Translate »

Sukabumi, Kota Wisata Penuh Keindahan

sumber: www.inisukabumi.com

Apakah yang terbesit di dalam pikiran Anda saat mendengar nama kota Sukabumi? Apakah tentang hamparan tanaman padi, pepohonan hijau? Ataukah kejernihan air yang mengalir diantara sawah-sawah? Apakah juga saung-saung khas Sunda berikut juga dengan hidangan Sunda yang penuh dengan lalapan?

Ya, Sukabumi, salah satu kota di Jawa Barat ini memang merupakan sebuah kota yang banyak disinggahi untuk berlibur. Diberkati dengan alamnya yang indah, Sukabumi sangat cocok dijadikan tempat untuk sejenak melupakan hiruk-pikuk di kota besar dan menyegarkan pikiran.

Lalu, apa saja objek wisata yang layak dikunjungi saat bermain ke Sukabumi? Berikut adalah beberapa diantaranya:

Kampung Ciptagelar

sumber: blog.fortuga.com

Kampung Ciptagelar ini masih mempertahankan kebudayaan dan kearifan lokal dengan rumah yang beratapkan jerami. Kampung yang terletak di Kecamatan Cisolok, Sukabumi inisudah ada sekitar 650 tahun. Untuk dapat sampai ke Kampung Ciptagelar ini, Anda akan melewati perjalanan yang cukup sulit, namun semuanya akan terbayar karena Anda akan disuguhkan pemandangan-pemandangan indah serta keramah-tamahan penduduk Kampung Ciptagelar beserta kebudayaan mereka yang masih terjaga.

 Situs Tugu Gede Cengkuk

sumber: www.disparbud.jabarprov.go.id

Sesuai dengan namanya, situs ini berada di desa Cengkuk, kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi. Situs ini adalah salah satu situs purbakala yang ada di Jawa Barat. Dimulai di eksplorasi pada tahun 2008 dengan ditemukan bahwa Cengkuk pernah menjadi puast kebudayaan zaman megalitik hingga zaman logam. Benda-benda yang ditemukan antara lain batu tugur atau menhir, batu pemandian, batu kursi, dan lain-lain. Bagi Anda yang gemar dengan sedikit sejarah lokal, sangat cocok untuk berkunjung ke tempat ini.

Goa Buniayu

sumber: www.touaregadventure.com

Goa Buniayu adalah tempat wisata yang akan menghabiskan tenaga Anda karena goa ini sangat besar dan dalam untuk disusuri. Perjalanan dalam goa sendiri bisa memakan waktu hingga sekitar 5 jam lamanya, tenaga Anda akan cepat terkuras habis karena medan yang ditempuh tidak berupa jalan lurus saja, melainkan juga melewati danau lumpur, berpegangan pada tebing, dan aktivitas lain yang memacu stamina. Namun dibalik sulitnya medan yang dilewati itu, Anda akan melihat pemandangan unik yang sangat indah dan sukar untuk dilupakan. Seperti apakah indahnya? Silahkan Anda mencobanya sendiri.

Kawah Ratu

sumber: foto.kompas.com

Kawah Ratu ini merupakan salah satu destinasi wisata paling favorit bagi orang yang  berkunjung ke Sukabumi. Kawah  yang terletak di lereng Gunung Salak ini cukup curam dan untuk bisa sampai ke kawahnya, harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam dengan berjalan kaki.

 Curug Awang

sumber: www.pegipegi.com

Curug atau air tejun ini terletak di wilayah desa Taman Jaya, Sukabumi. Curug ini merupakan salah satu curug dari aliran sungai Ciletuh. Pemandangannya yang indah sudah pasti cocok untuk menjadi tempat berfoto dengan teman dan keluarga ataupun melakukan selfie.

Pantai Ujung Genteng

sumber: www.dailymoslem.com

Tidak hanya pemandangan pantainya yang indah, pantai Ujung Genteng ini juga memiliki tempat penagkaran penyu hijau. Berlokasi di Kecamatan Ciracap, lokasi ini bisa ditempuh dengan jarak sekitar 220km dari Jakarta. Meskipun perjalanan memang cukup jauh, rasanya akan sepadan dengan hamparan pasir putih yang indah dan desiran ombak yang akan menemani Anda bersantai.

Demikianlah beberapa tempat yang wajib untuk dikunjungi bila Anda berkunjung ke kota Sukabumi. Persiapkan rencana perjalanan Anda karena ramainya pengunjung yang juga ingin menikmati keindahan dari kota tersebut.

Source:  Dari Berbagai Sumber

facebooktwittergoogle_plus

Related Articles

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus