Cara Keluar Dari FastBoot Mode

Cara Keluar Dari FastBoot Mode Banyak pengguna Android di jaman canggih seperti sekarang ini tentu sudah tidak asing ketika mendengar permasalahan mengenai fastboot mode Android. Ya, masalah ini pada umumnya sering dialami oleh hampir semua pengguna Android di mana ponsel mereka secara tiba-tiba tidak sengaja masuk ke menu fastboot mode, pengguna pun mengaku kesulitan untuk keluar dari menu tersebut.

Untuk bisa mengatasi permasalahan ini, tentunya pengguna harus tahu terlebih dahulu mengenai bagaimana cara keluar dari fastboot mode Android tersebut. Oleh karena itu, di artikel ini akan diberikan beberapa tips dan trik ampuh yang bisa digunakan pengguna Android yang mengalami masalah fastboot mode ini!

Mengenal Fastboot Mode Android

Cara Keluar Dari FastBoot Mode

Di dunia perangkat smartphone, fastboot mode sendiri merupakan salah satu istilah yang menggunakan sistem operasi Android. Bahkan di kalangan para teknisi Android, istilah ini bukan merupakan hal yang asing untuk semua jenis merek smartphone yang bermunculan.

Akan tetapi, bagi pengguna baru yang mungkin baru saja mengenal system Android, istilah fastboot mode menjadi istilah asing yang sama sekali tidak mereka fahami.

Nah, arti dari fastboot mode Android sendiri sering kali diartikan sebagai suatu kondisi yang terjadi pada Android dimana perangkat ponsel tersebut hidup dalam kondisi siap untuk menerima modifikasi sistem. Adapun modifikasi sistem tersebut antara lain seperti flashing (instalasi sistem operasi Android baru) atau flashing TWRP (Team win recovery protocol) atau tool sistem yang membantu pengguna untuk melakukan recovery / pemulihan sistem.

Pada saat perangkat Android dalam keadaan fastboot mode, nantinya hanya akan menampilkan tampilan layar hitam yang dilengkapi gambar sebuah robot hijau yang sedang dioperasikan dan di bawahnya terdapat tulisan fast boot.

Adapun kondisi perangkat Android yang berada dalam keadaan ini biasanya akan mengalami stuck logo atau layar tidak bergerak dan dikatakan sebagai kondisi yang normal untuk mode fastboot.

Fungsi Penggunaan Fastboot Mode di Android?

Jika melihat dari segi pengertiannya yang sudah dijelaskan di atas, Anda  tentu harus tahu mengenai apa sih kegunaan dari fastbook mode itu sendiri. Kegunaan / fungsi dari fastboot mode pada Android sebenarnya merupakan mode bawaan sistem perangkat Android yang memang sudah disediakan oleh system Android yang ada di dalamnya.

Adapun kegunaan dari fastboot mode Android ini yakni salah satunya untuk melakukan perbaikan sistem Android yang terkena bootloop. Di mana, bootloop ini sendiri diartikan sebagai kondisi ponsel stuck di logo pada saat dihidupkan / direstart dan tidak mau masuk ke halaman utama Android (home screen).

Hal inilah mengakibatkan sejumlah perangkat ponsel pengguna tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Sehingga Anda perlu mengetahui cara mengatasi permasalahan fastboot mode Android tersebut.

Penyebab Android Masuk Fastboot Mode?

 Secara umum, perangkat ponsel Android yang masuk ke fastboot mode ini biasanya dapat dilihat dari beberapa ciri-ciri umum. Biasanya, masalah ini sering terlihat dengan adanya tanda-tanda seperti terdapat tampilan layar berwarna hitam dengan ada tulisan fastboot mode Android yang berada pada bagian bawahnya.

Meski demikian, Anda juga perlu tahu bahwa setiap tipe Android umumnya berbeda-beda jika melihat dari segi tampilannya.  Sebagai contoh di ponsel Xiaomi, di mana mode fastboot mode Android ini nantinya akan menampilkan kondisi layar hitam dengan robot kelinci yang sedang memperbaiki robot android dan juga terdapat tulisan fastboot mode Android di bawahnya.

Sedangkan di beberapa perangkat ponsel Android lain seperti Samsung, Asus, Oppo, Vivo, Realme, Redmi, Huawei, Advan dan lain-lain juga pastinya akan berbeda tampilan fastboot mode Androidnya. Disini, Anda tentunya sudah bertanya-tanya dan mungkin penasaran mengenai apa sih penyebab perangkat Android bisa tiba-tiba masuk ke mode fastboot mode Android tersebut?

Dalam hal ini, ponsel Android yang masuk ke fastboot mode secara tiba-tiba dapat disebabkan oleh 2 faktor. Dimana faktor yang pertama yakni karena pengguna secara tidak langsung menekan kombinasi tombol fisik tertentu pada ponsel Android.

Kemudian untuk faktor kedua dikarenakan adanya ketidaksengajaan para pengguna atau sistem Android yang error sampai masuk secara tiba-tiba ke fastboot mode tersebut. Adapun dari berbagai faktor penyebab tersebut, sering kali ponsel Android masuk ke fastboot mode dikira mengalami kondisi bootloop atau kondisi ponsel Android berada dalam keadaan stuck di logo utama atau sering dikenal dengan istilah brick.

Hal ini wajar terjadi lantaran pada tampilan layar yang muncul pada saat proses bootloop atau masuk fastboot mode dikatakan hampir sama. Atau bahkan sebaliknya, dimana kondisi ponsel bootloop atau brick yang dikira tampilan Android fastboot mode.

Meski demikian, yang perlu diingat yakni ciri-ciri HP Android yang masuk ke mode fastboot umumnya sering ditandai dengan adanya tulisan fastboot mode Android yang terdapat di bagian bawah layar.

Tips Mudah Keluar Dari FastBoot Mode Android

Saat ini, fastboot mode Android sendiri sudah tersedia di semua merek ponsel Android yang bermunculan di pasaran Indonesia. Biasanya fastboot mode Android tersebut sudah disediakan oleh setiap vendor untuk digunakan pada saat mereka ingin melakukan perbaikan berbagai masalah error di sistem Android tersebut.

Akan tetapi permasalahannya disini yakni tidak semua pengguna tahu dan paham tentang fastboot mode Android tersebut.  Sebab, kondisi ini umumnya hanya diketahui dan dipahami oleh orang-orang yang ahli di bidang service HP Android.

Oleh karena itulah, tak jarang pengguna yang baru sering kali merasa bingung dan panik ketika mendapati HP Androidnya masuk ke mode fastboot secara tiba-tiba.

Dalam mengatasi permasalahan ini, Anda bisa melakukan cara yang paling mudah dan cepat untuk masalah fastboot mode Android yang satu ini.

Bagi Anda yang ingin keluar dari fastboot mode Android ini umumnya tidak perlu melakukan hal yang ribet dan rumit dalam praktiknya. Sebab, Anda bisa melakukannya dengan mudah hanya dengan menekan tombol Power selama beberapa detik sampai ponsel Android melakukan proses Restart.

Kemudian, Anda tinggal tunggu selama beberapa detik saja dan nantinya di layar ponsel akan menampilkan layar utama dan kamu bisa menggunakannya seperti biasa. Bagaimana, cukup mudah untuk dilakukan?

Cara Mudah Masuk ke Fastboot Mode Android

Tak hanya keluar dari fastboot mode Android, untuk bisa masuk ke mode tersebut juga bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Disini, Anda yang ingin masuk ke mode fastboot Android tinggal menekan tombol Powerbersamaan dengan Volume Down selama beberapa detik. Setelah itu, Anda tinggal tunggu ponsel menampilkan layar hitam dengan tulisan fastboot mode di bawahnya.

Demikianlah ulasan menarik bagi Anda mengenai cara keluar dari fastboot mode Android paling mudah anti ribet. Sehingga, Anda nantinya tidak perlu khawatir ataupun panik lagi ketika mendapati ponsel Android masuk ke tampilan fastboot mode tersebut.

Baca Juga : Cara Mengirim File Dari PC ke iPhone

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment