Translate »

Tips Untuk Smartphone Android Yang Mulai Lambat

Apakah akhir-akhir ini smarpthone Anda sering terasa semakin lambat atau lelet? Atau mungkin smartphone Anda juga sering mengalami crash? Pasti hal ini rasanya mengecewakan Anda, apalagi smartphone ini Anda beli dengan waktu yang belum terlalu lama dan dengan harga yang mahal.

Setelah beberapa bulan Anda pakai smartphone Anda sudah terasa ponsel Android bekerja dengan cepat dan seperti biasanya, setelah itu smartphone tiba-tiba terasa lambat dari biasanya. Namun  sebenarnya permasalahan ini tidak terlalu mengkhawatirkan dan permanen karena masih bisa disembuhkan dengan beberapa cara tertentu.

Oleh karena itu, berdasarkan rangkuman yang dilansir oleh KompasTekno, ini adalah beberapa tips untuk mengembalikan kinerja ponsel kembali seperti waktu baru beli:

1. Update OS 

Pics: http://androidcentral.us/

Update OS adalah salah satu cara untuk mengembalikan kinerja ponsel Anda. Oleh karena itu pastikan ponsel Android yang Anda pakai sudah diperbahurui dan di update ke sistem operasi versi terbarunya.

Caranya adalah Anda masuk ke Settings> About device> Software update dan sentuk tombol Check for updates.

Bila menemukan info tentang pembaruan, segera unduh dan pasang ke ponsel Anda. Untuk hal apa saja yang di update itu tergantung dari update-an tersebut, namun paling sering adalah update untuk agar kinerja aplikasi tetap kencang dan normal.

Namun tentu saja tidak semua produsen smartphone merilis pembaruan untuk sistem oeprasi Android yang mereka pakai. Ada kalanya produsen hanya menyematkan Android 5.1 Lollipop tanpa memperbaruinya ke Android 6.1 Marshmallow. Bahkan, pembaruan keamanan atau sistem secara berkala pun seringkali tidak ada.

2. Bersihkan home screen 

Pics: Phone Arena

Membersihkan home screen atau layar utama menjadi tips berikutnya. Yang dimaksudkan dengan membersihkan layar utama adalah hapus shortcut-shortcut yang tidak dipakai. Sehingga shortcut yang ada di layar utama hanya aplikasi tertentu yang sering dipakai saja.

3. Hapus aplikasi tak terpakai 

Pics: http://www.pilihponsel.net/

Aplikasi yang tak terpakai hanya akan memenuhi-menuhi memori dan membuat baterai cepat habis dan menjadi boros.  Selain baterai, akan membebani kinerja dari ponsel tersebut.

Jika tidak dihapus, Anda bisa mematikan aplikasi tersebut supaya tidak memakan memori. Caranya, masuk ke Settings> Apps dan perhatikan aplikasi yang ada di sana. Bila menemukan salah satu atau beberapa yang ternyata tak berguna, langsung sajak klik dan pilih disable untuk mematikan tanpa menghapusnya atau uninstall agar langsung dihapus.

4. Matikan animasi 

Pics: Tips Bermanfaat

Kurangi atau matikan fitur animasi degan cara masuk menu Settings> About phone kemudian carilah menu Device information atau Systems.

Kemudian cari kolom menampilkan build number. Sentuhlah kolom tersebut sebanyak 7 kali untuk mengaktifkan mode Developer.

Setelah itu, di dalam menu Settings, akan muncul pilihan Developer option. Masuklah ke asna dan temukan kolom Window animation scale, Transition animiation scale, serta Animation duration scale. Secara berurutan, ubah angka yang tertera menjadi 0.5x atau Animation off.

5. Bersihkan cache aplikasi 

Pics: info sejagad

Aplikasi biasanya menyimpan data cached agar dibuka kembali dengan cepat. Seiring berjalannya waktu dan pemakaian ponsel, data cache tersebut bisa menumpuk dan semakin besar dan semakin memakan banyak memori. Jadi jangan heran apabila ponsel Anda terasa melambat.

Lalu bagaimana cara untuk bersihkan cache ini? Dengan cara masuk ke menu Settings> Apps, kemudian pilih aplikasi yang biasanya menyimpan banyak cache. Misalnya media sosial seperti Path. Buka aplikasi tersebut dan pilihlah Clear Cache.

Selain itu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa membersihkan cache, misalnya CC Cleaner atau Clean Master.

6. Matikan auto-sync 

Pics: http://viateknologi.com/

Seringkali para pengguna Android memasang banyak akun, seperti untuk media sosial, e-mail dan lainnya. Akun-akun tersebut umumnya terpasang dalam kondisi auto-sync menyala.

Lalu apasih auto-sync itu?  Auto-sync adalah fitur yang berguna agar aplikasi otomatis menarik data terbaru dalam durasi tertentu, contohnya untuk menerima email. Meksipun begitu, apabila Anda menggunakan auto-sync terlalu banyak akan membuat ponsel Anda menjadi lelet.

Solusinya adalah memilih mematikan auto-sync pada aplikasi tertentu.

7. Factory reset 

Pics: http://www.droid-life.com/

Dan jalan terakhir dan paling mudah untuk memperbaiki kinerja ponsel Android Anda adalah melakukan Factory Reset. Dengan cara ini akan membuat software ponsel Anda kembali pada kondisi saat Anda baru membelinya and membersihkan segala data yang ada didalamnya.

Memang ini tidak sesederhana karena akan menghapus semua aplikasi dan data. Bahkan Anda mesti mengunduh ulang beberapa aplikasi yang memang penting, lalu menyalin ulang data-data. Namun dengan cara melakukan Factory Reset secara berkala, kinerja ponsel bisa dijaga supaya tetap kencang. Jangan lupa untuk menyimpan data cadangan (Backup) sebelum Anda melakukan hal ini.

Semoga informasi ini dapat membantu dalam menjaga smartphone Android Anda agar senantiasa kencang performanya .

Source: kompas.com

facebooktwittergoogle_plus

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus