Translate »

Trik Untuk Tidak Makan Banyak Setelah Berolahraga

Tubuh manusia mempunyai fungsi naturalnya masing-masing dan akan menyesuaikan kebutuhannya dengan tingginya tingkat aktivitas yang dilakukan.

Pics: http://file3.answcdn.com

Sebagaimana saat panas, tubuh akan meminta asupan cairan lebih, begitu juga dengan sistem kerja tubuh yang meminta asupan makanan setelah melakukan aktivitas olahraga, terlebih olahraga yang tergolong berat. Namun terkadang, karena rasa lapar itulah, kebanyakan orang akan memilih untuk mengkonsumsi makanan dengan jumlah yang tidak terkontrol sehingga aktivitas olahragapun serasa tidak sebanding dengan asupan kalori yang masuk.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengakali agar bisa menahan diri dari konsumsi makanan yang terlalu berlebihan setelah selesai berolahraga, berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Mengetahui batasan tubuh saat berolahraga

Pics: http://cdn.ladycarehealth.com

Seperti sudah banyak diketahui. olahraga, terutama yang bertujuan untuk menurunkan berat badan tidak mungkin terjadi secara instan. Memaksa tubuh untuk berolahraga diluar batas maksimumnya malahan bisa membahayakan bagi tubuh, apalagi jika dilakukan dalam keadaan perut kosong. Selain berisiko menderita cedera, tubuh juga akan meminta tambahan asupan untuk mengkompensasikan energi yang digunakan saat berolahraga. Mengenali batasan tubuh saat proses ini akan lebih baik menjaga keseimbangan keluar masuknya energi dan membatasi agar tubuh tidak kemasukkan makanan denagn jumlah yang terlalu banyak.

2. Isilah perut sebelum berolahraga

Pics: http://www.muscleandfitness.com

Meskipun terdengar sepele, mengkonsumsi asupan sebelum berolahraga sangatlah penting untuk mencegah terjadinya kelelahan otot dan mengembalikan kembali energi pada otot yang akan hilang saat berolahraga. Selain itu, dengan perut yang terisi, tubuh tidak akan terlalu banyak meminta asupan lebih selepas olahraga. Dua pilihan asupan yang baik dikonsumsi sebelum berolahraga yaitu paduan karbohidrat dan protein seperti madu, roti, dan yoghurt atau asupan khusus yang tinggi energi dan rendah kalori.

3. Jaga tubuh agar tidak kekurangan air

Pics: http://images.idiva.com

Dengan asupan air yang terjaga di dalam tubuh, maka tubuh akan terasa lebih berenergi saat melakukan aktivitas olahraga. Itulah alasan mengapa banyak orang biasanya selalu mempersiapkan air minum dan mengkonsumsi air saat berolahraga.

4. Tingkatkan konsumsi ‘Whole foods’ dan makanan kaya serat

Pics: http://bryanking.net

Untuk mendapatkan hasil olahraga yang lebih baik, usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang rendah kalori dan kaya akan serat karena akan membuat tubuh menjadi lebih berenergi sepanjang hari. Jika menjalankan aktivitas olahraga bersamaan dengan program diet, cobalah untuk mengkonsumsi lebih banyak buah-buahan, sayuran, dan gandum utuh serta hindari makanan lain yang tidak baik untuk program diet.

5. Makan dengan porsi lebih kecil dan lebih sering

Pics: http://www.bewealthybehealthybelieve.com

Jangan lupa untuk selalu memulai hari dengan sarapan yang menyehatkan, lalu konsumsilah makanan bergizi dengan nutrisi yang dibutuhkan tubuh lebih sering. Jika tubuh merasa lapar setelah olahraga berat, cobalah untuk mengkonsumsi buah-buahan atau sayuran rebus dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Penting untuk diingat bahwa menambah frekuensi makan dengan porsi yang lebih kecil akan membantu tubuh mendapatkan kalori yang cukup dan menekan rasa lapar akan tambahan gula dalam tubuh.

Demikianlah beberapa trik yang harus coba dibiasakan agar tubuh mendapatkan hasil olahraga yang lebih maksimal.

Perlu diingat bahwa proses tersebut juga memerlukan waktu agar tubuh menjadi terbiasa dan hindari untuk memaksakan diri melakukan aktivitas yang terlalu berlebih. Yang terpenting, ingatlah selalu untuk menjaga asupan kalori dalam tubuh yang cukup dan tidak menambah konsumsinya secara berlebih setelah selesai berolahraga.

Selamat mencoba!

Source: Healthierfoods

facebooktwittergoogle_plus
Tagged with:     , , , , , , , , ,

Related Articles

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus