Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Shopee

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Shopee Zaman sudah semakin canggih. Kini membayar BPJS sudah bisa dilakukan melalui online, salah satunya via Shopee. Namun, masih banyak orang yang bertanya cara bayar BPJS kesehatan lewat shopee.

Alih-alih tidak ingin uang mereka salah sasaran, membiarkan BPJS kesehatan tetap aktif memang sangat membantu di kala pemiliknya sakit. Namun, modernnya digitalisasi membuat beberapa orang masih merasa bingung.

Karena sekarang sudah ada mbah Google, Anda bisa menanyakan bayar BPJS lewat shopee, seperti yang tertuang dalam artikel ini.

Tidak perlu mengetahui banyak sumber untuk menemukan cara bayar BPJS kesehatan yang dilakukan secara online. Sejatinya Anda sudah menemukan artikel ini maka pertanyaan Anda jelas terpenuhi.

Bayar BPJS lewat shopee terbilang mudah, kok. Banyak yang sudah mengetahuinya sehingga tidak segan beberapa di antaranya membagikan pengetahuan mereka. Seperti lewat perantara artikel yang satu ini.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Shopee

Apa Itu BPJS Kesehatan

Sebelum memasuki penjelasan yang lebih lanjut, ada baiknya kita tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan BPJS kesehatan. Jadi, BPJS Kesehatan bisa dikatakan juga sebagai Badan Hukum Publik yang memiliki tanggung jawab pada presiden dalam tugas kesehatan.

Cara bayar BPJS kesehatan lewat shopee memang tidak terlepas dari pembahasan pengertiannya. Karena Anda harus tahu dulu apa itu BPJS, baru membahas lebih lanjut mengenai BPJS ini. Bahkan kami akan membahasnya sampai ke fungsi beserta keuntungannya.

Tentang BPJS kesehatan nyatanya bukan hanya ditujukan pada golongan tertentu saja, melainkan diperuntukan bagi warga sipil seperti pensiunan, PNS, anggota TNI atau POLRI, rakyat biasa, sampai keluarga perintis kemerdekaan.

Menanyakan seputar bayar BPJS lewat shopee, ternyata tidak lepas ula dari bagaimana BPJS dahulunya ada. Dulu bukan BPJS namanya, melainkan jamsostek yang masuk dalam program pemerintah dan baru diresmikan pada 31 Desember 2013.

Sementara itu, sejak tahun 2014 BPJS kesehatan pun pada akhirnya mulai beroperasi. Beriringan dengan hal tersebut, pada tahun 2015 BPJS ketenagakerjaan pun mulai berjalan.

Apa Fungsi BPJS Kesehatan?

Kalau sudah ingin tahu bayar BPJS lewat shopee memang tidak lengkap kalau tidak tahu apa fungsi sebenarnya dari benda ini. Adapun bagi Anda yang ingin tahu fungsinya sesuai pada UU No 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara jaminan Sosial.

BPJS kesehatan memiliki fungsi sebagai membuka program jaminan kesehtaan. Ada lagi UU no 40 tahun 2004 yang mengungkapkan arti mengenai Sistem Jaminan Nasional bahwa tersedianya jaminan kesehatan.

Sebelum mengetahui bayar BPJS lewat shopee, Anda juga perlu tahu kalau BPJS ini sudah diselenggarakan secara nasional dengan menggunakan prinsip berupa asuransi social serta prinsip ekuitas.

Adapun tujuannya sendiri tidak lain adalah untuk menjamin setiap peserta supaya mendapatkan pemanfaatan pemeliharaan kesehatan beserta perlindungan guna terpenuhnya kebutuhan dasar dan juga kesehatan. Maka ringkasan dari fungsi tersebut bisa kita tahu di bawah ini.

  1. Menerima pendaftaran peserta
  2. Mengumpulkan iuran peserta serta pemberi kerja
  3. Menerima bantuan yang diberikan oleh pemerintah
  4. Pengelolaan dana jamsos (jaminan social) guna kepentingan bersama
  5. Pengumpulan dan pengelolaan data peserta program jamsos (jaminan social)
  6. Membayarkan manfaat dalam pelayanan kesehtaan berdasarkan program jamsos (jaminan soaial)
  7. Memberi info sejumlah penyelenggara program jamsos pada masyaralat atau peserta

Keuntungan Memiliki BPJS Kesehatan

Cara bayar BPJS kesehatan lewat shopee memang sangat perlu diketahui. Sebab dengan demikian siapa pun jadi bisa mengikuti perkembangan zaman. Selain itu, memiliki pengetahuan ini akan membantu dalam memudahkan segala pekerjaan.

Akan tetapi, dalam sub bab kali ini kami akan bahas hal lain. Seperti halnya keuntungan atau manfaat yang bisa diambil oleh para pemilik BPJS Kesehatan. Apakah Anda salah satu pemiliknya? Kalau begitu, selamat! Keuntungan inilah yang akan didapatkan.

  1. Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit berat dan sering kali harus ke dokter, beruntuglah memiliki BJPS. Selain dimudahkan oleh cara bayar BPJS kesehatan lewat Shopee, ternyata BPJS mendukung segala pembayaran jenis penyakit.

Mulai dari Anda yang memiliki riwayat sakit jantung, sakit asma, sakit stroke, sakit kanker, sakit diabetes mellitus, sakit katarak, vertigo, dan lain sebagainya. Terlebih zaman ini dimudahkan cara bayar BPJS kesehatan lewat shopee.

  1. Harga biaya yang harus dibayarkan setiap bulannya termasuk murah. Anda bisa langsung memperpanjang masa aktif kartu BPJS. Di samping itu, proses pembayarannya pun terbilang mudah.

Di zaman digitalisasi seperti ini kita bisa memanfaatkan penggunaan teknologi guna membayar BPJS. Salah satunya melakukan pembayaran via e-comerce shopee. Wajar saja banyak yang menayakan bagaimana cara bayar BPJS lewat Shopee.

  1. Anda yang ingin memiliki BPJS sejatinya tidak perlu melakukan medical check up, lho! Hal ini tidak seperti asuransi swasta yang mengharuskan calon penggunanya melakukan check up terlebih dahulu guna mengetahui kondisi kesehatannya.

Di samping itu, meski di zaman modern ini sudah beralih ke bagaimana bayar BPJS lewat shopee, nyatanya Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk iuran yang ditujukan sesuai jenjang social.

  1. BPJS kesehatan ternyata memiliki keuntungan lainnya. Apa lagi kalau bukan berlaku hingga seumur hidup. Ternyata BPJS kesehatan ini bisa berlaku hingga 100 tahun bagi pemiliknya.

Di samping kemunculan cara bayar BPJS kesehatan lewat shopee, nyatanya manfaat BPJS sangat terlihat dalam menjamin kesejahteraan masyarakat atau pemiliknya.

  1. Misalkan Anda terserang penyakit dan mengharuskannya untuk melakukan rawat jalan, dengan BPJS maka akan mendapatkan keringanan. Jelasnya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya banyak sebab BPJS bisa digunakan untuk metode ini.

Adapun agar masa aktifnya bisa berlangsung lama Anda bisa memperpanjangnya dengan bayar BPJS lewat shopee. Selain mudah, murah, praktis lagi!

Cara Bayar BPJS Kesehatan lewat Shopee

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Shopee

Sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan BPJS kesehatan dan bagaimana tahu manfaat yang ada di dalamnya, kini Anda juga harus tahu cara melakukan pembayaran via shopee. Sejatinya memang tidak sulit, namun sejumlah langkah ini tidak boleh dilewatkan.

  1. Silakan Buka aplikasi Shopee, pastikan sudah melakukan isntalasi dan login
  2. Pada bagian beranda Shopee terdapat beberapa piliha, silakan klik menu pulsa, hiburan dan tagihan
  3. Masuk ke proses pembayaran, silakan inputkan nomor VA keluarga yang telah dipilih berdasarkan periode atau bulan pembayarannya
  4. Lihat pada bagian tagihan, lakukan pengecekan tagihan yang perlu dibayarkan
  5. Tekan icon lanjut
  6. Terdapat beberapa metode pembayaran, silakan klik salah satu metode pembayaran yang diinginkan. Selesai.

Itulah beberapa informasi mengenai cara bayar BPJS kesehatan lewat Shopee. Pastinya sebagai orang yang hidup di masa teknologi memang harus mengikuti perkembangannya.

Baca Juga : Cara Cek Bantuan UMKM

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment