Diving

Pics: http://3.bp.blogspot.com/

Pahawang saat ini menjadi primadona dan destinasi favorit wisata bahari di kalangan wisatawan. Pulau Pahawang terletak di Kecamatan Punduh Padada, Kabupaten Pasawaran, Lampung Selatan. Pulau Pahawang sendiri terbagi menjadi 2 yaitu Pulau Pawahang Besar dan Pulau Pahawang Kecil dengan luas sekitar 1.804 hektar.

Jika Anda ingin mengunjungi Pulau Pahawang, maka tempat yang harus pertama kali di tuju adalah Pantai Klara. Pantai Klara adalah titik penyeberangan untuk ke Pulau Pahawang. Anda membutuhkan waktur sekitar 90 menit untuk menuju Pantai Klara jika Anda memulai dari pusat kota Bandar Lampung. Kemudian anda membutuhkan waktu sekitar 100 menit untuk sampai ke Pantai Pahawang dari Pantai Klara.

Untuk menuju ke Pantai Pahawang, Anda bisa menaiki perahu ataupun juga bisa menyewa perahu sendiri dengan biaya sekitar Rp.600.000,- per hari, harga bisa berubah tergantung hasil negosiasi Anda dan pemilik perahu. Perahu  biasa berukuran cukup besar dan bisa menampung  hingga 15 orang penumpang.

Selain lewat Pantai Klara, Anda juga bisa menuju ke Pantai Pahawang dengan terlebih dahulu lewat Dermaga Ketapang. Dikarenakan disana tidak ada angkutan umum atau bus, Anda bisa menyewa mobil dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan atau dari Bandar Lampung setelah naik bus menuju Terminal Rajabasa.

Pics: https://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Pulau Pahawang menawarkan pemandangan yang sangat luar biasa indah. Hamparan pasir putihnya seakan memanjakan kaki yang menginjaknya dan air laut yang bening memanjakan mata yang melihatnya sehingga meyakinkan Anda bahwa Pulau Pahawang ini benar-benar indah dan menjadi destinasi favorit untuk bersantai.

Waktu terbaik untuk mengunjungi pulau ini adalah di saat musim kemarau, sekitar bulan  April-September.

Bagi Anda yang mempunyai hobi snorkeling, Pulau Pawahang adalah tempat yang sangat tepat. Karena, banyak sekali spot snorkeling di sekitar perairan pulau ini, masing-masing dengan kelebihan dan keunikan tersendiri. Misalnya, di spot Gosong Bekri, terdapat candi yang sengaja dibuat untuk menarik perhatian pengunjung. Ada juga di spot Cukuh Bedil, terdapat plang bertuliskan “Taman Laut Pahawang” di bawah air dan akan terasa epic untuk bisa berfoto disini. Kesamaan dari semua spot snorkeling adalah memanjakan mata dengan keindahan terumbu karangnya.

Pics: http://media.nationalgeographic.co.id/

Pics: https://i.ytimg.com

Masyarakat di sekitar pulau terus menjaga keindahan terumbu karangnya dengan mentransplantasi terumbu karang. Dengan cara ini, ekosistem terumbu karang akan dapat lebih terjaga dan tidak cepat hancur.

Bagi Anda yang kurang senag dengan aktivitas snorkeling dan diving, Anda juga bisa bermain-main di sekitar pulau. Dengan keindahan yang tidak akan habisnya, pasti tidak akan terasa lelah untuk sekedar berjalan-jalan mengelilingi pulau.

Di Pulau Pahawang Kecil terdapat satu jembatan alami yang oleh masyarakat sekitar disebut dengan Tanjung Putus. Jembatan Tanjung Putus ini menghubungkan pulau Tanjung Putus dengan Pulau Pahawang Kecil, keunikan dari jembatan ini adalah hanya dapat terlihat pada saat air laut surut karena saat air laut pasang, jembatan alami ini akan terendam oleh air.

Untuk Anda yang berencana menginap disana, jangan khawatir, karena banyak sekali penginapan di sekitar pulau ini. Kebanyakan para wisatawan yang datang akan menginap di penginapan yang terdapat di Pulau Pahawang Besar karena di pulau tersebutlah sebagian besar penduduk setempat tinggal.

Pics: http://3.bp.blogspot.com/

Untuk harga, semua tergantung dari Anda yang ingin menginap. Anda bisa memilih penginapan dengan harga yang lebih mahal ataupun yang lebih terjangkau, semua tergantung fasilitas yang Anda akan dapatkan nantinya di penginapan.

Tips terakhir untun Anda yang ini pergi ke Pulau Pahawang, lebih baik membawa makanan dan minuman yang cukup banyak, dikarenakan lamanya waktu perjalanan untuk sampai ke pulau ini.

Bagaimana? Tertarik melihat keindahan terumbu karang yang terdapat pada Pulau Pahawang?

Source: Dari Berbagai Sumber

facebooktwittergoogle_plus

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus