Cara Live Di Facebook Gaming

Cara Live Di Facebook Gaming – Banyak dari kalangan tua dan muda yang senang menggunakan fitur live streaming di Facebook.

Tentunya live streaming di Facebook membuat anda bisa berinteraksi dengan banyak orang hingga membuat anda semakin terkenal seperti streamer diluaran sana yang ternama.

Apalagi jika anda memiliki konten menarik untuk live yang bisa dibagikan kepada masyarakat luas. Entah itu sharing cerita, game, atau aktifitas apapun yang dapat membuat anda semakin terkenal layaknya influencer.

Bukan Cuma aplikasi seperti Youtube, IG, bahkan Twitch, platform Facebook juga memiliki fitur yang gak kalah kerennya untuk live streaming khususnya dalam konten gaming lho!

Platform ini bisa menampung para streamer game dari seluruh dunia. Wow menakjubkan bukan? Tentu saja anda tidak perlu khawatir dengan bagaimana cara live di facebook gaming karena anda akan menemukan jawabannya disini!

Anda tentu bisa memanfaatkan fitur tersebut dengan melakukan live streaming game yang bisa ditonton pengguna dari seluruh dunia ini loh. Gak sabar mau tau caranya? Anda bisa baca penjelasan-penjelasan berikut ini.

Cara Live Streaming Game Facebook 

Cara Live Di Facebook Gaming

Anda tentu saja bisa siaran langsung di Facebook lewat gadget apapun entah itu computer, laptop, tablet dan jenis PC lainnya. Tidak hanya PC namun juga ponsel pintar yakni android, Iphone, dan masih banyak lagi.

Jadi anda tak memerlukan budget lebih hanya untuk live streaming ini loh. Lebih hemat dan efisien dengan perangkat yang ada untuk live streaming game di facebook.

Setelah ini akan dijelaskan mengenai metodenya, yakni metode live streaming game di facebook menggunakan PC dan juga live streaming game di facebook menggunakan HP.

Jadi apakah sudah mulai ga sabar buat tahu caranya? Langsung aja ini dia penjelasan mengenai cara live di facebook gaming yang perlu anda ketahui.

Cara Pertama Dengan PC / Laptop

Cara Live Di Facebook Gaming

Anda mungkin sudah mengetahui streamer game dan YouTuber terkenal seperti PewDiePie dan Ninja. Banyak judul game terbaru yang dimainkan di platform PC oleh mereka lho.

Ini termasuk game mainstream seperti Fortnite, PUBG, dan Minecraft. Anda tidak perlu spek PC atau laptop yang terlalu mahal untuk streaming game di FB seperti mereka para game professional.

Selain itu, aplikasi yang Anda gunakan biasanya ringan dan tentu saja gratis. Mau tahu  cara livestream di Facebook PC dan laptop? Lihat langkah-langkah di bawah ini.

Yang pertama, anda perlu mendownload dan menginstal aplikasi Open Broadcaster Software Studio (OBS Studio). Jika sudah kemudian anda dapat mengunjungi situs ‘Live Streaming Facebook’, kemudian klik tombol ‘Create Live Stream’.

Nah jika sudah, kemudian akan muncul tampilan persiapan siaran langsung Facebook tersebut. Anda hanya perlu menyalin ‘Stream Key’-nya.

Setelah itu bukalah aplikasi software OBS Studio yang tadi sudah anda install, kemudian pada jendela utama, anda perlu klik menu Settings yang berada pada bagian kanan bawah.

Nah pada laman itu, anda hanya perlu beralih ke tab Stream. Setelah itu anda dapat memilih Service dengan opsi Facebook Live, Servernya Default, dan pada Stream Key-nya tempel salinan yang tadi sudah dijelaskan sebelumnya.

Nah jika semuanya telah terisi dengan benar, anda bisa langsung klik OK. Kemudian bukalah game yang akan anda live stream-kan di Facebook. Kemudian, kecilkan jendela lalu kembali ke OBS Studio.

Selanjutnya anda hanya perlu klik ikon ‘+’ pada bagian Source kemudian-lah pilih Game Capture. Jika muncul berikutnya anda hanya perlu klik ‘OK’ saja.

Setelah itu pilih jendela untuk ditayangkan, yang mana pada jendela berikutnya anda hanya perlu mengubah Mode-nya menjadi Capture specific window. Kemudian pada Windows-nya Pilih jendela game yang akan anda mainkan lalu klik OK.

Jika sudah, anda bisa tambah audio dalam arti untuk menambah audio game, anda perlu klik ikon ‘+’ pada bagian Source-nya dan pilihlah Audio Input Capture. Jika muncul jendela anda bisa langsung klik ‘OK’.

Jangan lupa untuk mengatur Device menjadi Default untuk mendapatkan suara yakni langsung dari PC dan game yang akan kamu mainkan. Untuk ke langkah berikutnya klik ‘OK’.

Nah jika anda ingin menambahkan facecam anda hanya perlu mengklik ikon ‘+’ pada Source dan pilihlah opsi yang tertera yakni Video Capture Device.

Jika anda belum mempunyai webcam, anda juga bisa mengubah HP Android anda agar menjadi webcam dengan aplikasi yang perlu anda install bernama DroidCam.

Lalu anda bisa mmemilih perangkat mana yang ingin anda ambil videonya. Anda pun disini dapat memilih Device yakni DroidCam Source 3 jika anda memakai HP jenis android sebagai webcam anda, jika sudah maka klik ‘OK’.

Selanjutnya, masukkan Suara dari Mic Eksternal yang mana untuk memasukkan suara dari mic eksternal anda bisa sekali lagi mengklik ikon ‘+’ pada Source dan pilihlah Audio Input Capture.

Jika sudah, kemudian anda bisa pilih perangkat yang anda gunakan untuk melakukan voice, misalnya seperti Device pilihlah Microphone (DroidCam Virtual Audio) lalu tekan ‘OK’.

Nah tips atau cara yang terakhir, anda tinggal atur saja layout tampilan anda sebelum anda memulai acara live streaming di Facebook Gaming. Jika anda sudah merasa semuanya oke, anda hanya perlu menekan tombol Start Streaming.

Selanjutnya, anda bisa kembali lagi ke laman Live Streaming Facebook tadi dan menunggu hingga tampilan seperti pada OBS Studio-nya tampak.

Nah disini anda hanya perlu mengatur seperti apa segi gamenya, judulnya, hingga deskripsinya. Lalu untuk memulai streaming anda tersebut tekan ‘Go Live’. Cukup gampang bukan?

Nah ada juga loh cara live streaming game di PC dengan aplikasi lain selain menggunakan OBS Studio. Yakni ada Bandicam dan XSplit Gamecaster yang dapat anda coba.

Kedua aplikasi tersebut berfungsi dengan sangat baik kok jika anda ingin melakukan live di facebook maupun merekamnya saat bermain game.

Cara Kedua Dengan HP

Selanjutnyan akan dibahas mengenai cara untuk anda memainkan game langsung di Facebook melalui iPhone maupun Android. Selain live streaming Facebook di PC tadi, Anda juga bisa menggunakan HP untuk menyiarkan live game ke FB lho!

Anda bisa mencoba cara memainkan PUBG dengan Live di Facebook lewat Android atau iPhone. Selain itu anda juga bisa memainkan game lain seperti Free Fire dan Mobile Legends seperti Jess No Limit.

Livestreaming di FB yang sangat mudah untuk dilakukan oleh siapapun termasuk anda. Anda juga dapat melakukan beberapa langkah sederhana seperti yang akan dijelaskan dibawah ini.

Pertama, Install Aplikasi Omlet Arcade. Pertama-tama anda harus mendownload dan menginstal terlebih dahulu aplikasi bernama Omlet Arcade pada ponsel anda.

Jika telah terinstalasi, anda hanya perlu membuka aplikasi ini kemudian lakukan pendaftaran akun dengan mengklik ‘Buat Akun’ lalu ikuti langkah berikutnya.

Kemudian, aktifkan perizinan. Nah pada saat anda pertama kali memakai aplikasi Omlet Arcade, anda perlu mengaktifkan terlebih dahulu perizinan dengan mengklik ‘Aktifkan Sekarang’. Pindahkan toggle untuk mengaktifkannya.

Jika sudah selesai anda dapat langsung kembali ke aplikasi tadi yakni Omlet Arcade. Jika sudah pilih-lah Go Live kemudian anda hanya perlu mengklik ikon ‘+’ yang berada pada bagian bawah kemudian pilihlah opsi Go Live.

Selanjutnya pilih game yang akan dimainkan. Kemudian pilih channel dengan menekan tombol overlay Omlet Arcade yang berwarna transparan. Pilih channel yang akan anda lakukan siaran langsung, misalnya facebook dan ikuti step-stepnya.

Sesuaikan pengaturan seperti deskripsi, overlay, hingga kualitas rekaman. Jika semua sudah beres klik Mulai. Anda akan tahu anda sudah mulai dengan melihat overlay Omelet Arcade yang berstatus Live.

Demikianlah cara live streaming game di facebook dengan mudah melalui perangkat yang sudah dijelaskan. Walaupun terkesan panjang lebar, namun ketika dipraktekan akan terasa lebih mudah. Selamat mencoba!

Baca Juga : Download Video Twitter

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment