Cara Atasi HP Cepat Panas

Cara Atasi HP Cepat Panas 100% Work! Serta Penyebab Utamanya – Secanggih apapun ponsel yang Anda miliki pasti memiliki kelemahan, terlebih jika digunakan secara terus menerus tanpa henti. Lambat laun dengan seiringnya waktu kinerja ponsel dan performanya akan semakin berkurang. Sama halnya seperti tubuh manusia ponsel juga bisa mengalami overheat.

Apa itu Overheat?

Cara Atasi HP Cepat Panas

Overheat merupakan suatu kondisi dimana perangkat pada ponsel memiliki suhu yang sangat panas tidak seperti biasanya. Overheat disebabkan oleh banyak faktor salah satunya adalah penggunaan tanpa henti disertai mendownload banyak aplikasi berukuran besar.

Overheat bukan hanya dialami oleh ponsel saja namun semua perangkat apapun yang terdapat mesin didalamnya dapat mengalami peningkatan suhu secara drastis, terlebih jika pengguna tidak pandai dalam merawat dan menggunakannya.

Overheat dapat menyebabkan hp cepat panas selain itu baterai pada ponsel juga semakin boros. Akibatnya akan membuat ponsel overload dan membuat performanya semakin menyusut. Tapi banyak penyebab lain yang dapat membuat suhu ponsel menjadi panas, yakni :

Berikut penyebab HP cepat panas ( overheat ) :

  1. Menggunakan HP sambil dicas

Apakah Anda sering memainkan hp sambil dicas? Entah alasan agar baterai selalu penuh atau memang sedang menunggu baterai yang kosong agar cepat terisi. Semua alasan apapun yang Anda punya tidak membuat kondisi hpmu membaik.

Hal inilah yang memicu kondisi overheat sehingga membuat hp Anda sangat panas bahkan dapat mengalami hang dan force closed secara tiba-tiba. Bukan hanya itu saja, memainkan hp sambil dicas dapat membuat pengguna tersengat aliran listrik yang mengalir ke handphone.

  1. Level brightness terlalu terang

Penyebab hp cepat panas juga bisa dipicu akibat pencahayaan ponsel yang terlalu terang. Selain itu cahaya ponsel yang terlalu terang dapat menyebabkan baterai menjadi boros dan membebani CPU.  Hal ini dikarenakan cahaya yang menyorot pada layar ponsel memiliki tegangan arus volt yang tinggi.

  1. Data yang terus menyala

Pasti Anda pernah mencharger ponsel dalam keadaan data dan teatering aktif. Jaringan internet yang terus menyala dapat menimbulkan daya besar yang dipancarkan ke seluruh komponen ponsel termasuk sistem operasinya. Hal ini justru dapat menyebabkan suhu ponsel yang cepat panas serta borosnya penggunaan daya baterai.

  1. Bermain games dan menggunakan aplikasi tanpa jeda

Seperti yang dikatakan pada awal pembukaan artikel ini bahwa penggunaan ponsel yang dilakukan tanpa henti seperti ; bermain games dan menjalankan aplikasi favorit bersamaan dapat menyebabkan overheat.

Alasannya adalah CPU dalam ponsel memaksa terus bekerja keras untuk mentenagai seluruh komponen ponsel seperti baterai, ram, microsd, dan seluruh aplikasi di dalamnya. Untuk itu beri jeda sedikit sekitar 1 hingga 2 jam dalam menggunakan handphone.

  1. Aplikasi Bermasalah

Biasanya HP cepat panas diakibatkan karena aplikasi bermasalah seperti ; file cache yang menumpuk serta bug yang membuat aplikasi yang dijalankan terhenti. Akibat bug yang membuat prosesor terlalu banyak bekerja inilah yang menimbulkan kondisi overheat.

Apa Bahaya dari Overheat?

Setiap ada masalah pasti menimbukan bahaya sama seperti ponsel yang mengalami overheat. Jika Anda membiarkan kondisi suhu HP terus menerus panas sepertinya Anda harus

mengetahui dampak akibat overheat, seperti :

  1. HP yang panas bisa berujung ledakan
  2. Dapat membuat kerusakan pada hardware dan komponen penting dalam ponsel
  3. Membuat sejumlah aplikasi yang dijalankan terhenti secara tiba-tiba ( force closed )
  4. Baterai akan mengalami kerusakan dan membuatnya semakin boros ketika digunakan
  5. Kemungkinan terjadinya bootloop

Lalu Bagaimana Cara Atasi HP Cepat Panas?

Cara Atasi HP Cepat Panas

Jika Anda sudah tahu apa penyebab hp cepat panas serta bahayanya, jangan dulu langsung membawanya ke tempat servis. Lakukan kelima langkah dibawah ini untuk mengatasinya :

  • Mengatur pengaturan ponsel

Smartphone memiliki menu pengaturan untuk mengatur berbagai fitur penting di dalamnya. Ketika suhu ponsel Anda terasa sangat panas, tak ada salahnya pergi ke menu pengaturan untuk mengatur :

  • Tingkat cahaya latar belakang agar tak terlalu terang

Pengguna bisa mengatur pencahayaan layar dan latar belakang sesuka hati, biasanya tingkat kecerahan lebih dari 70% akan membuat penggunaan daya baterai boros serta menyebabkan suhu hp terasa panas.

Oleh karena itu aturlah tingkat kecerahan minimal 40% jika Anda berada di dalam ruangan. Tapi jika berada di luar ruang, Anda bisa mengatur kembali hingga 68% atau menggunakan fitur pencahayaan otomatis agar dapat disesuaikan dimana Anda berada.

  • Cara Atasi HP Cepat Panas, Mematikan teatering dan data

Ada baiknya Anda mematikan teatering atau data internet yang selalu aktif terutama ketika ponsel ingin dicas. Pasalnya jika Anda lupa mematikan kedua fitur internet ini dapat menyebkan ponsel sangat panas bahkan membuat penggunaan baterai cepat habis meski ponsel tidak digunakan.

  • Menonaktifkan aplikasi yang tak terpakai

Aplikasi yang tak terpakai juga dapat membuat hp panas hingga mengalami overheat. Alasannya karena sejumlah aplikasi yang tak terpakai membuat tingkat penggunaan background apps semakin tinggi sehingga membuat beban kinerja meningkat 3 kali lipat.

  • Cara Atasi HP Cepat Panas, Jangan mainkan hp sambil dicas

Baterai dan charger adalah komponen penting smartphone yang mempunyai peran besar terhadap daya pacu ponsel dalam menjalankan seluruh aplikasi di dalamnya. Saat bateraimu habis dan dipaksakan bermain sambil dicas jangan kaget jika tiba-tiba suhu hp terasa panas.

Apalagi ditambah daya baterai 2% Anda tetap memaksakan penggunaan charger untuk menelpon, bahkan bermain games, inilah yang membuat baterai semakin cepat rusak apalagi baterai removable sangat sulit diganti jika mengalami kerusakan. Silahkan tekan *#*#4636#*#*, Anda akan mendapatkan informasi mengenai  performa baterai.

  • Download aplikasi pendingin CPU ponsel

Sayangnya banyak pengguna yang tidak percaya dengan aplikasi pendingin temperatur ponsel. Padahal kenyataannya aplikasi ini dapat mengatasi hp panas secara instan. Adapun kelebihan lainnya mampu membuat daya penggunaan baterai lebih tahan lama.

  • Cara Atasi HP Cepat Panas, Jeda penggunaan HP minimal  30 menit

Hampir 50% sebagian orang menggunakan ponsel selama 24 jam tanpa henti. Kebanyakan dari mereka memainkan ponsel untuk bermain games dan berselancar di sosial media. Hal inilah membuat HP panas  dan daya baterai terkuras.

Ideal pemakaian ponsel dalam 24 jam adalah memberinya jeda minimal 30 menit. Setelah itu letakkan HP di laci atau tempat yang jauh dari paparan cahaya apapun. Dengan begitu CPU ponsel akan menurun sehingga overheat bisa dikendalikan.

  • Cara Atasi HP Cepat Panas, Hapus file sampah secara berkala

Bugs dan cache dapat mengakibatkan suhu ponsel memanas. Selain itu berbagai sampah yang menumpuk di setiap aplikasi yang Anda gunakan membuat CPU dan RAM tidak bisa bekerja secara optimal. Akibatnya HP menjadi overheat serta menurunnya kinerja pada baterai dan performa.

Untuk mengatasinya Anda perlu mengunduh super clean di google playstore atau menghapus satu persatu cache di menu pengaturan. Dengan itu Anda tak perlu takut HP tiba-tiba mengalami overheat.

Baca Juga : Cara Memperbaiki HP Yang Tidak Ada Suaranya

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment