Translate »

Tips Mengendalikan Stress Saat Bekerja

Frustrated office work at his desk

Stress adalah sebuah kondisi dimana pikiran kita menanggung beban yang berlebih dan membuat pikiran kita menjadi tidak nyaman.

Bahayanya, stress bisa terjadi kapan saja, dimana saja dan dari berbagai sumber. Di rumah, di sekolah, di tempat kerja, hampir semua orang pernah mengalaminya.

Pics: http://netguide.co.nz

Di dalam dunia kerja yang semakin ketat dan kompetitif saat ini, mengalami stress sudahlah menjadi hal yang biasa. Padahal, stress memiliki konsekuensi yang tinggi terhadap kesehatan kita dimulai dari yang relatif ringan seperti sakit flu hingga menjadi yang lebih berat seperti penyakit jantung dan sindrom metabolik.

Mencari sebuah perkerjaan yang sangat rendah akan tingkat stressnya di saat sekarang ini hampir mustahil. Hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah mencoba mengendalikannya. Berikut adalah beberapa tips untuk mengendalikan stress saat bekerja:

1. Mulailah hari dengan positif

Pics: http://media-cache-ak0.pinimg.com

Kejadian dipagi hari seringkali berpengaruh pada tingkat stress kita saat bekerja. Bertengkar dengan pasangan atau menghadapi kemacetan di jalan bisa membuat tingkat stress meningkat sesampainya di tempat kerja. Cobalah untuk memulai hari dengan lebih tenang dan ceria serta lengkapilah dengan nutrisi dan konsumsi sarapan yang bergizi dan menyehatkan maka stress akan bisa lebih dikendalikan.

2. Ketahuilah apa yang harus dikerjakan

Pics: http://cdn2.thegrindstone.com

Salah satu faktor yang memicu terjadinya stress di tempat kerja adalah ketidakjelasan akan hal yang harus dilakukan. Belum lagi ditambah dengan ekspektasi dari hasil yang dikehendaki oleh atasan, tingkat stress akan dengan mudah meningkat. Untuk mengendalikannya, cobalah untuk memahami dengan berbicara dengan supervisor dan rekan kerja mengenai ekspektasi dari pekerjaan tersebut dan atur strategi bagaimana cara melampauinya.

3. Hindari konflik

Pics: http://images.askmen.com

Konflik sangat berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan emosional. Sebisa mungkin cobalah untuk menghindari konflik dengan rekan kerja dengan tidak menyinggung masalah politik ataupun agama, serta cobalah untuk mengontrol humor. Menghindari konflik akan membuat kita menghindari tingkatan stress juga.

4. Jadilah pribadi yang disiplin

Pics: http://aideyandaniel.files.wordpress.com

Membuat perencanaan yang matang dapat mengurangi tingkat stress sesampainya di kantor. Contohnya, dengan berangkat ke kantor lebih pagi agar tidak terjebak kemacetan atau dengan mempersiapkan bahan untuk dikerjakan sedari rumah. Dengan begitu, sesampainya di kantor, kita akan merasa lebih rileks dan bisa bekerja lebih efektif.

5. Ciptakan rasa nyaman

www.ultimatesleep.com.au

Keharusan bekerja dengan duduk dalam waktu lama bisa membuat kita merasa tidak nyaman, akibatnya, kita akan lebih mudah merasa stress. Cara mengatasinya, cobalah untuk menata tempat kerja kita senyaman mungkin dan ciptakanlah suasana yang membangun mood kerja. Dengan begitu, permasalahan dengan kursi pun tidak akan terlalu terasa.

6. Cobalah untuk tidak multitask

Pics: http://howtobecomesmarter.org

Bagi sebagian orang, melakukan beberapa pekerjaan sekaligus bisa jadi menghemat banyak waktu tetapi bagi orang lain, justru stress yang ditimbulkan. Ini disebabkan karena fokus kita terganggu dengan adanya beberapa hal yang harus dilakukan dalam waktu bersamaan. Cobalah untuk menyelesaikan satu hal dahulu lalu beralih ke yang lain.

7. Berolahragalah

Pics: http://www.health.harvard.edu

Sesibuk apapun pekerjaan kita di kantor, kita harus tetap menyempatkan diri berolahraga. Paling tidak, cobalah untuk berjalan-jalan sedikit disela-sela waktu kantor ataupun waktu jam makan siang. Berolahraga ringan dapat membantu untuk mendinginkan pikiran dan dipercaya juga bisa meningkatkan mood serta mengurangi rasa stress.

8. Hindari menjadi perfeksionis

Pics: http://lifeisneverboringhere.files.wordpress.com

Menjadi seseorang yang ambisius adalah hal yang baik dan positif tetapi menjadi seorang perfeksionis bisa menggangu performa kita dan rekan kerja kita. Cobalah untuk berusaha melakukan yang terbaik dengan kemampuan yang dimiliki dan jangan memaksakan sesuatu yang diluar dari kemampuan. Jangan lupa juga untuk sedikit menyenangkan diri setelah berhasil mencapai sesuatu. Dengan begitu, rasa stress yang muncul akan bisa lebih mudah dikendalikan.

9. Dengarkan musik

Pics: http://education-portal.com

Mendengarkan musik sudah lama dikenal dapat menjadi obat penghilang stress. Demikian juga di dalam pekerjaan, jika tidak sempat mendengarkan atau tidak diizinkan untuk mendengarkan musik di waktu kerja, cobalah untuk mendengarkan musik favorit disaat perjalanan pulang kantor. Dengan begitu, perasaan stress disaat kerja akan lebih mudah terlupakan.

Demikianlah beberapa tips untuk mengendalikan tingkat stress kita di kantor atau pada saat melakukan pekerjaan.

Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita semua bisa menjadi lebih produktif di tempat kerja tanpa harus dibebani rasa stress yang berlebihan.

Source: About

– Untuk mengurangi beban stress saat dirumah, cobalah untuk bermain dengan mainan edukatif yang seru dan menyenangkan untuk segala usia. Lihat koleksinya disini.

– Menjalankan hobi atau berolahraga juga bisa menghilangkan stress, cobalah untuk mulai mencari hobi yang Anda suka.

facebooktwittergoogle_plus

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus