Translate »

Rajin Berolahraga Tetapi Tidak Langsing Juga? Ini Alasannya !

Treadmills in a gym

Photo courtesy of the guardian

Pasti ada beberapa diantara kalian yang merasa frustasi dan stress karena sudah rajin berolahraga tetapi tidak langsing juga. Jangan menyerah karena pasti ada sesuatu yang salah dari cara kalian berolahraga. Menurut CNN kebiasaan-kebiasaan buruk saat dan sebelum berolahraga dapat berpengaruh pasa hasil. Untuk itu kami menyediakan beberapa alasan tersebut.

1. Melewatkan Pemanasan

Pemanasan adalah salah satu hal yang sangat penting dan tidak boleh di lewatkan sebelum Anda berolahraga, apapun jenis latihannya. Pelatih fitness New York Nick Ebner mengatakan bahwa “Melewatkan pemanasan akan mengurangi efektivitas olahraga dan meningkatkan risiko cedera. Otot-otot Anda akan kurang elastis dan akan terasa lebih sakit serta pegal pasca olahraga.” Pemanasan akan menjadi lebih penting ketika Anda melakukan olahraga yang perlu banyak bergerak.

2. Perut Kosong

Dalam melakukan suatu pekerjaan tubuh kita memerlukan energi. Sama seperti saat berolahraga, kita tidak dapat berolahraga secara maksimal tanpa tenaga yang cukup. Jika Anda ingin membentuk otot maka Anda memerlukan bahan bakar yang berasal dari makanan. Sama jika Anda ingin menurunkan berat badan. Tanpa energi yang dapat dibakar, tubuh akan mengambil protein yang ada dalam tubuh sehingga otot akan kehilangan massanya dan menjadi “kempes”.

3. Melakukan Latihan yang Sama Terus Menerus

Pelatih gym biasanya menyarankan untuk mengombinasikan beberapa jenis gerakan latihan. Jika Anda melakukan gerakan yang sama setiap kali fitnes akan membuat otot yang terbentuk hanya di area itu saja, sementara bagian lainnya tidak membentuk sesuai keinginan. Proporsi tubuh dan otot juga jadi tak seimbang, serta kemungkinan cedera lebih besar.

4. Olahraga Terlalu Lama

Sebagian orang menganggap bahwa lebih lama berolahraga akan menhasilkan badan yang lebih baik. Padahal waktu bukanlah alasan untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat atau ideal. Menurut penelitian olahraga terus menerus elama 45-55 menit saja dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, apalagi jika dilakukan lebih lama. Janganlah Anda terlalu memaksakan diri untuk mencapai target yang cepat. Overtraining dapat mengakibatkan cedera yang lama dan sulit untuk disembuhkan.

5. Latihan Terlalu Sering

Sama seperti olahraga yang terlalu lama, Latihan yang terlalu sering tidak membuat hasil menjadi lebih baik. Anda harus menyediakan waktu untuk istitahat. Berolahraga setiap hari dapat memicu terjadinya cedera. Tubuh memerlukan waktu untuk memulihkan diri dan kembali ke kondisi prima sebelum melanjutkan aktivitas olahraga dengan benar, agar hasilnya juga lebih maksimal.

6. Kurang Tidur

Banyak yang menganggap bahwa tidur tidaklah penting dan menyepelekannya demi keberhasilan target olahraga. Namun, tidur adalah komponen yang sangat penting. Kurang tidur dapat mengakibatkan tubuh menggemuk, jadi jika ingin berat badan turun ubahlah kebiasaan tidur Anda. Anda juga harus memiliki tidur yang cukup untuk mendapatkan hasil olahraga yang lebih optimal. Menurut Nick, “Beberapa hormon seperti hormon pertumbuhan yang berperan dalam pembentukan tubuh dan pembakaran lemak justru sedang aktif-aktifnya saat kita tidur. Hormon ini akan non-aktif ketika seseorang terjaga.”

7. Memainkan Ponsel

Mungkin manusia sudah tidak dapat dipisahkan dengan ponselnya. Kebanyakan dari Anda yang berolahraga pasti membawa ponsel saat berlatih. Memainkan ponsel saat berolahraga akan membuat Anda lebih banyak beristirahat ketimbang bergerak. Sistem syaraf pun akan kembali menjadi statis. Di saat Anda akan melanjutkan latihan lagi, tubuh belum siap sehingga harus melakukan pemanasan lagi. Kebiasaan buruk ini bisa menyebabkan cedera dan hanya menghabiskan waktu Anda di gym dengan sia-sia. Saat beristirahat di sela-sela nge-gym sebaiknya dibatasi, maksimal sekali dalam satu sesi. Jika Anda ingin mendengarkan musik, ubahlah ponsel Anda menjadi airplane mode.

Nah itulah cara dan gaya hidup yang harus Anda perhatikan jika Anda belum mendapatkan hasil yang maksimal padahal sudah rajin berolahraga. Semga artikel ini dapat membantu Anda ya.

Jika Anda mencari perlengkapan olahraga yang berkualitas cari di SINI !!

Source: detik

 

facebooktwittergoogle_plus
Tagged with:     ,

Related Articles

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus