Translate »

Tips Mudah Cek Kesegaran Sashimi Sebelum Menyantapnya

Sashimi adalah salah satu menu favorit yang mungkin sering Anda pesan di restoran Jepang. Ya, sebagai sajian irisan ikan dan seafood yang disajikan fresh dan mentah, tentu saja rasanya akan lebih lezat bila kesegaran dari ikan sendiri diperhatikan.

Pics: https://lchaimfoods.com

Sayangnya, tidak semua tempat menyajikan sashiminya dalam keadaan segar, tentu saja hal tersebut dapat merugikan Anda alam banyak hal. Namun, ada beberapa tips mudah untuk mengecek kesegaran dari sashimi tersebut, cukup ikuti langkah mudah berikut:

1. Cek Aroma

Pics: https://ichef.com.sg

Ikan dan hidangan yang berasal dari laut tentulah memiliki aroma alamiah yang seperti aroma laut, hal ini juga penting untuk Anda perhatikan. Bila saat sashimi didekatkan ke mulut atau hidung dan Anda bisa mendapatkan aroma amis laut atau aroma asin, maka hal tersebut masihlah normal. Namun, bila aroma amis tersebut bisa tercium dari jauh, sebaiknya sashimi tidak dikonsumsi karena tandanya ikan sudah tidak segar.

2. Cek Tampilan

Pics: https://www.sciencealert.com

Untuk yang satu ini, Anda harus melihat lebih detail permukaan di irisan daging ikan untuk melihat apakah ikan masih segar atau tidak. Sashimi segar harus terlihat mengkilap dan sedikit tembus cahaya bila irisan diangkat. Yang tidak kalah penting adalah tidak adanya lendir menyerupai susu pada bagian irisan ikan. Secara keseluruham, irisan ikan harus terlihat baik dan bersih.

3. Cek Warna

Pics: https://cdn.shopify.com

Banyak yang berargumen tentang warna dari sashimi segar sendiri. Perlu diketahui bahwa terkadang warna salmon liar lebih kemerahan dibandingkan dengan salmon yang sudah diternak. Warna salmon hasil budidaya biasanya sedikit lebih pucat dengan kecenderungan seperti merah muda cerah. Jadi, selama warna dari ikan masih dalam batasan wajar dan terlihat normal serta tidak berbau amis, ikan tersebut masih layak untuk dikonsumsi.

4. Cek Tekstur

Pics: https://timedotcom.files.wordpress.com

Untuk yang satu ini, gunakan ujung sumpit Anda dan ditekan kepada permukaan irisan ikan. Apabila tekstur daging kembali ke semula setelah ditekan, maka boleh dibilang ikan masih cukup segar dan dagingnya padat sehingga masih boleh dikonsumsi.

Demikianlah beberapa tips mudah untuk mengenali kesegaran dari sashimi yang akan Anda konsumsi. Kembali lagi kepada penilaian Anda masing-masing, pastikan Anda merasa yakin dengan kesegarannya baru menyantapnya.

Perlu diingat juga bahwa restoran yang menyajikan sushi atau sashimi tidak seharusnya memiliki aroma amis dan biasanya cenderung beraroma lebih segar menyerupai aroma mentimun atau semangka. Perhatikan juga cara ikan disimpan serta penyajian dari chef di restoran tersebut karena akan mempengaruhi kesegaran dari ikan yang akan Anda santap.

Source: Detik.com

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

class="now"