Translate »

Wajib Mempunyai Peralatan ini Untuk Membuat Kue Kering

Mungkin Anda memiliki hobi untuk makan cake taupun kue kering sebagai cemilan sore?

Atau mungkin juga Anda seorang yang gemar membuat kue kering sendiri di rumah? Selain harganya yang lebih hemat dan lebih terjamin kebersihannya, membuat sendiri kue bisa Anda padukan rasa dan bahannya sesuai dengan rasa kesukaan Anda. Namun, untuk membuatnya memang dibutuhkan usaha ekstra, termasuk mempersiapkan segala perlengkapan untuk membuatnya.

Lalu, apa sajakah perlengkapan wajib untuk dimiliki agar bisa membuat kue kering dengan lebih efisien namun hasilnya maksimal?

http://www.kitchenaid.com/

1. Mixer

Handheld mixer merupakan jenis mixer yang paling umum dimiliki. Mixer ini memiliki bobot yang ringan, mudah dalam pengoperasian dan bisa dibawa kemana saja. Di pasaran banyak di jual jenis mixer yang sudah di lengkapi dengan mangkuk dan sendok untuk mengaduk adonan. Handheld mixer ini hanya bisa untuk mengolah adonan yang ringan saja, jika Anda ingin memproses adonan yang berat maka harus menggunakan stand mixer.

Jenis stand mixer ini lebih besar dari handheld mixer, dan biasanya banyak di pakai oleh para koki untuk membuat bakery dan membuat adonan dengan kapasitas banyak. Stand mixer dapat menangani adonan baik itu ringan maupun adonan berat sekalipun. Stand mixer dapat membuat adonan kue kering dengan cepat. Karena kualitas yang bagus, harga stand mixer lebih mahal dan biasanya di jual dalam bentuk paket yang di dalamnya sidah terdapat mangkuk stainless, sendok untuk pengaduk adonan, dan juga paddle yang bentuknya seperti jangkar untuk mengaduk adonan pai dan roti.

https://www.smartkitchen.com

2. Whisk

Alat ini di pakai untuk mengaduk adonan secara manual. Bentuknya mirip seperti pengaduk pada mixer dan terdiri dari jalinan kawat–kawat. Semakin banyak kawatnya maka semakin bagus, karena semakin banyak udara yang masuk kedalam adonan. Ketika Anda hendak membuat kue kering, Anda pasti membutuhkan kocokan putih telur atau saus untuk bahan campuran. Maka alat inilah yang di gunakan untuk mengaduk adonan tersebut.

http://images.sweetbakingsupply.com/

3. Wadah

Tempat untuk mengaduk adonan, bahan wadah tersebut biasanya menggunakan bahan gelas, stainless steel, atau plastik. Gunakan wadah yang berukuran sedang, tidak terlalu besar juga tidak telalu kecil. Selain tidak gampang tumpah, penggunaanya juga lebih nyaman.

https://www.spvshop.com

4. Alat Ukur

Alat ukur berbagai macam bentuk seperti timbangan, sendok ukur, atau gelas ukur. Gunanya untuk mengukur bahan yang akan di buat menjadi kue kering. Ketika membuat kue kering harus selalu menggunakan takaran yang pas untuk mendapatkan rasa yang pas, maka dari itu di perlukan alat pengukur yang akurat. Gunakan alat pengukur yang sesuai dengan petunjuk resep yang akan Anda olah.

http://g02.a.alicdn.com/

5. Ayakan

Ayakan di gunakan untuk mengayak bahan-bahan kering seperti tepung, cokelat dan lain–lain, agar bahan bersih dan tidak ada kotoran yang tercampur dalam adonan. Pilihlah saringan yang lembut agar bisa menyaring bahan lebih maksimal. Selain itu, saringan tersebut akan memisahkan bahan yang lembut dan yang menggumpal, dengan ini maka akan menghasilkan kue yang maksimal.

http://g02.s.alicdn.com/

6. Spatula

Alat ini di gunakan untuk mengaduk dan mengoles bahan olesan pada permukaan kue. Ada beberapa model spatula, jika menggunakan bahan plastik atau karet, pilihlah gagangnya yang kuat agar tidak mudah patah, namun bagian karet atau plastiknya yang berbahan lentur agar mudah digerak–gerakkan.

https://ecs7.tokopedia.net

7. Cutter

Cutter atau alat pemotong ini terbuat dari stainless steel atau plastik. Cutter mempunyai banyak model, ada yang berbentuk bulat, bunga, oval, ada juga yang berbentuk bulan sabit. Pilihlah cutter sesuai selera dan kenyamanan dalam bekerja. Fungsi dari cutter adalah untuk mencetak adonan kue kering sesuai dengan bentuk yang Anda kehendaki dengan lebih cepat dan praktis.

https://2.bp.blogspot.com

8. Kantong segitiga

Kantong segitiga berbentuk segitiga (piping bag) fungsinya yaitu untuk menghias butter cream dan glasir pada permukaan kue, selain itu juga bisa mencetak adonan kue kering yang lembek, seperti lidah atau saus kering. Cara menggunakanya dengan memotong bagian ujungnya (yang runcing), usahakan jangan terlalu lebar.

Setelah di gunting mulailah menghiasi kue kering sesuai keinginan. Anda juga bisa juga meletakkan spuit dengan beragam motif pada bagian ini untuk menghasilkan bentuk dan hiasan yang berbeda–beda. Agar mudah dalam penggunaan dan tidak terjadinya berantakan maka masukkan adonan kedalam kantong spuit. Setelah itu potong bagian ujung sesuai dengan panjang yang di kehendaki.

https://ecs7.tokopedia.net

9. Loyang

Loyang tersebut terbuat dari banyak jenis bahan, akan tetapi yang paling banyak di gunakan dan banyak di pasaran yaitu yang menggunakan bahan stainless steel atau nonstick pan. Ada yang model baru yaitu dengan bahan silikon, seperti karet atau plastik yang lentur. Loyang tahan dengan panas, karena harus masuk dalam oven. Sebelum menggunakan loyang sebaiknya di olesi dengan margarin atau minyak tetapi jika menggunakan loyang berbahan silikon yang warna-warni tidak perlu di olesi lagi.

http://hargaharga.info/

10. Oven

Jenis oven sangat bervariasi, ada oven  manual, yaitu yang masih menggunan kompor gas, oven gas yang terbaru adalah oven dengan menggunakan daya listrik. Pilih oven sesuai dengan keinginan dan paling nyaman bagi Anda. Sebelum membuat kue sebaiknya oven di panaskan terlebih dahulu dengan suhu sesuai petunjuk dari resep. Jika perlu, gunakan thermometer untuk mengecek suhu yang di tentukan. Ketika kue sudah mulai di oven, pastikan Anda selalu melihat agar kue tidak gosong, bila perlu pasang alarm agar tidak kebablasan.

Dari beberapa peralatan di atas, apakah Anda sudah memiliki semuanya? Untuk menghasilkan kue dengan takaran dan rasa yang pas, Anda wajib memiliki peralatan yang di butuhkan. Alat-alat tersebut banyak dijual di pasaran bahkan sampai media online menjual peralatan–peralatan tersebut.

Salah satunya bisa dilihat di situs belanja online fargo2001.com, di situs ini banyak menyediakan berbagai macam peralatan dapur lengkap yang sesuai dengan yang Anda butuhkan. Tunggu apa lagi, temukan peralatan yang di butuhkan lalu buat kue kering sesuai dengan kreasi Anda sendiri.

Source: femina.co.id

facebooktwittergoogle_plus

Related Articles

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus