Translate »

Stadion Sepak Bola Paling Ikonik Di Dunia (Bagian 1)

Siapa yang tidak mengenal olahraga yang satu ini, sepak bola atau biasa disebut juga dengan football (Inggris) dan soccer (Amerika Serikat).

Pics: http://media.i24news.tv

Olahraga dengan peminat paling banyak dan paling digemari di dunia ini sudah seakan menjadi bahasa universal yang dapat dengan mudah diterima oleh siapa saja. Tidak peduli tua, muda, pria ataupun wanita, sekali sudah jatuh cinta pada olah raga ini maka orang itu akan terus mengikuti perkembangannya.

Selain dikenal dengan pemain-pemain hebat dan klub-klub besar, sepak bola masih memiliki satu unsur magis yang tidak bisa terlepaskan dari setiap pertandingan, stadion. Banyak stadion klasik di dunia yang walaupun tampilannya terbilang kuno tetapi sangat sarat akan sejarah, banyak juga stadion yang baru dan sangat sarat akan teknologi canggih.

Entah itu stadion lama ataupun baru, stadion merupakan sebuah simbol dan identitas dari tim sepak bola dan perannya pun tidak bisa dipisahkan dari aktivitas tim tersebut. Berikut adalah beberapa stadion sepak bola yang paling ikonik di dunia (bagian 1):

1. Camp Nou (FC Barcelona)

Pics: http://www.enfoca2.com

Stadion kebanggaan raksasa asal Catalonia ini sudah digunakan sejak tahun 1957 dan mampu menampung hingga 99,786 penonton. Hal itu menjadikannya sebagai stadion terbesar di Eropa dan ke 11 terbesar di dunia. Stadion tersebut sudah menjadi saksi bisu yang menyaksikan aksi-aksi brilian dari para bintang FC Barcelona dari masa ke masa seperti Maradona, Ronaldinho dan Lionel Messi.

2. Estadio Monumental (River Plate)

Pics: http://static.panoramio.com

Stadion yang terletak di kota Buenos Aires ini pernah menjadi tempat untuk menggelar partai final piala dunia 1978 dan merupakan kandang dari salah satu klub besar Argentina, River Plate.

3. Anfield (Liverpool FC)

Pics: http://images.supersport.com

Stadion yang pertama kali dibuka di tahun 1884 ini adalah salah satu stadion paling ikonik di benua Eropa. Dengan tagline “You’ll Never Walk Alone” nya, stadion ini juga merupakan tempat yang sangat angker bagi tim lawan untuk meraih kemenangan. Klubnya sendiri, Liverpool FC merupakan salah satu klub asal Inggris yang paling sukses di Eropa.

4. Estadio Azteca (Club America)

Pics: http://img262.imageshack.us

Stadion yang terletak di ibukota negara Meksiko ini memiliki kapasitas penonton hingga 105,000 kursi dan hanya satu-satunya stadion yang pernah menyelenggarakan dua partai final piala dunia (1970 dan 1986). Stadion ini merupakan stadion terbesar ke 5 di dunia dan merupakan markas dari Club America. Salah satu moment terbaik yang disaksikan oleh stadion ini adalah gol kemenangan yang dicetak Diego Maradona ke gawang Inggris di piala dunia 1986.

5. Soccer City (Afrika Selatan)

Pics: http://cdn.24.co.za

Stadion ini terletak di kota Johannesburg dan dibangun untuk menggelar pertandingan piala dunia 2010. Mampu menampung hingga 90,000 penonton, stadion ini merupakan bukti dari besarnya ketertarikan negara Afrika Selatan terhadap olah raga. Dengan desain yang modern, tidak sulit untuk menilainya sebagai salah satu stadion modern dengan desain terbaik di dunia.

6. Wembley (Inggris)

Pics: http://static.goal.com

Stadion Wembley yang lama merupakan markas dari tim nasional Inggris dari tahun 1923 hingga tahun 2000 dan banyak dipercaya sebagai rumah dari olah raga sepak bola. Stadion tersebut dihancurkan di tahun 2003 dan digantikan oleh stadion Wembley yang baru yang dibuka pada tahun 2007. Stadion yang baru-pun tak kalah ikonik dengan adanya bidang melengkung setinggi 134 meter dan tampilan yang jauh lebih modern.

Pics: http://www.progressivegroup.co.uk

7. The Float (Singapura)

Pics: http://www.fourfourtwo.com.tr

Meskipun stadion ini belum memiliki sejarah sepanjang stadion lain di Eropa, Amerika maupun negara Asia lainnya, stadion The Float ini mempunyai desain yang sangat unik dan berbeda dengan stadion kebanyakan. Dengan kapasitas sebesar 30,000 kursi, stadion ini merupakan arena olah raga terapung paling besar di dunia. Karena lokasinya yang berada di daerah Marina Bay di Singapura, tidak perlu heran jika pemandangan dari stadion ini memang cukup menakjubkan.

Demikianlah beberapa stadion sepakbola paling ikonik di dunia.

Jangan lupa untuk terus mengikuti edisi khusus ini dimana kami akan menyajikan kepada Anda stadion-stadion ikonik lainnya di dunia.

Bersambung ke bagian 2

Source: Dari berbagai sumber

facebooktwittergoogle_plus

Related Articles

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus