Cara Broadcast WhatsApp

Cara Broadcast WhatsApp – Siapa yang tidak tahu whatsapp? Aplikasi chat yang sangat terkenal ini merupakan media bagi hampir seluruh orang di dunia untuk menjalin komunikasi satu sama lain. Meskipun banyak aplikasi chat lain yang bisa menjadi pilihan, whatsapp tetap menduduki peringkat pertama sebagai aplikasi chatting yang paling sering digunakan. Bukan tanpa alasan, banyak pengguna whatsapp yang setia dengan aplikasi satu ini karena memang fitur yang ditawarkan sangat membantu mereka dalam berbagai hal.

Hal ini terbukti dari banyaknya fitur yang bisa anda gunakan pada aplikasi whatsapp, seperti grup chatting, video call, video call grup, voice note, status whatsapp, pesan broadcast, dan lain sebagainya. Semua fitur tersebut didukung dengan layar interface yang sederhana dan mudah dipahami. Sehingga tidak heran banyak orang yang lebih memilih whatsapp sebagai media komunikasi mereka.

Pada artikel ini, akan dibahas mengenai salah satu fitur whatsapp yang sangat berguna dan memudahkan pekerjaan anda tentunya, yaitu pesan broadcast. Dengan menggunakan pesan broadcast anda tentu lebih menghemat waktu dan tenaga untuk memberitahu suatu pengumuman kepada orang banyak. Anda tidak perlu lagi mengirimkan pesan satu per satu kepada seluruh kontak di hp. Bayangkan jika kontak anda mencapai puluhan bahkan ratusan orang, sangat tidak mungkin mengirimkan pesan sebanyak itu dalam waktu singkat.

Solusinya, anda harus menggunakan pesan broadcast. Jika anda belum tahu mengenai pesan broadcast, pada artikel ini akan dijelaskan mengenai hal tersebut, serta bagaimana cara broadcast whatsapp. Simak terus artikel ini hingga akhir untuk menemukan penjelasannya.

Apa Itu Pesan Broadcast Whatsapp?

Kata broadcast berasal dari bahasa Inggris yang artinya penyiaran. Ada banyak contoh penyiaran yang dimaksud, bisa berupa sinyal satelit, data, dan lain-lain.

Jadi pesan broadcast memiliki arti, sebuah informasi yang disiarkan secara paralel pada beberapa orang sekaligus dalam waktu yang sama. Informasi ini dapat berupa data, dokumen, video, audio, dan lain sebagainya.

Broadcast juga biasa dikenal dalam media komunikasi dan informasi sebagai suatu pekerjaan dalam bidang penyiaran informasi atau berita kepada masyarakat luas.

Cara inilah yang digunakan whatsaap pada fitur di aplikasinya. Dengan whatsapp, anda bisa mengirimkan pesan broadcast ke semua kontak dengan mudah.

Terlebih lagi aplikasi ini dapat digunakan secara gratis, sehingga pesan broadcast whatsapp lebih efisien dibanding memberi flyer, undangan, atau pengumuman manual lainnya.

Bagaimana Cara Broadcast Whatsapp?

Cara Broadcast WhatsApp

Siapa saja dapat mengirimkan broadcast dari whatsapp. Baik itu anda pengguna baru ataupun pengguna setia whatsapp. Namun ada beberapa persyaratan umum yang harus anda penuhi jika ingin mengirim pesan whatsapp dengan mudah dan tidak memunculkan masalah setelahnya.

  • Pertama, pastikan anda sudah menyimpan semua kontak orang yang akan anda kirimkan broadcast di hp anda,
  • Maksimal kontak yang bisa anda kirimkan broadcast hanya 256 orang,
  • Jangan mengirim pesan sekaligus ke 256 kontak, disarankan membaginya beberapa sesi agar tidak dikira spam oleh pihak whatsapp.
  • Tidak diketahui secara pasti berapa batasan panjang teks yang bisa anda kirimkan, tetapi berdasarkan pengalaman pengguna, mereka bisa mengirimkan pesan teks sepanjang yang mereka inginkan.

Setelah mengetahui aturan diatas, anda dapat menyiapkan teks yang akan dikirimkan melalui pesan broadcast whatsapp.

Jika anda ingin mengirim dokumen dalam format berbeda, silakan klik file attachment. Anda juga bisa mengirimkan video dan foto nantinya.

Usahakan dokumen yang anda kirim memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Tambahkan juga beberapa teks saat anda mengirim dokumen.

Berikut cara broadcast whatsapp beserta langkah-langkah yang harus anda lakukan saat mengirimkan pesan tersebut,

  • Pertama, tentu saja anda harus membuka aplikasi whatsapp terlebih dahulu,
  • Setelah masuk pada laman utaman, klik menu titik tiga di pojok kanan atas,
  • Berikutnya akan ada beberapa menu yang ditampilkan, pilih new broadcast atau siaran baru,
  • Kemudian anda harus memilih kontak yang akan dikirimkan broadcast, dengan jumlah paling banyak 256 kontak,
  • Setelah itu, klik icon centang
  • Berikutnya akan terbuka halaman baru berupa ruang chat untuk mengetikkan pesan anda,
  • Ketikkan pesan dan pilih dokumen yang akan anda kirimkan, anda juga dapat menyisipkan kontak dan location,
  • Jika sudah, review kembali pesan anda untuk memastikan semuanya sudah benar,
  • Klik send, dan pesan anda akan dikirim ke semua kontak yang dipilih.

Jika anda adalah pengguna iPhone, tentu saja ada sedikit perbedaan dengan cara broadcast whatsapp di android, berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan pengguna ios,

  • Buka aplikasi whatsapp di hp anda,
  • Lalu anda akan membuka halaman chats,
  • Selanjutnya klik Broadcast Lists di bagian kiri atas,
  • Kemudian pilih new lists, masukkan beberapa kontak yang akan anda kirimkan broadcast whatsapp,
  • Setelag itu, anda akan masuk ke ruang chat pesan broadcast,
  • Ketik pesan uanh anda inginkan, tambahkan juga dokumen, foto, video, kontak, atau lokasi jika diperlukan,
  • Terakhir klik send, dan pesan anda akan terkirim.

Setelah mengirimkan pesan broadcast, anda bisa mengubah daftar kontak broadcast saat ingin mengirimkan pesan, tambahkan atau hapus beberapa kontak untuk mengirimkan broadcast lainnya, dengan cara:

  • Buka aplikasi whatsapp, klik broadcast list anda,
  • Atau langsung menuju ruang chat broadcast anda sebelumnya,
  • Klik icon i, yang berisi informasi mengenai ruang chat broadcast anda,
  • Lalu akan muncul info mengenai broadcast,
  • Pilih edit list, dan tambahkan atau hapus kontak yang anda inginkan.

Apa saja keuntungan membagikan pesan dengan cara broadcast whatsapp?

Sebenarnya keuntungan yang anda dapatkan ada banyak sekali. Selain menghemat waktu, anda juga tidak perlu membuang tenaga untuk mengirimkan pesan satu per satu pada kontak anda.

Selain itu, anda juga tidak harus menyalin dan menempel pesan secara berulang-ulang, atau menyisipkan dokumen ke setiap ruang obrolan, cukup di chat room broadcast saja.

Anda juga bisa menambahkan atau mengurangi daftar kontak yang ada pada broadcast list, sehingga apabila pesan broadcast perlu dibagikan pada lebih banyak orang, anda tidak perlu membuat list dari awal lagi.

Saat penerima menerima pesan, tidak akan diberitahukan bahwa pesan tersebut adalah broadcast. Sehingga akan dianggap pesan personal biasa.

Keunggulan lainnya, anda dapat melihat siapa saja yang sudah menerima dan membaca pesan broadcast yang dikirimkan.

Demikian penjelasan mengenai cara broadcast whatsapp yang ternyata sangat mudah dan memberikan banyak kemudahan pada penggunanya.

Tidak hanya chat personal, whatsapp bisa anda jadikan sebagai media profesional untuk membantu pekerjaan anda agar diselesaikan dengan cepat dan efisien.

Perlu diingat, gunakanlah fitur broadcast whatsapp untuk mengirimkan pesan-pesan yang positif, jangan sampai menggunakan bahasa yang tidak sopan, atau pesan spam.

Karena pihak whatsapp bisa saja memblokir akun anda jika adanya laporan bahwa nomor whatsapp yang anda gunakan sering mengirimkan pesan spam.

Semoga artikel ini membantu anda, jangan lupa praktekkan langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya ya.

Baca Juga: Cara Menonaktifkan Panggilan Whatsapp

5/5 - (765 votes)

Leave a Comment