Translate »

Tips Mengajak Anak Menyikat Gigi

Mengajarkan buah hati agar mau menyikat gigi itu memang “gampang-gampang susah”. Hal ini kerap dialami oleh para orang tua yang anaknya sulit diajak untuk menyikat gigi, atau bahkan menolak dengan menangis atau menutup mulut rapat-rapat.

Padahal, sudah bukan rahasia lagi bahwa menjaga kesehatan gigi dan mulut sangatlah penting. Berikut ini Gosocio akan memberikan beberapa tips agar anak mau menyikat gigi tanpa harus dipaksa terlebih dahulu:

Pics: http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com

Mulailah sejak gigi tumbuh

Mulailah menyikatkan gigi anak sejak gigi susunya tumbuh. Dengan membiasakan anak menyikat gigi, maka kelak anak tidak akan asing lagi dengan aktivitas menyikat gigi. Bahkan sebelum gigi pertama tumbuh, orang tua dapat mulai membersihkan gusi anak dengan kassa basah bersih yang dililitkan ke jari.

Menyikat gigi bersama

Menyikat gigi dapat menjadi kegiatan menyenangkan setiap pagi dan malam. Tunjukkan dan ajarkan kepada anak cara menyikat gigi yang benar.

Berusahalah selalu ceria saat mengajak anak menyikat gigi

Menerapkan disiplin kepada anak tentu membutuhkan kesabaran, termasuk juga saat mengajarkan anak menyikat gigi. Tunjukkan aura positif Anda kepada anak, dan hindari kalimat bernada perintah apalagi dengan amarah.

Pics: http://healthdecide.orcahealth.com

Memberikan edukasi

Beri pengertian mengapa perlu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Bandingkan dengan tokoh/orang lain yang sakit gigi, atau memiliki gigi yang berlubang dan jelek.

Lakukanlah dengan teratur

Sikat gigi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Keteraturan ini harus ditaati dan tidak ada alasan untuk tidak melakukannya. Meskipun si kecil menolak, orang tua tidak boleh patah semangat sampai si kecil mau disikat giginya.

Demikian lah beberapa tips mengajak anak untuk menggosok gigi, Anak-anak perlu diingatkan tentang pentingnya menggosok gigi sejak dini agar terbiasa untuk melakukannya kedepannya.

Source : Dari berbagai sumber

facebooktwittergoogle_plus
Tagged with:     , ,

Related Articles

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus