Translate »

Tutorial Panel Line Model Kit Gundam

Setelah Sebelumnya Gosocio membahas tentang Tutorial Merakit Model Kit Gundam, kini Gosocio akan mem-post artikel tentang Panel Line. Panel Line atau biasa disebut Lining adalah bagian terpenting dalam merakit Model Kit Gundam. Lining adalah bagian yang wajib dilakukan oleh para builder Model Kit Gundam. Fungsi dari Panel Line ialah memberikan memberikan detail tambahan dan membuat Model Kit Anda terlihat lebih nyata. Meskipun terlihat mudah, namun membuat Panel Line yang benar ternyata mempunyai langkah-langkah yang cukup banyak.

Berikut ini Gosocio akan memberikan Tutorial Panel Line Model Kit Gundam :

Sebelum memulai panel line untuk pertama-tama, Persiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan untuk Panel Line. Alat-alat yang dibutuhkan antara lain ialah

Pen Marker

Pen Marker yang digunakan untuk Panel Line haruslah memiliki mata pena yang tipis. Hal ini ditujukan agar mata pena dapat mengenai bagian-bagian model kit yang kecil. Beberapa Pena dapat digunakan untuk Panel Line namun disarankan untuk menggunakan Gundam Marker, karena Gundam Marker di desain khusus untuk Pane Line Gundam. Dengan menggunakan Pen Marker beri garis-garis pada bagian gundam sesuai dengan permukaan ataupun bentuk detailnya. Hasilnya akan terlihat seperti ini :

Dengan menggunakan Gundam Marker, Panel Line sudah dapat dilakukan. Namun terdapat cara lain untuk Panel Line yaitu dengan menggunakan Enamel Paint. Perlengkapan yang dibutuhkan ialah :

Enamel Paint

 

Kuas

 

Enamel Thinner

 

Palette

 

Bagian Gundam

 

Cotton Budd

 

Langkah-langkah Panel Line dengan Enamel Paint adalah sebagai berikut :

1. Campurkan Enamel Paint dan Enamel Thinner hingga mencapai konsistensi seperti teh

2. Buat garis pada bagian Gundam Anda dengan menggunakan kuas

 

3. Setelah kering gunakan Thinner untuk membersihkan cat yang berantakan.

 

Hasilnya akan didapat seperti dibawah ini

Sebagai Pembanding akan dibawah ini adalah Panel Line dengan menggunakan Gundam Marker

 

Dari Perbandingan diatas maka dapat diketahui perbedaannya. Dengan menggunakan Gundam Marker, akan didapatkan garis yang tebal, sedangkan untuk Panel Line dengan Enamel Paint akan didapat garis yang tipis. Mana yang lebih bagus, semuanya kembali kepada selera Anda para builder, Apakah Anda lebih suka garis tebal atau tipis. Untuk Tutorial Paint dan Decal akan dibahas di Artikel Berikutnya.

Demikian Tutorial Panel Line Model Kit Gundam dari Gosocio ini. Semoga Tutorial ini dapat membantu Anda dalam membuat Model Kit Gundam yang keren.

 

Sumber : gundammodelkits

facebooktwittergoogle_plus

Related Articles

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus