Cara Laptop Biar Gak Lemot

Cara Laptop Biar Gak Lemot Bagaimana sih cara mengatasi laptop biar gak lemot? Tentu saja ketika kinerja laptop menurun dan menjadi lambat atau lemot sangat mengganggu aktivitas Anda, apalagi jika Anda seorang pekerja dan laptop merupakan kebutuhan paling penting.

Di masa pandemi ini, semua pekerjaan dan aktivitas kebanyakan menggunakan sistem daring di mana kebutuhan laptop yang cepat sangat diperlukan. Apa sih yang menyebabkan laptop lemot?

Penyebab Laptop Lemot 

Cara Laptop Biar Gak Lemot

  1. Kinerja Terlalu Berat

Mungkin penyebab pertama laptop Anda lambat atau lemot adalah kinerja perangkat yang berlebihan. Hal ini disebabkan oleh terpasang banyaknya aplikasi yang otomatis berjalan saat laptop anda dinyalakan.

  1. Penggunaan Hard Disk Tua

Penyebab yang kedua adalah penggunaan hard disk laptop Anda sudah tua yang menyebabkan proses read and write menjadi lambat.

  1. Kapasitas Hard Disk Penuh

Jika kapasitas hard disk laptop anda penuh, tak heran jika kinerjanya menurun dan menjadi lebih lambat dan berat. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan dengan baik apa saja yang perlu Anda simpan.

  1. Usia Laptop

Jika Anda masih menggunakan laptop keluaran lama, mungkin saja faktor usia menjadi pemicu lambatnya laptop Anda. Karena selain kapasitas yang sudah penuh, terjadi kerusakan di dalamnya pun sangat berpengaruh.

  1. Jarang Membersihkan Bagian Dalam Laptop

Laptop memang seharusnya dirawat dengan baik, salah satu perawatan laptop yang harus dilakukan adalah membersihkan laptop bagian dalam. Tentu saja ada tips dan trik khusus untuk ini, jadi pelajari dulu sebelum melakukannya.

  1. Adanya Program Berat

Penyebab laptop lambat yang terakhir adalah adanya program berat yang terpasang dan menyebabkan processor tidak berjalan dengan baik karena tidak kuat.

Keenam penyebab di atas seringkali terjadi pada laptop Anda. Agar laptop yang kinerjanya melambat tidak menghambat pada pekerjaan dan aktivitas, alangkah baiknya segera mengatasi permasalahannya.

Anda harus menemukan terlebih dahulu apa penyebabnya sebelum mengatasi atau memperbaiki laptop tersebut.

Cara Laptop Biar Gak Lemot

Cara Laptop Biar Gak Lemot

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan laptop yang lemot, di antaranya:

Hapus Aplikasi

Langkah pertama, sebaiknya Anda mencopot aplikasi yang tidak dibutuhkan sama sekali. Biasanya jika kita memasang aplikasi pada laptop, aplikasi tersebut secara otomatis akan tersimpan pada drive c. Ketika drive tersebut penuh, maka kinerja laptop akan menurun dan menjadi lebih lambat.

Aplikasi yang terpasang seringkali menjadi pemicu laptop Anda lemot, jadi anda bisa melakukan hal yang satu ini.

Setelah Anda mencopot aplikasi yang tidak dibutuhkan, Anda juga bisa mengecek apakah ada aplikasi lain yang tidak sengaja ter-install ketika laptop sedang dioperasikan. Kasus seperti ini sering terjadi ketika pengguna tidak menyadari meng-install beberapa aplikasi tidak penting.

Untuk mengurangi jumlah memory, Anda bisa menghapusnya dan menggunakan jumlah tersisa untuk file penting saja.

Menggunakan Aplikasi yang Sesuai dengan Spesifikasi Laptop

Agar tidak memberatkan laptop Anda, sebaiknya pasanglah aplikasi yang sesuai dengan spesifikasinya. Maka dari itu penting untuk tahu spesifikasi apa saja yang dimiliki oleh perangkat tersebut.

Sehingga ke depannya kita tahu aplikasi apa saja yang cocok terpasang dan tidak. Karena hal ini menjadi salah satu cara untuk mengatasi laptop yang lemot. Jangan sampai aplikasi yang terpasang memakan ruang yang lebih besar daripada spesifikasinya sendiri.

Menambah RAM

Pastinya Anda semua sudah tahu kalau kapasitas RAM yang kecil sangat berpengaruh pada aktivitas dan kinerja laptop. Karena hal ini tidak terjadi pada perangkat besar saja, pada ponsel pun kerap kali terjadi. RAM yang kecil pun menjadi penyebab yang sangat umum laptop menjadi lemot.

RAM sendiri adalah perangkat keras pada hardware yang sudah terpasang pada laptop Anda. Jika Anda menumpahkan file-file yang berukuran besar sedangkan kapasitas RAM tidak memadai maka yang akan terjadi adalah kinerjanya menurun.

Untuk mengatasi kasus yang satu ini, jalan satu-satunya adalah menambah RAM. Menambah RAM memang tidak murah, namun jika Anda butuh kualitas laptop yang lebih baik, kenapa tidak.

Memasang Antivirus

Dalam beberapa kejadian, penyebab laptop lemot adalah karena adanya virus yang tidak sengaja terbawa ketika Anda melakukan transfer file atau ketika Anda mengunduh sesuatu pada laptop.

Memasang antivirus tepatnya sangat penting. Tidak hanya menjaga laptop Anda terserang, antivirus juga berfungsi untuk mengatasi permasalahan laptop yang lemot.

Namun, jangan sembarangan memasang antivirus juga, ketahui lebih dulu apakah antivirus tersebut bekerja dengan efektif atau tidak. Karena selain menjaga laptop agar lebih aman, keefektifitasannya juga harus jauh lebih baik dan benar-benar dibutuhkan oleh perangkat.

Lakukan Reset Pada Windows

Lakukanlah reset Windows pada laptop, karena hal ini ampuh untuk mengatasi laptop Anda yang lemot. Biasanya laptop yang telah berumur lebih dari 3 tahun memengaruhi kinerja pada Windows.

Oleh karena itu lakukanlah reset agar laptop tidak sering eror. Namun sebelum melakukan reset, Anda harus mencadangkan terlebih dahulu seluruh file dan data yang tersimpan pada laptop tersebut.

Menggunakan Cooling Pad

Hal yang sering terjadi, ketika laptop Anda berada dalam suhu tinggi, proses kinerjanya akan menurun dan menjadi lemot. Nah, Anda bisa menggunakan alat yang satu ini untuk mengatasinya. Untuk penggunaannya sendiri, biasanya Cooling Pad dipasang di bawah laptop sebelum digunakan.

Menggunakan Thermal Paste Pada Prosesor

Menggunakan Thermal Paste ini membantu Anda agar suhu laptop tetap stabil ketika sedang digunakan. Thermal Paste ini berfungsi untuk mendinginkan suhu pada prosesor laptop. Karena bisa jadi, penyebab laptop lemot adalah suhu pada prosesor sudah sangat tinggi, sehingga kinerjanya dengan otomatis menurun.

Itu dia cara mengatasi lemot pada laptop Anda yang sangat umum terjadi. Masalah yang kerap kali terjadi biasanya berbeda cara mengatasinya sesuai dengan perangkat yang Anda gunakan.

Cara Laptop Biar Gak Lemot Windows 10

Hapus Cache

Jika biasanya anda menghapus cache pada ponsel, maka sekarang Anda juga bisa membiasakan diri untuk menghapus cache pada laptop.

Caranya, Silahkan Anda buka “file manager” yang terdapat pada laptop, klik ikon “hard disk” setelahnya “properties” kemudian klik “tab general” yang terakhir “disk clan up” setelah itu cache laptop Anda akan terhapus.

Menghapus Aplikasi Tidak Perlu

Meskipun Anda sudah menggunakan Windows 10, penyimpanan aplikasi yang berlebihan dan tidak digunakan pun menjadi penyebab lemotnya laptop. Maka hapuslah agar program laptop Anda kembali stabil.

Pilih Daya

Memilih daya adalah keunggulan yang dimiliki oleh Windows 10, Anda bisa memilih daya laptop menjadi tinggi, sedang, dan rendah. Untuk mengatasi masalah laptop lemot, Anda bisa mengaturnya menjadi daya tinggi.

Matikan Aplikasi

Pada windows 10 ada beberapa aplikasi yang biasanya berjalan pada saat laptop dinyalakan. Hal ini pun menjadi pemicu kenapa laptop Anda bisa menurun kinerjanya. Maka dari itu agar tidak terjadi, Anda bisa mematikan beberapa aplikasi yang berjalan secara otomatis.

Itu dia di atas cara laptop biar gak lemot  yang bisa Anda lakukan ketika masalah seperti ini terjadi. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Laptop Overheat

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment