Translate »

Tips Ketika Naik Pesawat Terbang

Di zaman sekarang ini, moda transportasi pesawat terbang semakin digemari. Selain karena menghemat waktu, moda transportasi ini juga sudah semakin terjangkau.

http://cdn-2.tstatic.net/

Namun boleh jadi Anda baru pertama kali naik pesawat terbang? Atau sekedar ingin mengetahui bagaimana caranya dalam perjalanan menggunakan pesawat terbang? Perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang berbeda dengan perjalanan dengan menggunakan mobil atau kendaraan darat lainya. Hal–hal tersebut harus anda ketahui apalagi jika Anda yang sering bepergian traveling atau tugas dari kantor yang jaraknya memang jauh dan harus di tempuh dengan kendaraan udara.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda mempersiapkan perjalanan menggunakan pesawat terbang:

1. Datang ke bandara lebih awal dari jam penerbangan

Sebaiknya Anda datang ke bandara untuk penerbangan yang Anda pilih jangan terlalu mepet waktu. Biasanya jadwal pesawat bisa secara tiba–tiba dimajukan atau malah didelay, tergantung kondisi dan penjadwalan dari armada tersebut. Jika Anda terlambat datang dan pesawat yang Anda tumpangi sudah terbang maka tiket Anda akan hangus, tidak bisa di tukar dengan uang karena itu termasuk kesalahan Anda sendiri.

Naik pesawat tidak bisa di ibaratkan naik bus yang langsung duduk manis. Naik pesawat memiliki banyak prosedur yang harus di lalui. Pertama, yang harus Anda lakukan sebelum masuk yaitu harus pemeriksaan keamanan, check in, sampai berjalan ke ruang tunggu untuk proses boarding yang lumayan jauh dan memakan waktu. Bahkan untuk mencari terminal keberangkatan sesuai dengan maskapai yang Anda pilih terkadang jaraknya bisa jadi cukup jauh juga. Anda harus menunggu di ruang tunggu tersebut sampai jadwal keberangkatan.

http://i.dailymail.co.uk/

2. Pemeriksaan keamanan

Di bandara, biasanya di lakukan pemerikasaan keamanan sampai dua kali, pemeriksaan akan di lakukan ketika masuk sebelum check in dan setelah check in ketika masuk ke ruang tunggu. Di situ Anda akan melewati metal detector dan di minta untuk melepas benda logam dari tubuh Anda seperti arloji, ponsel dan lain–lain. Pastikan Anda tidak membawa barang–barang berbahaya karena akan dapat di proses lebih lanjut, bahkan jika serius, Anda bisa di laporkan pihak yang berwajib.

Jika anda membawa barang–barang seperti obeng atau alat lain yang tidak diizinkan untuk dibawa ke dalam kabin pesawat, sebaiknya Anda tempatkan di bagasi saja. Metal detector memeriksa bawaan Anda yang akan ditempatkan di dalam kabin. Jangan membawa benda cair melebihi 100 ml ke dalam kabin, biasanya pihak keamanan akan mengambil bawaan Anda. Sebaiknya Anda membawa bawaan yang sewajarnya dan aman sesuai dengan petunjuk yang tertera di bandara.

https://andri0204.files.wordpress.com

3. Check-In

Check-in adalah prosedur resmi dari pihak semua maskapai penerbangan. Ketika check-in, Anda cukup mempersiapkan tiket Anda, jika anda membeli online sebaiknya anda print terlebih dahulu agar lebih mudah ketika nantinya melakukan proses check-in. Selain tiket, Anda juga harus menyiapkan tanda pengenal seperti KTP atau paspor bagi yang terbang keluar negeri. Carilah loket maskapai sesuai maskapai Anda dan antri lah dengan tertib.

Barang yang Anda bawa biasanya juga akan di timbang ketika Anda check in. Siapkan uang lebih jika saja barang yang Anda bawa ternyata melebihi kuota yang sudah ditentukan. Anda akan di berikan boarding pass sebagai tanda masuk ke dalam pesawat dan nomor tempat duduk. Untuk pembelian online biasanya Anda bisa langsung check-in di website penerbangan maskapai yang Anda pilih, jadi, tidak terlalu repot dan menyita waktu nantinya ketika Anda berada di bandara.

https://chorolaut.files.wordpress.com

4. Boarding Pass

Perhatikanlah boarding pass Anda yang di dapatkan ketika check-in tadi, di situ terdapat petunjuk arah dan gate untuk menunggu pesawat. Sebaiknya sambil menunggu penerbangan Anda pergi ke kamar mandi terlebih dahulu, untuk menghindari adanya risiko terjebak di dalam kamar mandi ketika terjadi turbulensi saat di udara. Seandainya hal tersebut terjadi, Anda tidak perlu panik, manfaatkan pegangan yang telah tersedia di dalam kamar mandi tersebut atau Anda bisa melihat di tayangan video yang ada di internet sebagai persiapan sebelum berangkat.

http://howzzdat.com/

5. Duduk di pesawat

Anda akan mendapatkan panggilan penerbangan, lalu Anda antri menuju pesawat yang akan dinaikki dan persiapkan tiket anda untuk di ambil oleh petugas pesawat. Jika Anda berada di bandara yang besar, biasanya pesawat tidak langsung di dekat ruang tunggu anda, jika pesawat dalam keadaan jauh dari ruang tunggu, Anda harus naik bus terlebih dahulu dan selalu lihat arahan dari petugas dari maskapai tersebut. Carilah nomor duduk Anda sesuai pada nomor boarding pass Anda, setelah itu letakkan barang anda di kompartemen di atas tempat duduk Anda dan susun dengan rapi.

http://affairstoday.co.uk/

6. Berada dalam pesawat

Ketika anda sudah di dalam pesawat usahakan pertama langsung pasang sabuk pengaman lalu matikan handphone Anda karena signalnya akan mengganggu proses penerbangan. Mendengarkan musik dengan ipod atau mp4 Anda untuk melawan rasa takut dan cemas saat take-off mungkin diizinkan bagi sebagian maskapai penerbangan atau mungkin harus ditunda hingga proses take-off sudah selesai bagi beberapa maskapai penerbangan lainnya.

Bagi Anda yang belum terbiasa dan merasa tegang, jangan khawatir, bersikaplah tenang dan buat diri Anda merasa nyaman. Di dalam pesawat pendingan udara memang di kenal sangat kering, hal ini menyebabkan potensi dehidrasi menjadi lebih besar. Padahal, dehidrasi akan menyebabkan sakit kepala hingga muntah. Sebaiknya anda muncukupi kebutuhan cairan tubuh Anda. Minum obat anti mabuk jika di perlukan untuk menghindari mabuk di dalam perjalanan.

Beberapa tips di atas setidaknya membantu anda untuk melakukan travelling dengan pesawat terbang terutama bagi Anda yang belum terbiasa menggunakan moda transportasi ini.

Dengan sedikit tips diatas, Anda tidak perlu ragu atau was–was walaupun Anda harus melakukan penerbangan sendiri. Semoga bermanfaaat.

Source: Pegipegi.com

Ingin beli tiket pesawat terbang dengan harga bersaing? Coba cek dulu di link berikut ini.

facebooktwittergoogle_plus

Related Articles

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus