Hati-hati dengan komputer anda, karena begitu banyaknya virus yang selalu mengancam dan menyerang data maupun program yang ada di dalamnya. Baru-baru ini penegak hukum dari berbagai negara di dunia telah mengumumkan bahwa mereka telah berhasil meredam infrastruktur Gameover Zeus botnet serta mengendalikan server Cryptolocker.

Meskipun demikian sebagai pengguna komputer, anda hanya memiliki waktu dua minggu untuk memperbaiki “pertahanan” agar kedua jenis virus/ malware ganas ini tidak dapat menyerang.

Untuk melindungi anda dari keganasan malware yang mampu menyandera komputer dan sekaligus menguras isi rekening bank tersebut, maka anda dapat melakukan beberapa tip di bawah ini :

1. Lakukan pembaharuan Windows secara berkala

Jika anda bukan pengguna Microsoft Windows, anda tidak perlu melanjutkan membaca artikel ini. Hal ini dikarenakan dua malware/virus ini hanya dapat menyerang komputer berbasis Windows, sehingga bagi pengguna sistem operasi lainnya tidak perlu khawatir akan serangan Gameover Zeus serta Cryptolocker.

2. Lakukan perawatan keamanan yang tepat

Browse situs GetSafeOnline.org yang telah mempublikasikan daftar unduhan agar anda bisa menghalau serangan Gameover Zeus serta Cryptolocker.

3. Gunakan aplikasi password manager

Pencuri data akan lebih mudah melakukan aksinya ketika dia memiliki akses terhadap data pribadi anda. Memakai kata sandi yang panjang dan kompleks serta password yang berbeda pada setiap situs akan lebih memastikan keamanan anda di internet. Tetapi jika anda tidak bisa melakukannya secara manual, maka anda dapat menggunakan aplikasi password manager. Anda bisa memakai Last PassDash Lane , Kaspersky Password Manager  atau Kee Pass.

4. Jangan buka tautan yang mencurigakan

Saat anda melihat tautan yang mencurigakan, jangan sekali-kali membukanya. Jika anda menerima email yang tidak diketahui dari mana sumbernya, jangan buka email tersebut. Termasuk jika anda menerima email yang aneh dari teman, lebih aman tidak membukanya. Apabila pesan dalam email bersifat generik dan mungkin dikirimkan oleh siapapun, jangan sekali-kali buka email itu.

Jangan coba-coba untuk melihat tautan dengan mengambangkan kursor diatasnya, peretas bisa mengelabui anda dengan memberikan tautan yang aman untuk menginfeksi komputer dengan malware.

Pastikan untuk selalu meng-update antivirus agar anda aman dari serangan Gameover Zeus serta Cryptolocker, gunakan pula firewall serta sistem operasi yang update dengan patch terbaru.

Tip-tip tersebut diatas dapat memastikan anda aman saat browsing di internet, di samping dapat memproteksi komputer dari serangan Gameove Zeus dan Cryptolocker.

 

Source: Beritasatu.com