Translate »

Yang Harus Dilakukan Dan Dihindari Dalam Membuat Salad

Bagi kebanyakan orang Indonesia, mengkonsumsi salad sebagai hidangan makan utama mungkinlah belum terlalu terbiasa, tetapi di banyak negara lain, salad banyak juga dijadikan sebagai hidangan menu utama makanan.

Pics: http://www.qcumbers.com

Proses pembuatan salad sebenarnya cukup simpel, yaitu dengan memilih variasi dari sayuran segar dan bahan-bahan lain yang akan menunjang rasa dari salad tersebut. Sayangnya, masih banyak orang yang berpikiran dengan mengkonsumsi salad dan menghindari asupan karbohidrat, maka berat tubuh akan secara otomatis langsung terjaga.

Walaupaun salad memang cukup dianjurkan untuk dijadikan salah satu menu diet, jika pengolahan dan konsumsinya tidak tepat, maka tetap saja mempunyai potensi untuk menggangu kesehatan. Jika Anda penasaran apa saja yang harus dilakukan dan dihindari agar salad tetap lezat dan berkhasiat? Berikut adalah beberapa tipsnya:

1. Pilih topping yang menyehatkan seperti buah dan kacang-kacangan

Pemilihan topping sangat penting karena ini dapat menentukan tingkatan kalori yang dikonsumsi. Selain itu, topping juga memberikan tekstur lebih dan penampilan yang cantik sehingga salad menjadi lebih menarik untuk dimakan. Beberapa topping yang perlu dicoba yaitu apel, buah beri, kacang almond, dan sebagainya.

Pics: https://pitchenginelive.blob.core.windows.net

2. Membuat salad Anda sendiri

Terkadang, membeli salad yang sudah jadi di restoran ataupun supermarket memang lebih praktis. Masalahnya, jika Anda tidak menakarnya dengan benar, maka kalori akan dengan mudah bertambah dan menjadi berlebih. Cobalah untuk merencanakan konsep salad apa yang akan Anda buat lalu cari bahan yang pas dengan kebutuhan serat serta diet Anda.

Pics: http://mipizzaaustin.com

3. Padukan beberapa jenis sayuran

Sayuran memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Cobalah untuk berkreasi dengan menambah variasi jenis sayur-sayuran sehingga paduan nutrisinya akan menjadi lebih kaya. Untuk konsumsi salad di siang hari, Anda mungkin boleh menambahkan potongan kentang dan wortel yang selain menambah rasa, juga akan membantu menjaga perut terasa kenyang.

Cobalah untuk hindari:

1. Memasukkan topping yang lezat tetapi tidak menyehatkan

Salad akan terasa lebih lezat jika ditambahkan dengan topping lain seperti keju, daging ataupun irisan bacon. Masalahnya, berapa banyak tambahan kalori yang akan dihasilkan dari topping tersebut? Jika ingin hidangan salad yang lebih menyehatkan, menghindari topping dengan kandungan kalori tinggi sangat dianjurkan, atau gunakan sedikit saja hanya sebagai pelengkap rasa.

Pics: http://fast.ledopizza.com

2. Penggunaan dressing yang berlebihan

Salad juga memerlukan saus untuk menyatukan semua elemen rasa dan dressing bisa digunakan untuk itu. Cobalah untuk menghindari penggunan dressing yang kaya akan lemak seperti ranch ataupun thousand island dressing. Sebaliknya, cobalah dengan dressing yang lebih ringan seperti balsamic vinegar. Jangan langsung menuangkan seluruh porsi dressing ke dalam salad, cobalah untuk menambahkan sedikit demi sedikit asalkan rasa dressing sudah didapat.

Pics: http://healthysaladdressingrecipes.com

3. Penambahan minyak yang berlebihan

Minyak zaitun atau olive oil memang memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, selama dikonsumsi dalam takaran yang benar. Minyak zaitun juga memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi sehingga penambahannya di dalam salad harus dibatasi.

Membuat salad memang prosesnya cukup mudah, hanya saja, menentukan pilihan yang tepat dan sesuai seleralah yang menjadi hambatan. Terkadang, topping dan dressing yang membuat salad menjadi lezat malahan menggangu proses diet Anda.

Demikianlah beberapa tips untuk hal yang sebaiknya dilakukan dan dihindari agar salad yang Anda buat kaya rasa dan nutrisi. Selamat mencobanya sendiri dirumah.

Source: Dari berbagai sumber

Perlengkapan yang eksklusif untuk membuat tampilan salad lebih cantik bisa Anda lihat disini.

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

class="now"


200-125 200-125 exam 200-125 pdf 200-125 200-125 exam 200-125 pdf IY0-120 EX0-118 HP5-K03D HP0-J64 ACA001 QAW1301 GB0-363 HP0-661 000-M72 080-888 A2090-733 E20-465 1Z1-510 MOS-EXP2002 ST0-093 P_SD_64 HP2-N49 HP0-P14 1Z0-414 HP0-P22 JN0-140 000-M230 C2140-637 TM12 LOT-440 P6040-018 HP2-B96 000-899 HP2-E30 EE0-071 C2170-009 VCS-271 RF0-001 1T6-222 A00-280 CBAP JK0-015 HP0-262 CTS-I HP2-E57 HP2-056 E20-001 HP2-H11 642-582 050-ENVCSE01 C_TCRM20_72 1Z1-854 ZJN0-360 650-312 CGEIT ST0-141 646-206 HP2-H30 1Z0-212 FC0-U51 1Z0-223 VCP310-UP-VCP410 251-521 C_HANATEC141 ACSO-L2-REVGEN-02 1Y0-456 ISEB-ITILF 000-170 CAT-200 920-440