Translate »

Teknik Chipping dan Pitching Dalam Golf

Chipping2

Jika anda penggemar olahraga golf, tentunya pasti pernah mendengar istilah drive untuk aksi dan putt untuk hasil. Anda seharusnya memasukkan unsur chipping dan pitching dalam mentalitas kalimat tersebut.

Pada umumnya 50 persen pukulan pegolf profesional jatuh tepat atau di sekitar green. Bagi pegolf level menengah dengan handicap 15, angka itu lebih besar sekitar 50-60 persen pukulan dilakukan di jarak sekitar 50 yard (setara 45 meter).

Pengalaman seseorang pada saat mulai bermain 20 tahun lalu, dia berlatih driving dengan membawa seember penuh bola. Dia memakai Driver hanya untuk memukul setengah ember bola. Sisanya, dia gunakan untuk memukul dengan variasi stick lainnya. Kemudian dia akan ke putting green dengan tiga bola dan berlatih putting sekitar 10 menit. Dia jarang melakukan chip dan tidak pernah berlatih khusus untuk memukul tembakan dalam kisaran jarak 50 yard. Seharusnya pukulan-pukulan untuk jarak tersebut perlu dilatih lebih banyak.

Bagaimanapun, ketika seorang golfer di sebelah anda melakukan tembakan driver-nya lebih dari 300 yard, sulit untuk menarik sand wedge dan memainkannya di jarak kontrol 25-50 yard.

Apabila anda benar-benar serius untuk meningkatkan kemampuan permainan golf, maka harus memulainya dengan pukulan-pukulan seperti: chipping, pitching dan putting yang jarak pukulnya tidak terlalu panjang. Dalam kesempatan ini kita fokuskan pembahasan  pada chipping dan pitching. Jika anda sudah mampu menempatkan bola berada cukup dekat dengan hole (lubang) di green, maka nantinya akan lebih mudah dalam melakukan putting.

Chipping

Pukulan Chipping dibutuhkan ketika anda berada di jarak 2 atau 3 yard dari green dan kondisi rumput terlalu tinggi untuk melakukan putt. Cara yang terbaik untuk melakukan chip adalah seperti putt, adapun perbedaannya tergantung stick yang digunakan. Kuncinya adalah kurangi ketinggian bola di udara dan untuk menempatkan bola di green dengan cepat dan bergulir seperti sebuah pukulan putt. Anda bisa menggunakan stick apapun seperti 3-wood untuk hybrid hingga sand wedge. Semua tergantung pada tinggi/ panjangnya rumput dan posisi bola anda, namun demikian stick yang paling umum dipakai adalah 7-iron.

Gerakan yang digunakan sama seperti ketika anda akan putting. Targetkan tempat pendaratan bola di pinggiran atau di atas green dan biarkan bola rolling meluncur ke lubang. Sekali lagi mengenai stick yang anda gunakan tergantung pada posisi di lokasi bola dan seberapa jauh jarak dari green. Jika jaraknya berada sekitar 5 kaki dari lubang dengan green 4 kaki, maka PW atau SW akan menjadi pilihan yang terbaik. 

Jika anda berada dalam jarak 40 kaki dari lubang dengan green 35 kaki maka gunakan 7-iron atau hybrid. Posisi bola harus ke arah kaki belakang. Jauhkan tangan Anda sedikit di depan stik. Lakukan pukulan yang halus dan memukul melalui bola, jangan diperlambat.

Jika anda bermain di lapangan dengan rumput yang tinggi dan tebal di sekitar green-nya, disarankan menggunakan SW dan menggunakan pukulan flop atau bunker. Pukulan-pukulan ini sangat keras dan pastinya membutuhkan kemampuan pukulan dengan level tinggi, makanya harus rajin-rajin berlatih.

Sama seperti putting, hasil yang diinginkan adalah memasukkan bola ke hole, tetapi jika gagal, usahakan bola berada sedekat mungkin sengan lubang untuk memudahkan saat melakukan putt.




Pitching
Untuk menguasai pukulan Pitching dibutuhkan porsi latihan yang tekun dan lama, tetapi ketika anda sudah menguasainya maka akan memberikan hasil yang optimal dalam meningkatkan teknis golf anda. Pitching adalah pukulan yang dibutuhkan untuk jarak 50 yard atau kurang dari green,  dengan tujuan untuk menempatkan bola berada dalam jarak 3 kaki dari cup. Salah satu kesalahan terbesar yang sering dilakukan oleh golfer adalah mereka menargetkan bola ke pin/ bendera dan langsung melakukannya ke target tersebut. Padahal cara yang tepat untuk pitching adalah memukul dengan mengarahkan bola menuju ke bagian sepertiga dari green dan membiarkan bola rolling/ meluncur ke bagian dua pertiga lainnya.

Jadi pertama-tama anda harus mengidentifikasi terlebih dahulu bagian ketiga pertama dari green, lalu membaca arah luncuran ke hole. Pilih tempat pendaratan  dan lakukan. Pitch hampir selalu dimainkan dengan sand wedge, dengan pengecualian hanya untuk lob wedge. Hal ini memastikan mendapatkan cukup putaran untuk mengontrol pukulan. 

Cobalah datang ke tempat latihan untuk mencoba melakukan latihan dengan Driver dan Iron untuk sepertiga ember bola anda dan dua pertiga ember bola lainnya untuk berlatih pitching. Lalu pergilah ke putting green dan latihan chipping dengan variasi Iron untuk mendapatkan dan meningkatkan feeling/ rasa dalam chipping.

Yakinlah, jika anda menghabiskan 60 persen dari waktu latihan anda untuk latihan chipping, maka tembakan anda akan mencapai 60 persen di lapangan, sehingga dapat menurunkan poin/ handicap anda. Dengan demikian anda akan lebih enjoy dan terhindar dari rasa stress saat bermain golf.

“Selamat berlatih ….

Untuk berbagai macam peralatan golf bisa Anda dapatkan disini

Source: yahoo.com

facebooktwittergoogle_plus
Tagged with:     , , , , ,

About the author /


1 Comment

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus