Cara Cek Kuota Tri

Cara Cek Kuota Tri – Kuota internet dari Tri saat ini banyak digunakan oleh masyarakat. Tri menawarkan banyak sekali pilihan paket internet dengan berbagai harga. Bagi para pengguna Tri, cek kuota internet dapat dilakukan lewat berbagai cara dan salah satunya melalui SMS. Kali ini akan dibahas cara cek kuota Tri 2021 lewat SMS yang mudah dan sangat praktis untuk dilakukan.

Pentingnya Cara Cek Kuota Tri

Cara Cek Kuota Tri

Mengapa penting melakukan cek kuota? Bagi para pengguna internet, tentunya memeriksa kuota yang masih dimiliki sangatlah penting. Berikut ini adalah beberapa alasan pentingnya melakukan cek kuota secara berkala:

1. Mempermudah Penyesuaian Konsumsi Internet

Cek kuota akan membantu pengguna untuk menyesuaikan konsumsi internet. Saat memakai internet seringkali kita tidak bisa mengontrol diri. Banyak orang menggunakan internet seolah-olah memiliki kuota yang tidak terbatas jumlahnya. Akibatnya malah kaget sendiri ketika internet tiba-tiba tidak jalan karena kuotanya habis.

Untuk mencegah hal ini terjadi maka periksalah kuota secara berkala. Ini akan membantu pengguna untuk memakai internet dengan lebih terkontrol. Pemakaian bisa dikendalikan sesuai ketersediaan kuota yang masih tersisa. Langkah ini juga akan membantu pengguna agar bisa lebih berhemat.

2.Cara Cek Kuota Tri, Mencegah Kehabisan Kuota

Jelas sekali bahwa mengecek jumlah kuota bisa mencegah pengguna kehabisan kuota. Dengan mengetahui berapa sisa kuota yang masih ada, maka pengguna bisa memperkirakan kapan harus membeli kuota. Hal ini akan mencegah pengguna kehabisan kuota di saat-saat genting. Jadi nomor pengguna akan selalu memiliki kuota internet yang memadai untuk dipakai.

3. Memperpanjang Masa Aktif

Ketika memeriksa kuota internet, maka akan ada informasi masa aktif nomor yang digunakan. Pengguna seringkali lupa dengan masa aktif tersebut dan akhirnya nomor jadi kadaluarsa dan tidak bisa digunakan kembali. Dengan rutin memeriksa sisa kuota maka pengguna jadi tahu masa aktif nomor yang dipakai. Hal ini akan membantu mencegah pengguna kehilangan nomornya karena masa aktif habis.

Cara Cek Kuota Tri Lewat SMS

Cara Cek Kuota Tri

Zaman sekarang ini semuanya sudah semakin praktis, termasuk cek kuota. Banyak pilihan cara yang bisa dilakukan untuk memeriksa kuota yang masih tersisa. Berikut ini adalah cara cek kuota Tri 2021 lewat SMS yang tergolong mudah dan praktis untuk dilakukan:

  • Buka aplikasi SMS yang ada di ponsel.
  • Masuk ke fitur buat pesan baru.
  • Ketikkan SMS dengan format info(spasi) data.
  • Kirimkan pesan ke nomor 234.
  • Tunggu sampai ada SMS balasan yang menunjukkan informasi sisa kuota dan masa aktif kartu.

Cara ini sangat mudah untuk dilakukan dan cocok sekali untuk pengguna yang malas mengakses aplikasi atau website untuk memeriksa kuota. Tentunya sebelum melakukan cek kuota lewat fitur SMS ini pengguna harus memastikan ada cukup pulsa yang tersedia. Pastikan juga fitur SMS serta nomor yang dimasukkan sudah tepat.

Tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan balasan SMS dari Tri. Pesan balasan ini biasanya akan diterima dalam hitungan detik, kurang dari lima menit setelah permintaan informasi kuota dikirimkan. Jadi pengguna tak perlu menunggu lama dan bisa mendapatkan informasi dengan cepat.

Kelebihan Cara Cek Kuota Tri Lewat SMS

Selain cara cek kuota Tri 2021 lewat SMS, sebenarnya ada beberapa pilihan cara lainnya yang juga bisa digunakan untuk memeriksa kuota. Hanya saja bagi sebagian orang, cek lewat SMS ini sangat menguntungkan. Berikut adalah beberapa kelebihan cek kuota Tri melalui layanan SMS:

1. Mudah

Kelebihan pertama, cara satu ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Siapa saja pasti bisa mengirim SMS. Tak perlu ribet mengunduh aplikasi apapun terlebih dahulu. Format SMS yang perlu diketik juga sangat simpel sehingga terasa begitu praktis.

2. Cepat

Cek kuota lewat layanan SMS tergolong sangat cepat. Begitu mengirimkan SMS, pengguna bisa langsung menerima balasan berupa informasi jumlah kuota yang tersisa. Tak perlu menunggu lama dan tak perlu melakukan input data yang banyak. Dengan satu kali kirim SMS pengguna bisa langsung mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

3. Tak Perlu Koneksi Internet

Siapa saja bisa memeriksa sisa kuota internetnya tanpa perlu terhubung secara online dengan menggunakan layanan SMS. Ada pilihan cara cek kuota Tri dengan menggunakan aplikasi dan situs atau website. Namun untuk mengakses aplikasi atau situs itu pengguna harus terhubung dengan internet. Jika tidak ada koneksi maka layanan SMS ini akan jadi pilihan terbaik.

4. Bisa Dilakukan dari HP Apapun

Cek kuota via SMS bisa dilakukan dari jenis HP apapun. Semua jenis HP memiliki fitur SMS sehingga layanan ini bisa diakses dengan mudah. Pengguna juga tak perlu mengunduh aplikasi terlebih dahulu karena fitur SMS itu sudah menjadi fitur bawaan yang akan selalu tersedia di ponsel.

Dengan beragam kelebihan ini tentu akan lebih mudah bagi para pengguna untuk cek kuota. Layanan SMS memang saat ini mulai ditinggalkan oleh masyarakat. Banyaknya fitur chatting dan komunikasi online membuat banyak orang lebih memilih untuk tidak memakai layanan SMS. Padahal fitur ini masih cukup menguntungkan untuk dipakai, salah satu contohnya untuk memeriksa sisa kuota.

Kelemahan Cara Cek Kuota Tri Dengan SMS

Selain ada kelebihan, cek kuota melalui layanan SMS juga punya kelemahan. Hal ini bisa jadi bahan pertimbangan bagi pengguna ketika akan memilih cara apa yang paling cocok dipakai untuk memeriksa kuota. Berikut adalah beberapa kelemahan cara cek kuota Tri 2021 lewat SMS:

1. Layanannya Terbatas

Jika Anda mengecek kuota melalui layanan SMS maka bersiaplah untuk mendapatkan fitur yang terbatas. Layanan SMS hanya akan membalas sesuai dengan informasi yang Anda minta yaitu jumlah kuota dan masa aktifnya. Dibandingkan dengan cara cek kuota melalui aplikasi dan website, cara ini tidak fleksibel.

Pengguna tidak bisa langsung mendapatkan penawaran pilihan pembelian kuota jika kuota ternyata sudah habis. Jika pengguna mengecek lewat aplikasi atau website maka biasanya akan langsung muncul penawaran pembelian kuota. Jadi bisa dikatakan bahwa pengecekan kuota melalui SMS tidak fleksibel dan tidak begitu menguntungkan bagi pengguna.

2. Sering Gangguan

Layanan SMS sering mengalami gangguan. Pengguna bisa saja tidak menerima balasan meskipun sudah mengirimkan SMS. Hal ini sering sekali terjadi dan akhirnya pelanggan harus mencari jalan lain untuk mengetahui kuota yang masih dimiliki. Tentunya hal ini akan terasa sangat tidak praktis dan mempersulit pelanggan.

3. Tidak Praktis Mengikuti Teknologi

Cek kuota lewat SMS ini sangat tidak praktis karena tidak berkembang mengikuti teknologi. Jika ingin mendapatkan layanan yang lebih praktis maka pakailah aplikasi atau website yang lebih mengikuti perkembangan teknologi. Apalagi sekarang juga sudah ada layanan asisten digital yang akan memberikan lebih banyak kemudahan bagi pelanggan Tri.

Cara Cek Kuota Tri

Itulah tadi pembahasan mengenai cara cek kuota Tri 2021 lewat SMS. Cara ini sebenarnya masih bisa digunakan jika pelanggan merasa lebih nyaman untuk menggunakannya daripada lewat aplikasi atau website. Pastikan ada pulsa yang mencukupi agar pesan permintaan terkirim dan bisa mendapat balasan.

Baca Juga : Cara Stop Paket Tri

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment