Translate »

Tips Untuk Tidur Yang Lebih Nyenyak

Tidur merupakan salah satu aktivitas yang sangat dibutuhkan oleh mahkluk hidup. Terlebih lagi bagi kita, manusia, aktivitas sehari-hari yang padat dapat membuat tubuh menjadi lelah dan istirahat yang ekslusif sangatlah dibutuhkan untuk mengembalikan kesegaran tubuh.

Pics: http://www.prevention.com

Pics: http://www.prevention.com

Sebuah studi bahkan pernah mengatakan bahwa kurang tidur dapat berakibat buruk seperti meningkatkan kecemasan dan risiko terkena depresi pada seseorang. Tidak hanya itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan kegemukan.

Jika gangguan kesulitan tidur sudah menjadi kronis, akibat yang ditimbulkanpun bisa lebih parah lagi. Seperti dikutip dari Detikhealth, penderita gangguan tidur kronis akan lebih sering merasa ngantuk sepanjang hari, mengurangi konsentrasi dan refleks alami dari tubuh sehingga meningkatkan risiko terjadi kecelakaan. Dalam jangka panjang, penderita gangguan tidur kronis juga rentan terserang diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, dan obesitas.

Untuk mengatasi masalah gangguan tidur diperlukan langkah-langkah yang efektif. Berikut adalah beberapa tips dari kami untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas:

1. Perhatikan kenyamanan kamar tidur

Pics: http://www.zunetop.com

Pics: http://www.zunetop.com

Suasana yang diciptakan di kamar tidur sangat penting untuk memberikan tidur yang lebih berkualitas. Misalnya, pemilihan warna dan dekorasi, sangat disarankan untuk mencari warna yang membuat nyaman waktu tidur kita seperti warna lavender. Jangan lupa agar sirkulasi udara di kamar tidur juga terjaga dengan baik serta penerangan yang cukup agar tidur kita bisa lebih nyenyak.

Pemilihan tempat tidur serta bantal yang nyaman juga menentukan kualitas tidur. Yang terpenting adalah selalu menjaga kebersihan kamar tidur. Pastikan kamar bebas dari gangguan nyamuk, aroma tidak sedap serta debu yang bertebaran dapat menjadi sarang penyakit. Rajinlah untuk membersihkan area kamar tidur agar selalu bersih dan higienis.

Aturlah peletakan furnitur yang nyaman dan berilah perhatian ekstra agar waktu tidur Anda tidak terganggu oleh gangguan yang berasal dari peralatan elektronik.

2. Aturlah  jam tidur Anda

Pics: http://cdn2.notonthehighstreet.com

Pics: http://cdn2.notonthehighstreet.com

Jadwal tidur sangat membantu untuk mengatur jam alami yang ada di tubuh kita. Cobalah untuk menetapkan waktu yang sama untuk tidur dan bangun dipagi hari sehingga tubuh akan menyesuaikan diri dengan sendirinya. Pastikan untuk memiliki jam tidur yang ideal antara 7 sampai 9 jam agar tubuh terasa bugar.

3. Biasakan diri dengan aktivitas sebelum tidur

Pics: http://www.gethealthyharlem.org

Pics: http://www.gethealthyharlem.org

Cobalah mengatur kegiatan yang membantu mengingatkan Anda untuk waktu tidur biasanya, misalnya mandi air hangat, menggosok gigi ataupun mendengarkan musik dan lakukan itu hingga Anda terbiasa.

4. Rajinlah berolahraga

Pics: http://www.meridianpeakhypnosis.com

Pics: http://www.meridianpeakhypnosis.com

Sebuah penelitian pernah dilakukan dan menyimpulkan bahwa orang yang rajin berolahraga dalam seminggu lebih mudah untuk tidur nyenyak daripada yang tidak. Sehingga, sempatakanlah waktu berolahraga agar tubuh senantiasa bugar dan memungkinkan Anda untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Hindari waktu berolahraga yang terlalu dekat dengan waktu tidur.

5. Mengatur asupan sebelum tidur

Pics: http://st1.thehealthsite.com

Pics: http://st1.thehealthsite.com

Beberapa makanan dapat membantu untuk membuat tidur menjadi lebih nyenyak seperti susu hangat yang mengandung tryptophan dan asam amino. Selain itu, oatmeal dan makanan yang mengandung karbohidrat dan protein dapat meningkatkan hormon seratonin dalam tubuh. Hormon inilah yang nantinya akan berubah menjadi melatonin yang membantu menciptakan efek tenang saat Anda sudah terlelap.

Hindari konsumsi alkohol, makanan berlemak, makanan manis dan pedas yang mengakibatkan reaksi pada tubuh yang dapat menciptakan perasaan tidak tenang sebelum tidur.

Demikianlah tips dari kami untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Mulailah mendapatkan waktu tidur yang lebih berkualitas agar kegiatan sehari-hari bisa dijalankan dengan lebih segar dan bugar.

Source: Detik

facebooktwittergoogle_plus
Tagged with:     , , ,

Related Articles

1 Comment

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus