Translate »

Tips Aman Untuk Motor Anda Saat Hujan dan Banjir

Musim hujan sudah hadir kembali di Indonesia. Dengan ancaman banjir pun melanda di banyak kota, oleh karena itu, kita harus menyiapkan diri dari segala kemungkinan yang berhubungan dengan hujan dan banjir.

Apalagi bagi Anda yang mempunyai aktivitas setiap hari di luar rumah harus mempunyai strategi dalam waktu dan persiapan menuju tempat kerja Anda, salah satunya adalah transportasi. Anda yang mempunyai kendaraan, terutama kendaraan dengan jenis motor pasti menjadi kesulitan sendiri bila Anda melewati jalanan yang tergenang banjir.

Anda harus berhati-hati, kalau tidak motor Anda bisa rusak karena masuknya air ke dalam mesin. Namun selain mesin , terdapat banyak lagi faktor yang harus Anda perhatikan demi keselamatan Anda sendiri saat menghadapi situasi ini.

Berikut adalah beberapa tips untuk Anda yang membawa kendaraan roda dua dalam menghadapi banjir:

1. Perhatikan kondisi ban 

Pics: liputan6.static6.com

Jalanan yang tergenang banjir ataupun yang sedang hujan sangat berbahaya bagi Anda yang tidak memperhatikan kondisi ban Anda. Oleh karena itu cek setiap harilah ban Anda. Ban yang botak akan membuat licin dan itu berbahaya bagi keselamatan Anda dijalan.

Usia ban tidak boleh melampaui empat tahun sejak masa pemakaian pertama. Tanggal pembuatan bisa dicek di dinding ban. Jika kedalaman telapak kurang dari 2 milimeter, segera  ganti ban karena kemampuan cengkeramanna berkurang. Petunjuknya adalah segitiga tread wear indicator (TWI) di sisi samping ban, kurangi tekaan angin ban 1-2 psi dari skala normal.

2. Cek rantai 

Pics: http://www.autos.id/

Ceklah rantai Anda di saat ingin menerobos hujan dan genangan karena saat menembus huujan, beban yang ditanggung rantai cenderung lebih berat. Selain itu air hujan bisa menyebabkan rantai berkarat dan rusak. Segera lumasi rantai dengan minyak khusus anti karat.

3. Periksa cahaya seluruh lampu 

Pics: http://img.uodoo.com/

Tentu cahaya lampu menjadi faktor yang penting disaat mengendarai kendaraan apalagi disaat malam hari.  Di tengah guyuran hujan, jarak pandag pengemudi berkurang. Karena itu, fungsi lampu sangat vital dan penting, baik sebagai penerang dan sinyal peringatan untuk kendaraan lain. Periksa cahaya lampu agar menyala optimal di tengah hujan. Bersihkan kaca helm agar pandangan Anda jelas.

4. Pilih jas hujan yang tepat 

Pics: motorplus-online.com

Tak perlu jas hujan mahal, pilih saja model celana dan jaket biasa asalkan seperti fungsinya yang tak tembus air. Hindarilah jas model plonco yang menjuntai dan panjang karena bisa berbahaya, Jas model seperti ini bisa tersangkut di rantai atau jari-jari.

5. Hati-hati saat bermanuver 

Pics: https://www.cekpremi.com

Saat berada di belokan, kurangi kecepatan, injak rem lebih awal dan hindari manuver ekstrem lantaran jalan lebih licin. Perhatikan genangan air dan lubang, karena Anda bisa terjatuh. Kalau Anda ingin berteduh, hindari di bawah pohon dan papan reklame, karena berpotensi rubuh.

6. Cuci motor 

Pics: https://www.gilamotor.com

Cuci motor Anda agar lebih terawat dan tidak cepat karat. Karena apabila mesin terkena air akan memicu karat, oleh karena itu cuci dengan shampo khusus atau percayakan kepada salon cuci motor yang banyak menyediakan jasa ini.

Itulah tips untuk Anda yang membawa kendaraan roda dua. Ingatlah akan keselamatan Anda dan orang lain saat berkendara. Semoga bermanfaat.

Source: Tempo.co

facebooktwittergoogle_plus

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus