Cara Cek Sertifikat Vaksin

Cara Cek Sertifikat Vaksin – PPKM atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang diterapkan pada wilayah Jawa-Bali sering tidak terduga diperpanjang oleh pemerintah.

Hal ini dilakukan semata-mata demi keamanan masyarakat agar terbebas dari virus penyakit Covid-19. Terkait hal tersebut, pemerintah kemudian memunculkan aturan baru mengenai Ketentuan Perjalanan Orang dalam Negeri pada Masa Pandemi.

Aturan tersebut selanjutnya dipaparkan kedalam Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (SE Satgas Covid-19) Nomor 21 Tahun 2021.

Diperjelas bahwasannya siapapun pelaku perjalanan jarak jauh dengan moda transportasi udara, laut, darat yang menggunakan kendaraan pribadi atau umum wajib menunjukkan kartu sertifikat vaksin Covid-19 yakni minimal dosis pertama.

Surat Edaran (SE) yang sudah diteken Kepala Satgas Penanganan Covid-19 yakni Ganip Warsito pada 20 Oktober 2021 tersebut juga mengatur para pihak mana saja yang mendapat perkecualian pada syarat tersebut.

Yang pertama yakni bagi para pelaku perjalanan yang usianya berada di bawah 12 tahun. Karena anak di bawah 12 tahun tersebut belum bisa mendapatkan dosis vaksin.

Kemudian yang Kedua yakni bagi pelaku perjalanan dengan kendaraan yang mengangkut logistik dan transportasi yang mengangkut barang lainnya yang melakukan perjalanan dalam negeri yakni di wilayah Luar Jawa dan Bali.

Yang ketiga yakni bagi pelaku perjalanan yang memiliki kondisi kesehatan khusus atau biasa disebut dengan penyakit komorbid tertentu yang mana karena alasan tersebut menyebabkan pelaku perjalanan tidak dapat menerima dosis vaksin.

Misalnya sebagai contoh, sertifikat vaksin Covid-19 dibutuhkan karena sebagai syarat masuk fasilitas umum atau daerah perkantoran (atau area yang tertutup, fasilitas umum, atau yang biasanya lumayan ramai mobilisasi orang-orang).

Oleh karena itu, jika anda adalah salah satu orang yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 namun belum memiliki sertifikat vaksin sebaiknya anda bergegas untuk mengurusnya.

Ini dikarenakan agar mobilisasi aktifitas anda lancer karena penggunaan sertifikat vaksin Covid-19 ini masih sangat dibutuhkan dimanapun anda berada.

Jikalau anda telah menjalankan dua tahap vaksinasi Covid-19 atau anda sudah dapat dikatakan menerima dua dosis vaksin sebelumnya.

Maka ada dua sertifikat yang akan diberikan atau satu sertifikat namun dengan keterangan anda telah menerima dua dosis vaksin.

Anda pun dapat dengan mudah memakai cara ini, yakni dengan mendownload sertifikat vaksin Covid-19 melalui situs PeduliLindungi.id. Ini akan lebih memudahkan anda karena data vaksin anda sudah otomatis terdaftar disini.

Jadi anda tidak perlu repot-repot membawa kartu vaksin kemana pun anda pergi, anda cukup mengeceknya dari aplikasi ini dan berguna untuk menunjang aktifitas anda.

Cara Cek Sertifikat Vaksin

Nah untuk mengetahui cara cek sertifikat vaksin dengan mendownload aplikasinya pun mudah sekali,anda bisa mendownloadnya antara lain dengan cara seperti berikut.

Lewat SMS

Jika anda telah menerima vaksin Covid-19, maka anda akan menerima SMS berisi informasi dengan nomor 1199 yang menyatakan bahwa anda telah berhasil mengikuti / melaksanakan yakni vaksinasi tahap pertama atau dosis yang pertama.

Nah, SMS tersebut yakni berisi informasi akan jadwal vaksinasi kedua anda yang mencakup nama lengkap anda, nomor Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor sertifikat vaksinasi, serta tanggal dan juga lokasi vaksinasi anda yang biasanya telah ditentukan.

Kemudian juga, pesan singkat tersebut menyertakan tautan atau link situs yang perlu anda klik atau download untuk menampilkan kartu vaksinasi digital anda sebagai bukti bahwa vaksinasi pertama telah selesai dilakukan / dilaksanakan dengan baik oleh anda.

Cara Cek Sertifikat Vaksin Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi

Silahkan anda mendownload aplikasi ‘Peduli Lindungi’ sebelum anda mendownload bukti anda sudah vaksin yakni Sertifikat Vaksinasi Covid-19.

Anda dapat mengunduhnya dari Google Play Store jika anda pengguna Android atau App Store (iOS) jika anda pengguna Iphone. Kemudian cara melihat sertifikat vaksinasi Covid-19 anda melalui aplikasi PeduliLindungi sangat mudah sekali

Yakni anda bisa membuka aplikasi tersebut pada ponsel pintar anda. Bukalah aplikasi PeduliLindungi anda (Android/iOS), kemudian daftarkan diri anda dengan memasukan nama lengkap dan nomor ponsel anda di kolom yang tersedia.

Lalu anda akan menerima kode OTP yang muncul via SMS pada ponsel anda. Jika anda sudah menerima kode OTP tersebut anda bisa membuka kembali aplikasi PeduliLindungi dan masukkan kode OTP-nya pada kolom kode OTP yang tersedia.

Setelah akun tersebut telah anda buat, anda akan muncul pada halaman utama (home page / main page). Selanjutnya untuk mengecek sertifikat vaksinasi Covid-19 anda, anda bisa meng-klik ikon ‘Profil’ yang tertera pada layar HP anda tersebut tentunya.

Nah jika sudah di menu ‘Profil’, anda bisa memilih opsi ‘Sertifikat Vaksin’ kemudian pilih ‘Tinjau’. Lalu masukanah NIK dan nomor handphone anda yang aktif yang akan didaftarkan dalam melaksanakan program vaksinasi.

Halaman selanjutnya menunjukkan sertifikat tingkat pertama dan juga yang kedua. Untuk mengunduh sertifikat, anda hanya perlu meng-klik salah satu prosedur vaksinasi.

Kemudian klik tulisan ‘Ya’ untuk mengunduh kartu vaksinasi. Ketika unduhan selesai, sertifikat vaksinasi Covid-19 tersebut secara otomatis tersimpan di memori HP anda.

Namun cara tersebut jika  aplikasi PeduliLindungi anda belum di-update. Karena seringnya update aplikasi PeduliLindungi ini dilakukan, maka anda juga perlu beradaptasi. Namun biasanya tidak jauh dari petunjuk di atas.

Intinya jika anda ingin mengecek sertifikat vaksin pada aplikasi PeduliLindungi di ponsel anda sekarang anda bisa dengan mudah hanya membuka aplikasi dan opsi sertifikat vaksin sudah tertera pada layar utama anda.

Kemudian di awal anda perlu memverifikasinya dengan memasukan NIK anda kemudian ‘Submit’ dan anda akan bisa mengecek sertifikat vaksin anda (baik itu sertifikat vaksin 1 atau keduanya) kapanpun anda inginkan.

Melalui situs PeduliLindungi

Cara Cek Sertifikat Vaksin

Selain cara di atas, anda juga dapat mengunjungi situs resmi PeduliLindungi dan mengunduh sertifikat vaksinasi Covid-19 dengan metode seperti yang akan dijelaskan berikut.

Pertama anda perlu mengklik link berikut untuk mengakses website PeduliLindungi yakni di https://pedulilindungi.id/. Nah pada halaman utama anda dapat memilih opsi ‘Lihat Tiket dan Sertifikat Vaksinasi’.

Jika sudah di klik anda akan diminta untuk memasukkan nomor ponsel yang terdaftar untuk menjalankan program vaksinasi.

Selanjutnya anda harus masukan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS untuk proses verifikasi. Setelah berhasil login, klik menu ‘Vaccine Certificate’ yang tertera pada sebelah kiri.

Sertifikat vaksin Covid-19 tahap pertama dan kedua akan ditampilkan kemudian. Nah jika anda mengunduh sertifikat vaksinasi Covid-19 melalui cara-cara di atas.

Anda sudah dapat menggunakan printer pribadi anda untuk langsung mencetak sertifikat vaksinasi Covid-19 atau membawanya ke penyedia jasa percetakan untuk mencetaknya.

Untuk ukuran surat/kartu keterangan vaksinasi Covid-19 anda dapat menyesuaikannya secara bebas, mulai dari format KTP untuk gambaran umum atau setengah halaman HVS. Selama jelas terbaca maka sah-sah saja.

Jadi itulah penjelasan mengenai cara cek sertifikat vaksin melalui beberapa metode yang telah dijelaskan. Semoga anda tidak bingung lagi ya, selamat mencoba!

Baca Juga : Cara Cek Bantuan UMKM

5/5 - (765 votes)

Leave a Comment