Translate »

Tips Kuat dalam Menjalankan Puasa di Bulan Ramadhan

Berpuasa di bulan Ramadhan adalah sebuah kewajiban yang harus dijalankan oleh mereka yang secara fisik dan mental dinyatakan sehat serta usianya telah mencukupi. Berpuasa berarti menahan lapar dan haus serta menahan hawa nafsu sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Menjalankan ibadah puasa harus diimbangi dengan kondisi fisik yang sehat, agar puasa dapat dilaksanakan dengan sempurna sampai tiba saatnya berbuka. Dibawah ini adalah tips kuat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

1. Mengakhirkan Sahur dan Menyegerakan Berbuka

pics: http://antarafoto.com

Mengakhirkan sahur sangat bermanfaat, karena hal ini tentu akan membuat anda lebih siap menjalankan puasa, karena stok makanan akan bisa bertahan sampai waktu buka puasa. Kebiasaan makan sahur di awal waktu kurang baik bagi kesehatan.

Segera berbuka puasa bila sudah waktunya. Bila sudah masuk waktunya berbuka, jangan menunda berbuka puasa. Segera minum dan makan secukupnya dengan asupan makanan yang bergizi untuk mengganti energi tubuh yang hilang pada saat berolahraga di saat puasa tadi.

2. Olahraga di Bulan Ramadhan

pics: http://abiummi.com

Puasa bukan identik dengan malas, namun kita harus aktif. Olahraga adalah salah satu yang bisa membuat tubuh kita tetap segar selama berpuasa. Olahraga tidak harus di paksa, tapi disesuaikan dengan kondisi tubuh kita. Lari sudah menjadi bagian olahraga yang dapat membuat tubuh kita selalu bugar.

Untuk olahraga harus ada jadwal rutin, jika bisa di lakukan tiap hari, maka itu lebih baik. Cukup 15 sampai 20 menit saja perhari. Pilihlah waktu pagi dan sore hari.

3. Porsi Tidur yang Cukup

pics: http://aqlislamiccenter.com

Selama bulan Ramadhan biasanya cenderung lebih banyak beraktivitas pada malam hari. Seperti menjalani shalat Tarawih yang kemudian dilanjut dengan Tadarus. Namun, Anda juga harus memperhatikan porsi tidur yang cukup agar badan tetap segar ketika harus menjalani aktivitas pada siang harinya.

4. Isi Waktu dengan Kegiatan yang Bermanfaat

pics: https://staticflickr.com

Perbanyaklah kegiatan yang bermanfaat di bulan Ramadhan. Hal ini akan membuat Anda lebih aktif. Jauhkan dari bermalas-malasan. Kegiatan seperti baca Al Qur’an, menghafal dan mentadaburinya adalah kegiatan yang bermanfaat dan masih banyak kegiatan bermanfaat lainnya. Artinya saat berpuasa kita harus selalu mengisi dengan aktivitas yang bermanfaat. Karena segala kegiatan yang bermanfaat dapat berbuah pahala.

5. Makanlah Kurma dan Madu Saat Sahur dan Berbuka

pics: http://viva.co.id

Agar kuat berpuasa, kita bisa makan 3 butir kurma dan 2 sendok makan madu setelah makan sahur dan saat berbuka puasa. Dan minum air secukupnya agar anda tidak dehidrasi.

6. Cukupi kebutuhan air putih

pics: http://www.1berita.com

Ketika puasa tubuh akan kehilangan banyak cairan sehingga menyebabkan dehidrasi. Karenanya ketika sahur dan berbuka harus banyak minum air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang tersebut.

itulah beberapa tips supaya tetep kuat dalam menjalankan puasa, semoga bermanfaat bagi anda yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Sumber : Berbagai sumber

facebooktwittergoogle_plus
Tagged with:     , , , ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus