Cara Melacak Akun Fake di IG

Cara Melacak Akun Fake di IG – Di dunia maya khususnya media sosial, tak semua yang kita lihat adalah sesuatu yang asli. Seringkali banyak hal-hal palsu atau bohong dapat kita temukan di sana.

Salah satunya adalah keberadaan akun-akun palsu atau akun fake. Keberadaan akun-akun yang tidak jelas keasliannya ini bisa kamu temukan di berbagai sosial media, salah satunya adalah Instagram.

Dengan adanya akun fake ini tentunya terkadang memberikan kesulitan tersendiri, karena kamu pun akan bingung menentukan manakah yang asli dan mana yang palsu.

Terutama jika kamu sedang ingin mencari akun Instagram dari artis favoritmu, atau akun seseorang yang populer lainnya.

Jika artis atau orang populer tersebut sudah memiliki centang biru, mungkin akan mudah menemukannya. Namun lain cerita kalau ternyata ia belum mendapatkan centang biru.

Maka dari itulah, kamu perlu mengetahui cara melacak akun fake di IG. Karena hal itu pula, pada artikel kali ini kami akan memberikan tutorialnya.

Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak pembahasan lengkapnya.

Cara Melacak Akun Fake di IG

Saat kamu mencari akun seseorang di Instagram, tentunya yang akan kamu lakukan adalah pergi ke kolom pencarian dan mengetikkan username atau nama asli dari orang tersebut.

Setelah mengetikkan nama tersebut, kemudian akan muncul deretan akun-akun yang memiliki nama serupa dengan orang yang kamu cari. Hal ini tak jarang membuat seseorang bingung, manakah akun yang asli?

Jika yang kamu cari saat itu adalah seorang artis, kemungkinan besar akun-akun palsu dan akun penggemar juga ikut bermunculan di hasil pencarian.

Nah, untuk menjawab rasa bingung yang kamu alami, terdapat tanda yang perlu kamu ketahui.

Tanda Akun Asli di Instagram

Salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk memastikan apakah akun artis tersebut asli atau palsu, adalah dengan memperhatikan ada atau tidaknya centang biru.

Jika tidak terdapat centang biru, bisa jadi akun tersebut adalah palsu. Memang, mencari akun asli di Instagram butuh ketelitian agar jangan sampai salah melakukan follow ke akun palsu.

Tanda Akun Fake di Instagram

Jika salah satu tanda akun asli adalah dengan adanya centang biru, maka tanda dari akun fake adalah tidak memiliki centang biru.

Memang tidak semua akun tanpa centang biru adalah akun palsu. Bisa saja memang akun tersebut belum memenuhi syarat untuk mendapatkan centang dari Instagram.

Karena itu selain memperhatikan centang biru, ada hal lain yang bisa kamu lakukan sebagai cara melacak akun fake di IG.

Cara Melacak Akun Fake di IG Selain Lewat Centang Biru

Cara lainnya untuk mengetahui apakah akun tersebut fake atau tidak, bisa dilihat dari beberapa aspek. Contohnya dengan melihat berbagai unggahan di akun tersebut, berapa jumlah pengikutnya, bagaimana kerapihan feeds di akun itu, dan informasi lainnya.

Cara Melacak Akun Fake di IG

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya berikut ini:

  1. Melihat Jumlah Pengikut atau Follower

Akun Instagram yang asli kemungkinan besar memiliki jumlah follower yang banyak, dan rata-rata pengikutnya merupakan akun IG yang aktif.

Sementara akun fake biasanya sebaliknya, memiliki jumlah pengikut yang sedikit dan jika diperhatikan pengikutnya pun merupakan akun-akun yang tidak meyakinkan.

  1. Cek Unggahannya

Jika akun tersebut merupakan asli milik seseorang, maka akan terlihat berbagai unggahan dari aktivitas sehari-harinya baik di feeds maupun di instastory.

Apabila akun milik orang biasa, unggahannya akan seputar keseharian seperti momen-momen bersama teman dan keluarga.

Sedangkan jika akun itu milik publik figur atau artis, tentunya unggahan yang ada merupakan foto-foto yang memperlihatkan gaya hidup mewahnya.

  1. Perhatikan Kerapian Akun Tersebut

Keaslian suatu akun pun dapat dilihat dari kerapiannya menata akun tersebut. Akun asli cenderung tertata rapi mulai dari susunan unggahannya, foto profil yang digunakan, hingga bio yang ada.

  1. Perhatikan Informasi Pengguna

Pada akun asli, informasi terkait pengguna tersebut biasanya jelas dan lengkap. Informasi tersebut biasanya terletak di bagian bio.

Jika akun tersebut asli, biasanya pemiliknya mencantumkan beberapa informasi pribadi seperti jurusan kuliah, universitas, maupun pekerjaannya.

  1. Cek Perubahan Nama Akun Tersebut

Kamu juga bisa melakukan pengecekan terkait perubahan nama yang dilakukan akun tersebut. Untungnya Instagram menyediakan fitur ini.

Nah untuk melakukannya, pertama silahkan buka dan kunjungi akun IG yang ingin kamu cek. Klik ikon berbentuk tiga titik di pojok kanan atas.

Selanjutnya akan terlihat pilihan menu yang ada. Pilihlah opsi Tentang Akun Ini. Nah, kamu akan melihat berbagai informasi mengenai akun tersebut seperti kapan akun itu dibuat, lokasi pemilik akun, nama pengguna sebelumnya, dan pengikut yang sama.

Silahkan klik pada pilihan Nama Pengguna Sebelumnya. Dengan begitu kamu akan dapat melihat riwayat perubahan nama apa saja yang pernah digunakan oleh akun tersebut, lengkap dengan tanggal, bulan, dan tahun perubahannya.

Setelah melihat informasi tersebut, kamu bisa menentukan sendiri apakah kira-kira akun tersebut adalah akun asli atau palsu.

  1. Cek Keaslian Akun Lewat Nomor Handphone

Untuk mengecek apakah akun tersebut merupakan yang asli atau bukan, kamu juga bisa mengeceknya lewat nomor HP. Untuk melakukan cara ini, tak perlu menggunakan aplikasi tambahan.

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah pergi ke halaman profil akun yang ingin kamu cari tahu, lalu klik ikon titik tiga di pojok kanan atas.

Pilih menu Temukan Orang, kemudian masuk ke menu Connect Contact. Kemudian pilih Mulai, dan berikan izin agar Instagram dapat mengakses kontak yang tersimpan di HP kamu.

Apabila orang tersebut mendaftarkan nomor HP nya di akun IG miliknya dan kamu menyimpan nomor tersebut, maka nama akun yang terkait dengan nomor itu akan muncul di kolom Suggestion.

Meski cara ini termasuk mudah, namun cara ini bisa saja gagal terutama jika orang yang ingin kamu cari tak mendaftarkan nomor HP nya untuk akun Instagramnya.

  1. Lacak Lewat Pertemanan Facebook

Selain menggunakan nomor HP, Facebook juga bisa dimanfaatkan untuk memastikan keaslian suatu akun. Karena seperti yang kamu tahu, seseorang dapat menghubungkan akun Instagramnya dengan Facebook.

Akan tetapi agar cara ini berhasil, orang tersebut harus sudah menghubungkan akun IG nya ke Facebook. Lalu bagaimana cara mengecek keaslian akun menggunakan Facebook?

Silahkan buka profil dari akun yang akan kamu lacak, dan klik ikon titik tiga. Kemudian klik pada menu Temukan Orang, dan pilih opsi Connect to Facebook.

Selanjutnya silahkan kamu log in menggunakan akun Facebook milikmu. Apabila sudah berhasil masuk ke FB, kamu tinggal mencari akun Instagram yang sedang kamu lacak.

Nah, jika muncul hasil yang ingin kamu temukan, maka dapat dikatakan bahwa akun yang sedang kamu lacak itu adalah akun asli.

Seperti itulah langkah yang bisa kamu gunakan sebagai cara melacak akun fake di IG. Setelah membaca dan mencoba sendiri cara-cara di atas, semoga kamu tak perlu lagi bingung dalam membedakan antara akun asli dan palsu

Baca Juga: Filter Instagram Yang Bagus

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment