Translate »

Tips Menjaga Bau Mulut Saat Berpuasa

Bulan ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Mereka semua berbodnong-bondong menunaikan kewajiban berpuasa, sebagai wujud kepatuhan terhadap perintah Allah SWT. Disaat berpuasa, umat Muslim tidak makan dan minum dari setelah sahur hingga menjelang berbuka puasa. Meskipun aktivitas ini adalah sesuatu yang sangat suci bagi umat Muslim, namun ada beberapa kendala yang berkaitan dengan berpuasa yaitu bau mulut atau bau nafas.

Adanya bau nafas atau bau mulut dikarenanan oleh keringnya mulut selama berpuasa. Tanpa makanan dan air, kelenjar ludah tidak memproduksi air liur dalam jumlah yang cukup untuk menjaga nafas tetap segar. Bau nafas adalah hal yang normal bagi yang sedang berpuasa. Namun, tetap harus memikirkan bagaiaman caranya kita agar melakukan ibadah suci ini dengan kebersihan tubuh yang terjaga diantaranya adalah kebersihan mulut. Nabi Muhammad SAW telah mencontohkan dengan penggunaan siwak secara rutin saat berpuasa bisa menjaga kebersihan mulut kita.

Tips dan Trik Menjaga Bau Mulut

Beberapa cara untuk menjaga bau nafas atau bau mulu tetap segar tanpa harus melanggar aturan berpuasa:

  1. Sikat gigi. Sikatlah gigi anda seperti biasanya. Diutamakan sikat gigi setelah makan sahur dan lakukan dengan baik untuk memastikan tidak ada satupun makanan yang masih tertinggal di mulu dan di sela-sela ggi. Anda bisa melakukan sikat gigi ini, asal tidak ada yang tertelan.

    sumber: rscmjogjamu.com

  2. Minum air. Disaat sahur, usahakan minum air setidaknya 2 sampai 3 gelas. Minum banyak air dapat menghindarkan anda dari bau mulut, bau mulut terjadi karena keringnya mulut. Selain bau mulut, tubuh akan terhindar dari dehidrasi dan kehausan. jangan lupa minum disaat duduk, karena minum disaat berdiri dalam medis itu berbahaya.

    sumber: pedulisehat.info

  3. Berkumur terbukti membantu membersihkan mulut. Saat berwudhu misalnya, berkumurlah dengan benar. Ini untuk membersihkan kotoran-kotoran dan bakteri dalam mulut.

    sumber: abiummi.com

  4. Siwak adalah sikat gigi dari pohon siwak atau miswak. Sangat efektif untuk membersihkan mulut dan ini selalu dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Selain untuk mulut, saat ini siwak digunakan sebagai bahan dalam berbagai jenis produk yang berkaitan dengan kesehatan.

    sumber: www.dakwatuna.com

  5. Minum Teh Hijau. Hanya sebagai tambahan, mengkonsumsi teh hijau pada saat sahur dan berbuka bisa juga membunuh bakteri dimulut dan menghapus gula dari plak yang menyebabkan bau mulut. Ini dikarenakan teh hijau mengandung zat aktif yang disebut catechin.

    sumber carakhasiatmanfaat.com

Selain itu kondisi perut juga bisa mempengaruhi bau mulut dan bau badan. Dimana juga menjaga apa makanan yang kita makan, memperhatikan jenis-jenis makanan yang cocok disaat berbuka dan cocok untuk sahur. Bila terjadi kesalahan dalam memilih makanan akan mengakibatkan sakit perut, selain itu, juga bagi yang mempunyai penyakit maag harus Anda pastikan bisa mengatur jadwal makan Anda. Selain itu banyaknya porsi makanan yang kita makan juga mempengaruhi, karena banyak makan itu tidak baik untuk kesehatan. Jadi harus pandai-pandai memilih makanan dan janganlah makan terlalu banyak.

Source: Dari Berbagai Sumber

facebooktwittergoogle_plus

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus