Cara Berbagi Wifi Dengan Kode QR

Cara Berbagi Wifi Dengan Kode QR – Berbagi wifi memang hal yang mudah untuk dilakukan apalagi dijaman yang semua gadgetnya saat ini sudahlah canggih. Namun tahukah anda mengenai cara berbagi wifi dengan kode QR?

Nah jika anda saat ini memiliki ponsel yang sistemnya sudah Android 10 tentu saja pastinya saat ini anda sudah bisa berbagi jaringan wifi dengan orang terdekat anda dengan memakai kode QR dengan praktis dan efisien.

Namun, spesialnya ialah orang lain yang mendapatkan kata sandi wifi dari kode QR anda tidaklah perlu menggunakan ponsel Android 10 juga lho. Selain itu anda juga dapat membagikan kode ini dengan pengguna iPhone. Menarik bukan?!

Di situasi pada umumnya, hal ini tentu telah menjadi cara tercepat untuk membagikan kata sandi Wi-Fi Anda. Jadi anda tidak perlu berlama-lama lagi atau kerepotan membagikan kata sandi, cukup dengan kode QR saja.

Misalnya, ketika pengguna lain mungkin lupa dengan kata sandi WiFi mereka, mereka akan menanyakan itu kepada orang lain misalnya bertanya seperti ke kerabat dekat dengan cara meminta izin untuk menggunakan jaringan WiFi.

Yang mana disisi lain, mungkin sebetulnya pemilik jaringan enggan membocorkan kata sandi pengguna karena takut jika hal tersebut membuat jaringan WiFi jadi rentan terhadap peretas dan dapat menimbulkan hal yg tidak diinginkan lainnya.

Nah situasi seperti inilah yang dimana pengguna tidak dapat membagikan kata sandi tersebut tentunya dengan mudah dapat ditangani oleh kemampuan si fitur Android untuk menyediakan kode QR untuk berbagi jaringan WiFi yang bisa dibagikan..

Nah untuk penjelasannya yang lebih rinci, berikut ini ialah beberapa cara atau metode untuk berbagi password Wi-Fi ponsel Android melalui yakni kode QR.

Cara Berbagi Wifi Dengan Kode QR

Pertama-tama dalam memunculkan kode QR hal yang perlu dilakukan ialah dengan cara ponsel pengguna mula-mula harus terhubung dengan jaringan WiFi. Siapkan dan nyalakan ponsel Android anda kemudian bukalah fitur Pengaturan.

Jika pengaturan tadi sudah terbuka, anda bisa langsung scroll ke bawah dan memilih daftar opsi yang berkaitan dengan kegunaan ponsel lalu pilihlah ‘Jaringan dan / atau Internet’.

Setelah itu klik opsi tersebut untuk membuka halaman kegunaan atau fungsi baru. Jika sudah anda bisa mengklik pilihan menu atau fitur Wi-Fi.

Nantinya anda akan melihat nama jaringan WiFi yang saat ini anda gunakan yang tertera pada halaman baru tersebut pada layar monitor ponsel anda.

Kemudian, di sebelah nama jaringan WiFi tersebut terdapat sebuah ikon ‘roda gigi’ atau gear. Klik ikon tersebut agar Pengaturan WiFi dapat terbuka. Jika sudah, maka ketuklah tombol ‘Bagikan’ atau ‘Share’ yang biasanya tertera berwarna biru.

Nah nanti akan ada jendela baru yang akan muncul. Bila sudah muncul anda bisa langsung memasukan kode atau kata sandi pengguna untuk memverifikasi bahwasannya pengguna tersebut ialah juga si pemilik ponsel.

Kemudian kode QR nanti akan muncul pada layar ponsel anda. Nah, pada ponsel Android, jika orang yang ingin pengguna berikan kode QR dapat membuka yakni fitur Pengaturan.

Setelah Pengaturan tersebut terbuka selanjutnya pilihlah opsi menu yang bertuliskan kurang lebih seperti ‘Jaringan dan Pengaturan’ kemudian jika sudah anda bisa membuka yakni daftar jaringan WiFi yang ada atau tersedia.

Jika sudah, anda bisa langsung men-scroll ke bawah dengan melihat daftar kemudian pilihlah opsi yakni ‘Tambahkan Jaringan’, lalu ketuk ikon kode QR yang berwarna biru yang tertera disana dan biasanya berada tepat disebelahnya.

Setelah semua rangkaian dilakukan, langkah terakhir ialah anda bisa mengarahkan ponsel anda ke kode QR milik pengguna dan nanti secara otomatis hal tersebut akan saling menghubungkan jaringan WiFi pengguna.

Memakai cara barusan secara umum dapat berhasil, namun bagi sebagian orang yang jenis device-nya berbeda dan lebih up to date sehingga tidak bisa menggunakan cara ini, bisa jadi dengan cara selanjutnya lebih efektif, silahkan dicoba.

Cara Mendapat Passwordnya

Untuk mendapat password, pada ponsel anda yang sistemnya yang khususnya sudah Android 10, anda bisa membuka fitur Settings atau Pengaturan kemudian carilah opsi ‘Jaringan & Internet’ jika sudah klik opsi selanjutnya yaitu ‘Wifi’.

Selanjutnya, silahkan anda pilih jaringan WiFi anda yang saat ini ada di daftar, sebagai catatan bahwa ini hanya dapat berfungsi untuk jaringan yang sedang berjalan saat ini.

Kemudian anda bisa mengklik ‘Bagikan’ pada ikon yang menyerupai kode QR. Nah nantinya anda akan diminta untuk memindai sidik jari (finger print) anda atau bisa juga anda untuk memasukkan PIN Anda.

Nah jika sudah memindai oleh Pemindai dan jika tidak ada halangan apapun, maka kode QR (passwordnya) akan langsung segera terlihat oleh anda.

Cara Berbagi Wifi Dengan Kode QR

Cara Berbagi Wifi Dengan Kode QR

Saat ini kerabat anda yang ingin menggunakan WiFi hanya memerlukan pemindaian kode QR tersebut agar dapat terhubung ke Wifi milik anda tentunya.

Nah, jika kerabat anda tersebut menggunakan iPhone atau mungkin Pixel, maka seperti metode yang sebelumnya telah dijelaskan, kerabat anda hanya perlu membuka aplikasi kamera saja kemudian arahkan ke Kode QR milik anda.

Jika sudah itu akan otomatis mengarahkan atau menampilkan ke password wifi dan juga biasanya akan terhubung dengan otomatis ke WiFi yang diinginkan tersebut.

Nah namun, jika kerabat anda tersebut yakni menggunakan ponsel android yang berbeda atau dengan kata lain bukan android 10 keatas, maka mungkin saja kerabat anda tidak memiliki fungsi dalam memindai QR kode pada aplikasi mereka.

Nah jika hal terebut terjadi maka seperti yang sebelumnya telah dijelaskan, kerabat anda tersebut perlu atau membutuhkan alat atau aplikasi pemindai atau scan dari pihak ketiga.

Dengan kata lain kerabat anda perlu mendownload atau menginstal aplikasi khusus untuk memindai atau yang bekerja sebagai alat khusus men-scan.

Kerabat anda dapat mendownload aplikasi-aplikasi yang dimaksud seperti aplikasi QR Code Reader atau Scanner oleh Kaspersky Lab, atau bisa juga seperti CamScanner dan masih banyak lagi aplikasi yang serupa yang kegunaannya sama.

Rekomendasikan aplikasi-aplikasi kepada kerabat anda atau mungkin anda jika membutuhkannya. Cukup hanya dengan menginstal dan membuka aplikasi tersebut jika sudah arahkan kamera dari aplikasi pemindai ke layar anda.

Atau layar yang memiliki QR Code (Kode QR). Tak perlu memakan waktu yang lama, hanya dalam satu detik kode QR tersebut akan langsung terproses dengan sendirinya dengan mengklik ‘Connect’ untuk bergabung dengan jaringan WiFi tersebut.

Hal tersebut bisa terbilang satu dari sekian banyak fitur baru yang efisien pada android 10. Nah bisa jadi banyak perubahan baru terjadi namun inti caranya tetaplah sama.

Semoga pembahasan tadi dapat membantu dan memudahkan anda untuk berbagi WiFi dengan kode QR. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

Baca Juga : Cara Membagikan Wifi Dari Hp Ke Hp

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment