Translate »

Tips Kuat dalam Menjalankan Puasa di Bulan Ramadhan

Berpuasa di bulan Ramadhan adalah sebuah kewajiban yang harus dijalankan oleh mereka yang secara fisik dan mental dinyatakan sehat serta usianya telah mencukupi. Berpuasa berarti menahan lapar dan haus serta menahan hawa nafsu sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Menjalankan ibadah puasa harus diimbangi dengan kondisi fisik yang sehat, agar puasa dapat dilaksanakan dengan sempurna sampai tiba saatnya berbuka. Dibawah ini adalah tips kuat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

1. Mengakhirkan Sahur dan Menyegerakan Berbuka

pics: http://antarafoto.com

Mengakhirkan sahur sangat bermanfaat, karena hal ini tentu akan membuat anda lebih siap menjalankan puasa, karena stok makanan akan bisa bertahan sampai waktu buka puasa. Kebiasaan makan sahur di awal waktu kurang baik bagi kesehatan.

Segera berbuka puasa bila sudah waktunya. Bila sudah masuk waktunya berbuka, jangan menunda berbuka puasa. Segera minum dan makan secukupnya dengan asupan makanan yang bergizi untuk mengganti energi tubuh yang hilang pada saat berolahraga di saat puasa tadi.

2. Olahraga di Bulan Ramadhan

pics: http://abiummi.com

Puasa bukan identik dengan malas, namun kita harus aktif. Olahraga adalah salah satu yang bisa membuat tubuh kita tetap segar selama berpuasa. Olahraga tidak harus di paksa, tapi disesuaikan dengan kondisi tubuh kita. Lari sudah menjadi bagian olahraga yang dapat membuat tubuh kita selalu bugar.

Untuk olahraga harus ada jadwal rutin, jika bisa di lakukan tiap hari, maka itu lebih baik. Cukup 15 sampai 20 menit saja perhari. Pilihlah waktu pagi dan sore hari.

3. Porsi Tidur yang Cukup

pics: http://aqlislamiccenter.com

Selama bulan Ramadhan biasanya cenderung lebih banyak beraktivitas pada malam hari. Seperti menjalani shalat Tarawih yang kemudian dilanjut dengan Tadarus. Namun, Anda juga harus memperhatikan porsi tidur yang cukup agar badan tetap segar ketika harus menjalani aktivitas pada siang harinya.

4. Isi Waktu dengan Kegiatan yang Bermanfaat

pics: https://staticflickr.com

Perbanyaklah kegiatan yang bermanfaat di bulan Ramadhan. Hal ini akan membuat Anda lebih aktif. Jauhkan dari bermalas-malasan. Kegiatan seperti baca Al Qur’an, menghafal dan mentadaburinya adalah kegiatan yang bermanfaat dan masih banyak kegiatan bermanfaat lainnya. Artinya saat berpuasa kita harus selalu mengisi dengan aktivitas yang bermanfaat. Karena segala kegiatan yang bermanfaat dapat berbuah pahala.

5. Makanlah Kurma dan Madu Saat Sahur dan Berbuka

pics: http://viva.co.id

Agar kuat berpuasa, kita bisa makan 3 butir kurma dan 2 sendok makan madu setelah makan sahur dan saat berbuka puasa. Dan minum air secukupnya agar anda tidak dehidrasi.

6. Cukupi kebutuhan air putih

pics: http://www.1berita.com

Ketika puasa tubuh akan kehilangan banyak cairan sehingga menyebabkan dehidrasi. Karenanya ketika sahur dan berbuka harus banyak minum air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang tersebut.

itulah beberapa tips supaya tetep kuat dalam menjalankan puasa, semoga bermanfaat bagi anda yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Sumber : Berbagai sumber

facebooktwittergoogle_plus
Tagged with:     , , , ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



200-125 200-125 exam 200-125 pdf 200-125 200-125 exam 200-125 pdf IY0-120 EX0-118 HP5-K03D HP0-J64 ACA001 QAW1301 GB0-363 HP0-661 000-M72 080-888 A2090-733 E20-465 1Z1-510 MOS-EXP2002 ST0-093 P_SD_64 HP2-N49 HP0-P14 1Z0-414 HP0-P22 JN0-140 000-M230 C2140-637 TM12 LOT-440 P6040-018 HP2-B96 000-899 HP2-E30 EE0-071 C2170-009 VCS-271 RF0-001 1T6-222 A00-280 CBAP JK0-015 HP0-262 CTS-I HP2-E57 HP2-056 E20-001 HP2-H11 642-582 050-ENVCSE01 C_TCRM20_72 1Z1-854 ZJN0-360 650-312 CGEIT ST0-141 646-206 HP2-H30 1Z0-212 FC0-U51 1Z0-223 VCP310-UP-VCP410 251-521 C_HANATEC141 ACSO-L2-REVGEN-02 1Y0-456 ISEB-ITILF 000-170 CAT-200 920-440

facebooktwittergoogle_plus