Cara Ganti Jaringan 4G ke 5G

Jaringan 5G merupakan teknologi terbaru yang kini sudah bisa dinikmati di Indonesia. Area jangkauannya pun semakin hari semakin tersebar ke berbagai kota.

Bagi kamu yang kota domisilinya sudah mencakup 5G, tentu ini merupakan kabar baik. Karena itu artinya, kamu sudah bisa menikmati kecepatan jaringan terbaru ini.

Berbagai operator seluler pun sudah mulai menyediakan 5G untuk pelanggannya. Salah satunya adalah Telkomsel. Ini tentunya sebuah keuntungan tersendiri bagi kamu yang merupakan pelanggan operator yang terkenal dengan warna merah ini.

Telkomsel telah resmi meluncurkan jaringan 5G ini semenjak tanggal 27 Mei 2021 lalu. Dengan begitu, para pelanggan yang sudah menggunakan perangkat yang mendukung 5G akan dapat segera mencobanya.

Namun meski jaringan dan perangkat 5G sudah tersedia, mungkin masih ada beberapa di antara kamu yang merasa bingung mengenai cara untuk mengubah jaringan 4G yang saat ini dipakai menjadi jaringan 5G.

Nah, karena itulah berikut ini akan disajikan penjelasan mengenai cara ganti jaringan 4G ke 5G untuk para pengguna Telkomsel. Maka dari itu, silahkan simak pembahasannya di bawah ini.

Apa Itu Jaringan 5G Telkomsel?

Cara Ganti Jaringan 4G ke 5G

Seperti yang tertera secara singkat pada bagian sebelumnya, layanan 5G ini sudah diresmikan oleh pihak Telkomsel agar bisa dinikmati oleh para penggunanya.

Sebenarnya sebelum layanan 5G ini diresmikan, Telkomsel telah memperlihatkan jaringan ini di beberapa kesempatan. Hal tersebut dilakukan tepatnya pada 2018 yang lalu, yaitu ketika perhelatan event Asian Game sedang berlangsung.

Saat itu pihak Telkomsel melakukan uji coba jaringan 5G, dengan memanfaatkan spektrum 28 Ghz dan mereka berhasil mendapatkan kecepatan hingga di atas 16 GBps.

Dengan koneksi cepat tersebut, mereka pun menggunakannya untuk memperlihatkan teknologi baru, yaitu sebuah mobil cerdas yang dapat berjalan tanpa dikendalikan supir.

Selain Asian Games, uji coba 5G juga dilakukan pada beberapa acara lainnya seperti Telkomsel 5G Experience Center, Live Streaming, Future Driving, Football 2020, dan Cycling Everywhere.

Kemudian pada Mei 2021, Telkomsel akhirnya memenangkan lelang frekuensi 2,3 Ghz dengan lebar pita jaringan sebesar 20 Mhz. Pemenangan lelang ini menjadi tahap awal Telkomsel dalam menyediakan layanan 5G untuk para pelanggannya.

Telkomsel juga melanjutkan dengan melakukan Uji Laik Operasi 5G di bulan yang sama. Keberhasilan uji coba tersebut membuat Telkomsel memperoleh Surat Keterangan Laik Operasional dari Ditjen PPI Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Dengan diperolehnya izin dari Kominfo, Telkomsel akhirnya menjadi operator pertama yang merilis layanan 5G di Indonesia.

Setelah menyelesaikan serangkaian persiapan tersebut, layanan 5G ini akhirnya diluncurkan untuk pertama kali di area Jabodetabek terlebih dahulu.

Karena itulah, apabila kamu merupakan pengguna Telkomsel yang berada di luar area Jabodetabek, sepertinya harus lebih bersabar untuk menunggu.

Meski begitu kamu tak perlu khawatir, Telkomsel terkenal dengan area cakupan jaringannya yang luas. Sehingga mereka tentunya akan segera memperluas jaringan 5G ini hingga ke seluruh Indonesia.

Apakah Harus Mengganti Kartu untuk Menikmati Jaringan 5G?

Ini menjadi salah satu persoalan yang banyak ditanyakan oleh pengguna Telkomsel, yaitu apakah perlu mengganti kartu terlebih dahulu agar dapat menggunakan layanan 5G?

Untungnya, ternyata kamu tidak perlu mengganti kartu untuk menggunakan jaringan 5G. Layanan ini akan tetap bisa kamu nikmati dengan melakukan migrasi dari jaringan 4G terlebih dahulu.

Migrasi ini tidak jauh berbeda dengan cara bermigrasi dari 3G ke 4G yang dilakukan beberapa tahun yang lalu. Namun, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan untuk dapat berhasil melakukan migrasi ke jaringan 5G.

Syarat Untuk Ganti Jaringan 4G ke 5G

  1. Kartu yang Dipakai Saat Ini Harus Bertipe USIM

Kartu_USIM

Syarat pertama adalah pastikan kartu kamu saat ini sudah bertipe Universal Subscriber Identity Mobile (USIM). Kartu ini adalah jenis kartu SIM yang digunakan untuk menggunakan jaringan 4G saat ini.

Hal ini dikarenakan jika ingin migrasi ke 5G tanpa mengganti kartu, maka kartu yang kamu gunakan sudah harus 4G terlebih dahulu.

Untuk mengetahuinya, kamu bisa lihat bagian fisik kartu SIM yang sekarang digunakan. Jika ada logo 4G, maka kartu tersebut berjenis USIM.

  1. Perangkat Sudah Mendukung Jaringan 5G Telkomsel

  2. Perangkat_Sudah_Support_5G

Perangkat 5G yang saat ini beredar di Indonesia, belum semuanya dapat digunakan untuk menjangkau jaringan 5G Telkomsel. Untuk sementara, baru perangkat yang mendukung 5G dengan pita berjenis 40 saja yang dapat menjangkau jaringan 5G Telkomsel.

Untuk mengetahui lebih lengkapnya, silahkan kunjungi situs berikut www.telkomsel.com/5G

  1. Berada di Area 5G Telkomsel

Karena layanan 5G dari Telkomsel belum dapat menjangkau seluruh Indonesia, maka jika tempat tinggal kamu tidak termasuk area 5G Telkomsel kamu belum dapat menikmati layanan ini.

Informasi lengkap terkait area yang sudah terjangkau 5G Telkomsel dapat dilihat pada link berikut ini www.telkomsel.com/5G

Bagaimana Cara Ganti Jaringan 4G ke 5G?

  1. Kunjungi GraPARI Telkomsel

grapari Cara Ganti Jaringan 4G ke 5G

Salah satu cara ganti jaringan 4G ke 5G yang termudah adalah dengan mengunjungi gerai GraPARI terdekat. Mengapa cara ini menjadi yang termudah? Hal ini karena kamu akan mendapat bantuan dan layanan untuk migrasi dari 4G ke 5G.

Selain itu, jika nantinya ada kendala yang terjadi saat migrasi jaringan, maka akan lebih mudah diatasi dengan adanya bantuan dari pegawai GraPARI.

Untuk mengecek di mana saja lokasi GraPARI yang terdekat, silahkan kunjungi situs resminya GraPARI Telkomsel

  1. Migrasi Lewat Kartu yang Dipakai

Kamu juga bisa mencoba lakukan migrasi jaringan lewat kartu yang sedang dipakai. Cara melakukannya serupa dengan saat migrasi dari 3G ke 4G.

Cara ini bisa kamu praktekkan karena kemungkinan bisa juga berhasil untuk mengubah jaringan 4G ke 5G. Silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Buka menu panggilan, lalu ketik *363# dan klik Call/OK/YES
  2. Kemudian jika kartu kamu masih 3G, akan terlihat pilihan 1. Ganti Kartu, 2. Paket Internet.
  3. Silahkan pilih nomor 1 karena kamu ingin mengganti jaringan.
  4. Kemudian kamu akan mendapat SMS notifikasi dari Telkomsel yang mengarahkan kamu ke link tertentu.
  5. Silahkan klik link tersebut dan ikuti langkah selanjutnya.
  6. Cara Ganti Jaringan 4G ke 5G Lewat Setting Handphone

Mengganti jaringan dari 4G ke 5G juga bisa kamu coba lakukan melalui menu Setting. Berikut ini caranya untuk HP merek Samsung:

Setting_5G

  1. Buka menu Setting.
  2. Pilih menu Connections atau Network.
  3. Pilih opsi Mobile Networks.
  4. Kemudian klik Network Mode, lalu akan terlihat pilihan jaringan seperti 5G/4G/3G/2G.

Meski ini adalah cara untuk HP Samsung, namun kemungkinan tetap bisa digunakan untuk HP lainnya yang punya tampilan menu Setting serupa.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai cara ganti jaringan 4G ke 5G untuk kamu yang menggunakan operator seluler Telkomsel. Semoga cakupan area jaringan 5G ini dapat segera meluas, sehingga bisa dirasakan di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Cara Aktifkan Layanan 5G Telkomsel

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment