Cara Aktifkan Layanan 5G Indosat

Indosat merupakan salah satu provider yang berusaha untuk memberikan layanan 5G bagi para penggunanya. Namun, masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara aktifkan layanan 5G Indosat. Padahal, dengan mengetahui cara tersebut, pengguna bisa mendapatkan beragam keuntungan dari layanan 5G.

Seperti yang sudah banyak diketahui, layanan 5G memiliki beragam keuntungan dibandingkan layanan 4G. Misalnya, 5G sudah mendukung aplikasi atau game yang menggunakan konsep Virtual Reality (VR) ataupun Augmented Reality(AR). Dengan ini pengalaman menggunakan aplikasi maupun game jadi lebih menyenangkan.

Tak hanya itu saja, keuntungan lainnya yang bisa didapatkan oleh pengguna ketika mengaktifkan layanan 5G dari Indosat, kecepatan konektivitas yang dimiliki juga bertambah. Ada kabar yang mengatakan bahwa dengan jaringan 5G, download file dengan size besar hanya butuh waktu beberapa detik saja.

Itu dari sisi penggunaan 5G di smartphone saja. Di sisi lain, 5G juga sudah mengaktifkan fitur auto mobil yang akan membantu pengendara mobil dalam membaca sensor yang ada di jalan. Pembacaan sensor ini, tentu saja sangat bermanfaat untuk mencegah risiko kecelakaan yang tidak diinginkan ketika berkendara.

Nah, saat ini, beragam provider yang ada di Indonesia, berlomba-lomba untuk memberikan layanan 5G bagi para penggunanya. Salah satunya adalah Indosat. Bagi kamu yang menggunakan Indosat, kamu sudah bisa menggunakan dan menikmati layanan 5G yang disediakan.

Namun, masih ada beberapa cara aktifkan layanan 5G Indosat yang harus dilakukan. Penasaran bagaimana caranya? Berikut ini penjelasan lengkap mengenainya.

Cara Aktifkan Layanan 5G Indosat

Cara Aktifkan Layanan 5G Indosat

Cara yang akan diberikan di sini, berdasarkan penuturan langsung dari SVP-Head of Bussines Planning Indosat Ooredo di Solo ketika peluncuran 5G. Silakan simak uraian berikut ini agar kamu bisa segera menikmati layanan tersebut.

  1. Mempunyai Kartu SIM 4G

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan memiliki kartu SIM 4G terlebih dahulu. Nantinya, pihak Indosat akan melakukan update secara menyeluruh pada kartu yang sebelumnya hanya bisa mengakses layanan 4G saja. Jadi, tugas kamu hanya menggunakan kartu tersebut.

Aktivasinya akan langsung dilakukan oleh pihak Indosat. Cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui apakah layanan 5G sudah aktif atau belum, bisa kamu lihat pada bar sinyal yang ada di bagian pojok kanan atas pada smartphone yang digunakan. Jika sudah ada simbol 5G, artinya layanan tersebut sudah bisa kamu gunakan.

  1. Mendatangi Tempat yang Kebagian Jaringan 5G Indosat

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendatangi tempat yang sebelumnya sudah dipilih oleh Indosat. Sederhananya, datanglah ke tempat yang sudah kebagian layanan 5G.

Adapun tempat-tempat yang bisa kamu datangi untuk bisa mengakses 5G dari Indosat yakni Jakarta, Surabaya, Solo, Makassar, dan juga Balikpapan. Selain pada tempat-tempat tersebut, kamu masih belum bisa mengaktifkan dan menikmati layanan 5G yang disediakan oleh Indosat.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, Indosat akan menambah lagi tempat yang akan bisa dikunjungi untuk mengakses layanan 5G hingga seluruh daerah di Indonesia bisa menikmatinya. Cara ini bisa kamu lakukan jika cara pertama sudah kamu selesaikan.

  1. Menggunakan Device yang Sudah Mendukung Layanan 5G

Selanjutnya, kamu juga harus menggunakan device atau smartphone yang memang sudah mendukung layanan 5G. Saat ini, memang hanya ada beberapa device tertentu yang mendukung 5G. Sebab masyarakat Indonesia memang masih banyak yang menggunakan layanan 4G saja.

Adapun device yang sudha mendukung layanan 5G yakni sebagai berikut:

  • Vivo X60 dan Vivo X60 Pro
  • Vivo V21 5G
  • Oppo A74 5G
  • Oppo Reno5 5G
  • Oppo Find X2 dan Oppo Find X2 Pro
  • Oppo Find X3 Pro 5G
  • Samsung Galaxy A32 5G
  • Samsung Galaxy S21 5G
  • Samsung Galaxy S21+ 5G
  • Samsung Galaxy S21 5G Ultra
  • Realme X50 Pro 5G
  • Xiaomi Mi 11 Lite
  • Mi 11 Ultra

Silakan pilih device mana yang memang ingin kamu gunakan. Selain daftar device di atas, kamu masih belum bisa menikmati berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh layanan 5G.

Itulah beberapa cara aktifkan layanan 5G Indosat yang bisa kamu lakukan. Silakan lakukan keempat cara tersebut dan kamu sudah bisa langsung menikmati beragam kelebihan yang ditawarkan oleh layanan 5G.

Mungkin kamu masih bertanya-tanya, kira-kira apa saja yang menjadi kelebihan dari 5G hingga menyebabkan seluruh provider yang ada di Indonesia berlomba-lomba untuk mengembangkannya. Bagi kamu yang penasaran, silakan simak uraian kelebihannya berikut ini, ya.

Kelebihan dari Teknologi 5G

Adapun beberapa kelebihan yang dimiliki oleh 5G dibandingkan 4G atau teknologi generasi sebelumnya, yakni sebagai berikut.

  1. Memiliki Latensi Lebih Rendah

Salah satu kelebihan yang ditawarkan adalah 5G memang memiliki latensi yang lebih rendah. Latensi, merupakan jeda waktu yang digunakan ketika penghantaran data dari pihak pengirim ke pihak penerima ataupun perangkat.

Semakin tinggi latensi, maka respons dari penerima atas perintah dikirim juga akan semakin lambat. Sedangkan semakin rendah latensi, maka respons dari penerima atas perintah dikirim juga akan semakin cepat. Setiap generasi dari teknologi jaringan, tujuan utamanya memang untuk mengurangi tingkat latensi.

Jaringan 5G memiliki latensi kurang dari lima milidetik. Bisa dikatakan, tingkat latensi yang dimiliki oleh 5G ini lebih cepat dibandingkan dengan pemrosesan visual dari manusia. Maka dari itu, 5G sangat memungkinkan untuk mengontrol berbagai perangkat dari jarak jauh secara realtime.

Teknologi ini juga bermanfaat bagi beberapa sektor bisnis, pekerjaan, dan bahkan juga untuk para gamers. 5G, akan memberikan koneksi dengan kecepatan tinggi dan keterlambatan minimal sempurna jika digunakan pada aplikasi VR dan juga AR.

  1. Koneksi Lebih Cepat

Keunggulan lainnya tentu saja adalah koneksi yang diberikan lebih cepat dibandingkan dengan layanan jaringan internet sebelumnya. Bisa dikatakan, peningkatan yang ada dalam 5G memang signifikan dalam hal kecepatan koneksi. Kabarnya, 5G mengalami peningkatan hingga 100x lipat dibandingkan dengan koneksi 4G.

Kecepatan yang dimiliki, kurang lebih 10GBps. Bayangkan saja, dengan kecepatan ini kamu bisa mendownload file dengan size yang besar tanpa perlu menunggu waktu yang lama. Kamu hanya akan membutuhkan waktu beberapa detik saja hingga proses download selesai.

Misalnya saja, ketika kamu mengunduh film dengan resolusi yang tinggi, jika biasanya membutuhkan waktu tujuh menit untuk berhasil mendownloadnya, dengan 5G kamu hanya membutuhkan waktu enam detik saja. Tentu saja, jaringan 5G merupakan alternatif yang paling kuat jika digunakan untuk koneksi broadband cepat.

  1. Bisa Mengendalikan Drone

Ini merupakan kelebihan unik yang dimiliki oleh 5G, yakni bisa digunakan untuk mengendalikan drone. Kamu bisa menggunakannya di beberapa sektor pekerjaan seperti pemetaan, pertanian, bahkan hingga militer.

Hal yang memungkinkannya adalah jaringan 5G yang sangat mulus dan stabil serta bisa mengontrol drone dari jarak jauh dan menampilkannya secara realtime. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan video dengan resolusi yang sangat tinggi.

Itulah beberapa kelebihan yang akan kamu dapatkan jika sudah mengaktifkan fitur 5G yang ada dalam smartphone milikmu. Gunakan beberapa cara yang sudah disebutkan di atas dan nikmatilah perkembangan teknologi jaringan terbaru ini.

Baca Juga: Cara Registrasi Ulang Kartu Indosat

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment