Translate »

Waktu Ideal Minum Kopi Agar Waktu Tidur Tidak Terganggu

Kopi adalah salah satu jenis minuman yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain rasa dan aromanya yang khas, kopi juga dikenal dapat membantu untuk menghilangkan rasa kantuk, alasan itu pula yang banyak dipercaya sehingga kopi banyak dikonsumsi sebelum memulai aktivitas.

Namun, dengan efek menyegarkan tersebut, bagaimana bila kopi dikonsumsi dekat dengan waktu tidur Anda? Akankah efeknya membuat Anda melek terus dan sulit untuk tidur nyenyak?

Pics: http://17054-presscdn-0-61.pagely.netdna-cdn.com

Ternyata, untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, waktu minum kopi pun perlu diatur. Dikutip dari Detik.com, menurut penelitian dari Journal of Clinical Sleep Medicine di tahun 2013, menyebutkan bahwa jarak ideal untuk minum kopi dan tidur adalah 6 jam. Senada dengan penelitian tersebut, Harvard Medical School’s Division of Sleep Medicine juga menyebutkan bahwa jarak 4-6 jam cukup ideal untuk minum kopi sebelum tidur.

Namun, setiap orang mungkin memiliki rentang waktu yang berbeda, Anda dapat mencobanya sendiri dengan memulai konsumsi kopi dengan jarak 4 jam sebelum tidur dan lihat hasilnya apakah mempengaruhi waktu tidur Anda atau tidak. Bila menggangu, coba tambahkan selisih waktunya untuk mendapatkan hasil yang paling pas dengan tubuh Anda.

Pics: http://lifecdn.dailyburn.com

Perlu diingat juga bahwa kandungan kafein tidak hanya terdapat pada minuman kopi saja, tetapi juga teh dan minuman bersoda sehingga konsumsi dari jenis-jenis minuman tersebut juga dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda.

Sebagai alternatif, Anda dapat mencoba mengganti kopi dengan minuman lain seperti jus buah bila mulai mendekati jam tidur Anda.

Semoga bermanfaat bagi Anda yang menginginkan level produktivitas tinggi dengan tetap dapat tidur dengan nyenyak di malam harinya.

Source: Detik.com

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

class="now"