Cara Cek Bantuan UMKM

Cara Cek Bantuan UMKM – Saat membahas tentang bisnis memang tidak akan ada habisnya karena usaha sekecil apapun kita sudah dapat tergolong telah melakukan bisnis. Hal tersebut tentu saja memperoleh support dari pemerintah dengan adanya suatu program yang bernama usaha kecil mikro dan menengah. Pada artikel kali ini kita akan membahas UMKM dan bagaimana cara cek bantuan UMKM dari program pemerintah.

Mulai dari tentang apa sih pengertian UMKM bagaimana cara memperoleh atau mendaftar sebagai usaha resmi. Faktanya masih banyak sekali masyarakat Indonesia yang belum memahami apa itu UMKM. Jika dilihat dari pengertiannya UMKM yaitu perusahaan kecil yang seseorang atau sekelompok kecil orang kelola serta mereka miliki.

Dengan jumlah kekayaan serta pendapatan tertentu yang mana informasi ini telah ada pada undang-undang nomor 20 tahun 2008. Adanya suatu perdebatan mengenai undang-undang ini sebenarnya bukan dalam rangka membantu menggolongkan ataupun mengkategorikan suatu usaha yang warga miliki. Namun hal tersebut untuk mempermudah masyarakat Indonesia dalam mengelola kekayaan serta melakukan bisnis dengan kategori yang jelas.

Jika Anda pernah mendengar apa sebenarnya perbedaan antara UKM dan UMKM. Sebenarnya jika kita lihat dari kepanjangannya UKM adalah usaha kecil mikro sedangkan UMKM kepanjangan nya yaitu usaha kecil mikro dan menengah. Perbedaan yang paling signifikan yaitu dari segi kekayaan bersih serta omzet usahanya.

Jika usaha kecil mempunyai omset lebih dari 300 juta nah sedangkan usaha mikro mempunyai hasil penjualan tahunan paling banyak 300 juta dengan tambahan kekayaan bersih. Usaha mikro paling besar 50 juta sedangkan usaha kecil mulai dari 50 juta sampai 500 juta saja. Hal tersebut pernah melalui perhitungan yang matang karena adanya kategori untuk membantu membedakan antara UKM serta usaha mikro.

Tak hanya perbedaan antara UKM serta usaha mikro yaitu dari segi jumlah karyawan yang bekerja pada tempat usaha tersebut. Berikut ini beberapa informasi lengkap dan terperinci mengenai usaha kecil mikro dan menengah yang perlu Anda ketahui.

Maksud dari adanya usaha mikro kecil dan menengah

Cara Cek Bantuan UMKM

Tujuan pertama

Tujuan yang pertama yaitu untuk menumbuhkan serta membantu mengembangkan kemampuan. Yang mana agar usaha mereka dapat terlaksana dengan baik serta dapat berjalan dengan tangguh dan mandiri.

Tujuan kedua

Tujuan yang kedua yaitu meningkatkan adanya pemasukan serta struktur perekonomian negara karena dengan semakin banyak perusahaan serta lapangan kerja yang muncul. Otomatis akan semakin mengurangi kemungkinan tingginya angka pengangguran. Tak hanya itu saja, hal ini juga akan memperbaiki struktur perekonomian dan pemasukan yang dimiliki setiap individu pada negara Indonesia

Tujuan ketiga

Tujuan ketiga yaitu membantu mengurangi jurang kemiskinan serta perbedaan dalam hal pendapatan. Dan material yang yang warga negara Indonesia memiliki sehingga mampu menyetarakan kesejahteraan.

Tujuan keempat

Tujuan keempat yaitu memberikan kesempatan untuk masyarakat Indonesia yang mempunyai kemampuan atau skill pada bidang untuk dapat mengembangkan keahlian. Dengan berkembangnya keahlian tersebut akan berguna dan akan menjadi suatu karya yang bermanfaat untuk banyak orang.

Tujuan kelima

Tujuan yang terakhir dengan adanya usaha ini adalah membantu masyarakat Indonesia untuk dapat memiliki perusahaan atau usaha yang mereka idamkan. Sehingga warga negara Indonesia dapat mengatur serta mengelola peraturan pendapatan serta mendirikan adanya waktu kerja sesuai dengan keinginan. Dengan adanya usaha yang masyarakat didirikan otomatis kesempatan masyarakat Indonesia untuk berkembang juga semakin besar.

Jenis – jenis UMKM

Sektor Pertanian

Indonesia sebagai negara yang agraris usaha pertama yaitu adalah usaha agribisnis. Yang mana usaha pada bidang pertanian ini harus memiliki modal tanah atau lahan pertanian yang luas. Sehingga bisa memanfaatkan kan bahan yang telah berubah menjadi usaha pertanian dan memperoleh income pendapatan.

Sektor Fashion

Jenis usaha yang berikutnya yang bisa anda peroleh yaitu pada usaha fashion atau busana. Tak hanya agribisnis saja fashion juga banyak peminat yang tak lekang oleh waktu. Ada mode serta keren yang selalu berubah dan menjadi salah satu cara konsumtif yang paling sering masyarakat Indonesia.

Sektor Kuliner

Pengusaha yang telah yang tergolong dalam UMKM yang paling banyak peminat pada bidang kuliner. Banyak sekali jajanan yang muncul dan menjual makanan mulai dari makanan khas dan masih banyak lagi yang dapat dinikmati oleh warga.

Peran dunia UMKM pada perekonomian Indonesia

Peran UMKM pada perekonomian Indonesia yang pertama pasti menyelamatkan kemungkinan bagi warga Indonesia yang tak mempunyai pendapatan ataupun uang guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Yang kedua perekonomian Indonesia tentu akan semakin kuat jika semakin banyak warga yang bekerja dan memiliki pendapatan. Dan pada arti lain menganggur atau tidak mempunyai pendapatan sama sekali sehingga total keseluruhan rata-rata kemungkinan perekonomian Indonesia akan jauh lebih stabil.

Angka penduduk yang mengalami kekurangan atau kelebihan sangat mungkin menimbulkan jurang perbedaan. Perbedaan dari segi status sosial apalagi kehidupan yang konsumtif seringkali warga Indonesia lakukan. Nah hal tersebut jika tidak diimbangi dengan pendapatan ataupun keahlian dan pekerjaan yang stabil tentu akan menimbulkan masalah nantinya.

Contohnya saja semakin banyak kualitas kesehatan yang semakin memburuk pada suatu daerah. Apa bedanya perekonomian seperti misalnya terjadi di hutan dan besarnya biaya untuk hidup namun tidak diimbangi dengan pendapatan per hari yang mencukupi.

Cara melakukan pendaftaran  bantuan UMKM

Jika anda tertarik dan ingin mendirikan suatu usaha apakah memungkinkan untuk melakukan pendaftaran usaha dengan mudah. Tentunya anda sebagai pelaku usaha harus melengkapi data usulan dengan memenuhi syarat UMKM agar terdaftar. Siapkan KTP, nama lengkap, alamat tempat tinggal yang sesuai dengan KTP, bidang usaha yang anda rintis dan tentunya nomor telepon.

Alangkah lebih baik anda gunakan proposal usaha yang lengkap agar dapat membantu menjelaskan jenis usaha apa saja yang Anda lakukan. Hal itu akan memungkinkan anda untuk tetap dapat mendaftarkan usaha secara jelas bahkan memperoleh bantuan dari pemerintah yaitu berupa modal.

Mengenal bantuan UMKM dari pemerintah

Cara Cek Bantuan UMKM

Jika berbicara tentang usaha mikro untuk Anda yang tak mempunyai biaya dalam mendirikan usaha bisnis. Ada salah satu program pemerintah yaitu BLT UMKM atau bantuan dana senilai 2,4 juta. Untuk Anda yang ingin mendirikan usaha mikro tidak usah pusing dan bingung lagi segera daftarkan sebagai penerima bantuan UMKM.

Cara mendaftar untuk memperoleh bantuan UMKM

Untuk memperoleh bantuan ini tentu ada beberapa hal yang harus anda siapkan. Yang pastinya Anda harus mempunyai usaha mikro serta merupakan warga negara Indonesia dan bukan ASN, TNI/polri, pegawai BUMN. Dan anda tidak sedang mempunyai pinjaman pada bank serta kredit usaha rakyat yang sudah pasti harus mempunyai surat usaha.

Jika syarat tersebut sudah anda penuhi segeralah daftarkan dan mengajukan diri pada dinas koperasi usaha kecil menengah pada kabupaten dan kota masing-masing. Yang mana nantinya anda akan memperoleh informasi seleksi berkas.

Jika semua persyaratan itu telah terpenuhi selanjutnya anda hanya tinggal melakukan pendaftaran. Para pemohon bantuan usaha bisa langsung mengecek informasi dana BPJS melalui website eform.bri.co.id/bpum. bantuan ini adalah satu bentuk kerjasama antara UMKM Bank BRI dengan pemerintah.

Sebenarnya meskipun bentuk kerjasama antara pemerintah dan Bank BRI namun tak semua memperolehnya. Untuk mereka yang sudah lolos uang akan langsung masuk ke rekening pribadi yang sudah terdaftar.

Cara Cek Bantuan UMKM dan Informasi bantuan UMKM BPUM

Menurut corporate secretary BRI yaitu aestika oryza Gunarto mengungkapkan jika pencairan BLT serta banpres BPUM 2021 terjadi perpanjangan waktu sampai akhir Desember tahun ini. Hal tersebut sesuai instruksi dari kementerian koperasi dan UKM. Perlu Anda ketahui jika BLT UMKM atau banpres ini sudah selesai tersalurkan pada 9,8 juta untuk para pelaku usaha.

Yang mana masing-masing pelaku usaha itu memperoleh bantuan dari pemerintah sebesar 1,2 juta. Dan kini penyaluran bpum melalui dua bank BUMN yaitu Bank rakyat Indonesia sampah Bank negara Indonesia. Hal tersebut sesuai dengan peraturan menteri koperasi dan UKM nomor 2 tahun 2002 satu yang mana penerima bantuan UMKM apa bang kelas harus memenuhi persyaratan.

Cara Cek Bantuan UMKM melalui bank BRI

  1. Cara pertama Anda buka laman website eform.
  2. Dan yang kedua yaitu Anda masukkan nikah yang benar dan sesuai dengan KTP elektronik
  3. Cara yang ketiga yaitu memasukkan kode atau captcha yang tertera.
  4. Cara yang keempat klik dan tunggu beberapa saat nanti akan muncul pemberitahuan yang apakah anda tercatat atau tidak sebagai penerima BPUM 2021

Pelaku UMKM yang sudah terdaftar sebagai penerima bisa langsung dicairkan dengan mendatangi kantor cabang bri terdekat membawa sejumlah dokumen. Antara lain buku tabungan BRI, kartu ATM serta identitas diri, dan surat pernyataan.

Cara Cek Bantuan UMKM melalui bank BNI

Cara Cek Bantuan UMKM

  1. Langkah pertama bukalah website banpresbpum.id
  2. Langkah yang kedua yaitu masukkan nomor induk kependudukan yang sesuai dengan KTP elektronik milik anda.
  3. Kemudian klik cari dan akan muncul pemberitahuan apakah anda sebagai pelaku UMKM terdaftar sebagai penerima bantuan atau tidak.
  4. Jika anda terdaftar sebagai penerima bantuan kunjungilah kantor cabang BNI terdekat dengan membawa surat pernyataan atau sptjm. Dan jangan lupa bawa data diri seperti KTP kartu ATM serta buku tabungan BNI nya ya.

Manfaat dari penyaluran bantuan UMKM untuk warga Indonesia

Sampai saat ini bantuan dari pemerintah sudah memberikan banyak usaha itu untuk pelaku UMKM ataupun masyarakat umum. Untuk pelaku UMKM dengan adanya bantuan ini dapat membuat usaha mereka tetap bertahan apalagi saat masa pandemi atau masa PPKM. Dengan adanya modal tambahan tentu akan membuat usaha melakukan peningkatan pada sejumlah sektor.

Yang mana salah satunya yaitu dengan menambah sumber daya manusia atau karyawan pada usahanya. Dengan adanya penambahan itu tentu menjadi suatu angin segar apa kabar baik untuk masyarakat yang sedang membutuhkan pekerjaan. Manfaat-manfaat itu selaras dengan pendapat asisten deputi koperasi dan UMKM kementerian koordinator bidang perekonomian.

Dia mengungkapkan jika penerima bantuan ini memberikan efek yang luar biasa. Hal tersebut dibuktikan dengan data yang ada pada BPS menyebutkan adanya penambahan pelaku usaha sebanyak 760000 orang. Tak hanya itu adanya penambahan pegawai informal sebanyak 4,5 juta orang.

Penyaluran bantuan UMKM telah masuk pada tahap ke-3

Bantuan ini telah terlaksana pada dua tahap dan sekarang bantuan pemerintah telah memasuki tahap ketiga. Yang mana tahap ketiga bantuan itu ada pada bulan Juli lalu yang bertepatan pada masa-masa PPKM. Pada tahap ketiga itu ada 3 juta pelaku UMKM yang akan menerima bantuan dari pemerintah.

Dan jumlah bantuannya sama seperti pada tahap sebelumnya yaitu sebesar 1,2 juta. Untuk Anda yang memperoleh bantuan tersebut manfaatkanlah sebaik mungkin untuk meningkatkan usaha.

Berikut ini contoh UMKM serta ide bisnis yang patut Anda coba

Ide bisnis UMKM usaha bidang kuliner

Usaha bidang kuliner adalah salah satu bisnis yang paling menjanjikan dan tak pernah surut. Apalagi jika Anda memang mempunyai kemampuan dalam hal memasak serta mengolah makanan. Telah banyak masyarakat Indonesia yang memutuskan untuk melakukan pinjaman usaha pada bank ataupun memperoleh bantuan untuk dapat mengembangkan usaha kuliner mereka.

Ide bisnis UMKM usaha bidang make up atau kosmetik

Make up atau kosmetik adalah salah satu kesukaan para kaum hawa. Hal tersebut dapat menjadi salah satu cara dalam meningkatkan pendapatan yang anda punya. Jika Anda memang memahami tentang dunia kosmetik telah banyak masyarakat Indonesia yang berhasil menjadi pedagang kosmetik.

Walaupun hanya pedagang kosmetik saja namun mereka meraup keuntungan sampai jutaan rupiah per bulannya loh. Jika anda tertarik dapat menjadikan ide ini sebagai ide bisnis atau usaha kecil yang dapat Anda lakukan.

Ide bisnis UMKM usaha bidang gadget atau teknologi

Usaha yang ketiga yang dapat menjadi ide bisnis khususnya untuk para kawula muda dan milenial yang berhasil memperoleh bantuan usaha dari pemerintah. Dengan menjual beragam jenis perangkat ataupun teknologi seperti gadget ponsel ataupun aksesoris aksesorisnya. Saat ini manusia tak bisa lepas dari kecanggihan teknologi seperti laptop atau ponsel.

Hal tersebut tentunya untuk mendukung kebutuhan sehari-hari mereka seperti pekerjaan atau untuk sekolah. Kebutuhan tersebut menjadikan banyak para pengusaha teknologi berkembang pesat dan bahkan dapat meraup keuntungan besar.

Ide bisnis UMKM usaha bidang fashion

Ide bisnis lain yang tak boleh Anda lewatkan tentu saja usaha pada bidang fashion. Yang mana saat ini baju tak hanya sekedar cara untuk menutup tubuh akan tetapi telah berevolusi menjadi salah satu cara untuk menampilkan karakter dan kepribadian. Hal tersebut menyebabkan dunia fashion tak pernah surut pada tiap waktunya.

Alasan ini yang membuat dunia fashion menjadi salah satu ide bisnis yang pastinya menguntungkan dan tak akan pernah surut. Terutama untuk Anda yang dapat memasarkan ide fashion baru atau menjual pada momen yang tepat seperti Natal, lebaran dan momen lainnya.

Itulah beberapa informasi mengenai cara cek bantuan UMKM baik itu melalui bank BRI atau Bank BNI. Jika memang anda telah terdaftar sebagai pelaku UMKM cobalah cek website Bank BNI ataupun Bank BRI yang sesuai dengan tabungan yang anda punya.

Baca Juga :Begini Cara Isi Gopay di ATM Mandiri, BCA, BNI dengan Mudah dan Cepat

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment