Cara Aktifkan Layanan 5G Telkomsel

Cara Aktifkan Layanan 5G Telkomsel Telkomsel adalah provider pertama yang menyediakan layanan 5G Indonesia. Namun, saat ini masih belum banyak yang mengetahui bagaimana cara aktifkan layanan 5G Telkomsel. Tanpa mengetahuinya, layanan 5G dari Telkomsel tidak bisa kamu dapatkan dan kecepatannya juga berkisar pada layanan yang lebih rendah, yakni 4G.

Banyak orang yang ingin mengaktifkan layanan 5G sebab beberapa keuntungan yang bisa didapatkan. Ada keuntungan berupa konvektivitas yang lebih cepat hingga kemampuannya untuk menghubungkan lebih banyak perangkat. Tak hanya itu saja, masih ada beberapa keuntungan lain yang didapatkan pengguna 5G

Keuntungan Menggunakan Layanan 5G

 Cara Aktifkan Layanan 5G Telkomsel

Seperti yang teah dikatakan di atas, pengguna 5G akan diberikan beberapa keuntungan. Penjelasan lebih lengkap mengenainya, akan diuraikan sebagai berikut:

  1. Efisiensi Monitoring Jarak Jauh

Keuntungan pertama yang bisa didapatkan adalah efisiensi monitoring jarak jauh. Hal ini bisa didapatkan lantaran rendahnya potensi yang dimiliki oleh layanan 5G. Kemampuan latensi ini, dikatakan lebih cepat dibandingkan dengan kemampuan visual yang dimiliki oleh manusia.

Sehingga, pengguna bisa memonitor perangkat lainnya dari jarah jauh tanpa adanya jeda. Sederhananya, kamu bisa memonitor secara realtime. Teknologi ini, tentu saja bermanfaat untuk rumah tangga maupun berbagai kegiatan bisnis.

  1. Mengurangi Lag Dalam Game

Keuntungan kedua yang akan didapatkan oleh pengguna layanan 5G adalah bisa mengurangi tingkat lagging ketika bermain game. Latensi yang rendah dari 5G juga merupakan angin menyegarkan bagi para gamers. Pasalnya, dengan tingkat latensi 5G, bermain game akan sangat menyenangkan lantaran tidak mengalami lag.

Jaringan 5G bisa juga bisa mengoptimalkan aplikasi maupun game yang mengandalkan Virtual Reality (VR) maupun Augmented Reality (AR) lantaran koneksinya yang lebih stabil dan mulus.

  1. Konektivitas yang Lebih Cepat

Keuntungan lainnya yang bisa didapatkan oleh pengguna layanan 5G adalah konvektivitas yang lebih cepat dibandingkan 4G. Tentu saja, konvektivitas yang sangat cepat ini akan membantu penggunanya untuk melakukan beragam aktivitas yang terkoneksi dengan internet.

Misalnya saja, ketika pengguna melakukan pengunduhan terhadap suatu file ataupun dokumen penting, pengguna tidak membutuhkan waktu yang lama hingga proses pengunduhan selesai. Sebab banyak informasi yang mengatakan bahwa pengguna bisa mendownload file size besar hanya dalam waktu beberapa detik saja.

  1. Teknologi Auto Mobil

Keuntungan selanjutnya adalah 5G memiliki teknologi auto mobil. Teknologi ini auto mobil bisa bergerak dengan lebih stabil dan mulus lantaran pemrosesan data bisa dilakukan dalam waktu yang cepat. Kabarnya, kecepatan tersebut bahkan mampu menyamai kecepatan reflek dari manusia.

Tentu saja, hal ini sangat bermanfaat lantaran automobil bisa membaca beragam sensor yang ada di jalan dengan sangat baik. Hasilnya, fitur ini akan mengurangi potensi terjadinya kecelakaan ketika berkendara.

  1. Menghubungkan Lebih Banyak Perangkat

Bisa dikatakan, 5G memiliki keuntungan yang bisa menjembatani jutaan perangkat pada skala kilometer persegi. Setiap perangkat tersebut, bisa memiliki akses berbagai informasi secara realtime. Teknologi ini, bisa menggabungkan seratus perangkat yang dalam waktu bersamaan sedang bertukar data tanpa adanya masalah.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan layanan 5G.

Cara Aktifkan Layanan 5G Telkomsel

Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan layanan 5G dari Telkomsel, bisa kamu pilih sesuai dengan keinginanmu. Beberapa cara yang akan dijelaskan berikut ini, semuanya work dan bisa digunakan untuk mengaktifkan layanan. Penasaran bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini, ya.

  1. Menggunakan Kartu dengan Tipe uSIM

 Cara Aktifkan Layanan 5G Telkomsel

Cara pertama yang bisa digunakan untuk mengaktifkan layanan 5G Telkomsel adalah dengan menggunakan kartu seluler dengan tipe uSIM. Perlu diketahui, kini nomor ponsel pada sejumlah pelanggan memang sudah mendapatkan aktivasi layanan 5G dan secara bertahap, akan terus ditambah.

Jika kamu sudah menggunakan kartu dengan tipe ini, silakan kunjungi halaman www.telkomsel.com/5G. Di laman tersebut, silakan isi form registrasi untuk melakukan aktivasi fitur 5G. Isilah data tersebut sesuai dengan nomor ponsel dari Telkomsel yang kamu gunakan.

Tak hanya itu, di laman tersebut kamu juga bisa memberikan aspirasi sebagai bahan yang digunakan untuk pertimbangan serta pengembangan 5G Telkomsel selanjutnya.

  1. Berada di Lokasi Layanan 5G Telkomsel

Cara lainnya yang bisa kamu gunakan adalah dengan berada di tempat yang sebelumnya sudah mendapatkan layanan 5G dari Telkomsel. Memang, belum seluruh lokasi atau tempat sudah diberikan layanan 5G. Namun, seiring berjalannya waktu, lokasi tersebut akan bertambah agar para pengguna Telkomsel bisa menikmati 5G.

Saat ini, baru ada 9 kota yang bisa mendapatkan layanan tersebut. Adapun kota yang sudah bisa menjangkau layanan 5G dari Telkomsel antara lain yakni Jakarta, Tangerang Selatan, Jawa Barat, Balikpapan, Surakarta, Medan, Makassar, Surabaya, Batam, Bandung, dan juga Denpasar.

Selain itu, layanan 5G juga bisa kamu temukan di GraPARI Bandara Soekarno-Hatta, Pemuda Surabaya, Pettarani Makassar, Renon Bali, Batam Center, Telkom Group Medan, Solo, Balai Kota Solo, dan juga GraPARI Balikpapan. Silakan datang ke tempat tersebut untuk mengaktifkan layanan 5G dari Telkomsel.

  1. Gunakan Smartphone Mendukung 5G

 Cara Aktifkan Layanan 5G Telkomsel

Tak hanya dari pihak Telkomsel saja, kamu juga bisa menggunakan layanan 5G dengan memiliki smartphone yang memang sudah mendukung layanan 5G. Tapi masih perlu diingat, kamu harus memastikan dahulu apakah layanan 5G yang ada di smartphone tersebut masih ter-unlock atau tidak.

Adapun beberapa smartphone yang sudah mendukung layanan 5G tersebut yakni Oppo Reno5 5G, Vivo X60, Huawei Mate 40, Vivo X60 Pro, Realme 8 5G, dan juga Oppo Find X3 Pro 5G.

  1. Pastikan Nomor Ponsel Sudah Teraktivasi Fitur 5G

Cara lainnya yang bisa kamu gunakan adalah dengan cara memastikan bahwa 5G sudah teraktivasi pada nomor ponselmu. Biasanya, kamu bisa melihat aktivasinya pada bar yang terletak pada bagian atas layar smartphone.

Sekadar untuk informasi, pengguna smartphone terlebih dulu harus melakukan unlock pada perangkat yang digunakan agar bisa terhubung dengan jaringan 5G. Biasanya, unlock ini digulirkan oleh OTA atau Over The Air yang biasanya juga disebut dengan pembaruan perangkat lunak.

Jika kamu belum bisa melakukannya sendiri, silakan datang ke tempat layanan dari masing-masing smartphone. Kamu tidak bisa meminta bantuan dari GraPARI untuk mengaktifkannya lantaran memang bukan tugasnya. Datanglah ke outlet atau tempat servis resmi dari ponsel atau smartphone yang dimiliki.

Di sana, mintalah untuk pengaktivan fitur 5G. Cara ini harus kamu lakukan lantaran memang, beberapa ponsel sudah disiapkan untuk mendukung layanan 5G. Namun, lantaran rata-rata masyarakat masih menggunakan jarian 4G, tak heran jika banyak ponsel yang meng-unlock fitur 5G terlebih dahulu.

Mungkin, setelah sudah banyak provider yang menyediakan layanan 5G, semua produksi ponsel akan secara otomatis mengaktivasi layanan 5G yang ada di dalamnya.

Itulah beberapa cara aktifkan layanan 5G Telkomsel yang bisa kamu gunakan. Silakan pastikan bahwa kamu sudah melakukan empat cara tersebut agar layanan 5G dari Telkomsel bisa dijalankan dengan optimal. Semoga membantu.

Baca Juga : Cara Mudah Memperpanjang Masa Aktif Kartu Tri

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment