Cara Melihat Hasil Google Form

Jika anda mendapatkan tugas untuk menyebarkan kuisioner atau mengumpulkan informasi secara online, maka anda perlu mempelajari mengenai fitur google satu ini terlebih dahulu.

Google form sekarang semakin banyak digunakan oleh berbagai kalangan, terutama jika hal tersebut memanglah tuntutan kerja di kantor. Sebenarnya tidak hanya untuk pekerjaan kantor, namun juga di sekolah, di kampus, bahkan beberapa platform di media sosial.

Sangat banyak mahasiswa yang melengkapi data skripsi kuantitatif mereka dengan menyebarkan kuisioner melalui google form.

Anda dapat mengumpulkan berbagai informasi hanya dengan menyebarkan kuisioner secara online melalui google form. Jika anda sedang melakukan penelitian, fitur ini akan sangat membantu anda mendapatkan jawaban responden secara cepat.

Oleh karena itu mempelajari cara kerja google form sangat diperlukan saat ini. Jangan sampai anda ketinggalan dan tidak mengetahui cara menggunakan fitur ini.

Sebagian orang mungkin telah mengetahui cara menyebarkan kuisioner melalui google form, namun tidak mengetahui akses untuk melihat hasilnya. Jika anda ingin mengetahui cara melihat hasil google form, silakan baca artikel ini hingga akhir.

Sekilas Mengenai Google Form

Cara Melihat Hasil Google Form

Software yang dirilis oleh google ini dapat membantu anda dalam membuat berbagai kuisioner, survey, pertanyaan interview, media registrasi acara, dan lain sebagainya.

Google form pertama kali diluncurkan pada tahun 2008. Namun disempurnakan pada tahun 2017, dengan menambahkan fitur validasi respons cerdas.

Fitur tersebut dapat mengidentifikasi tulisan responden. Jika tidak sesuai dengan ketentuan yang diberikan, maka google form akan memberikan pemberitahuan kepada responden untuk mengubah jawabannya dengan petunjuk yang diberikan.

Sebenarnya sejak pertama kali diluncurkan, Google form telah banyak mengalami perkembangan dan penambahan fitur-fitur baru yang lebih canggih.

Beberapa fitur tersebut seperti, membatasi tanggapan, maksudnya satu orang hanya boleh mengisi satu kali formulir.

Selain itu ada fitur acak pertanyaan, kostumisasi tema formulir, fitur saran jawaban, unggah file, serta fitur yang membuat URL Google Form lebih pendek sehingga mudah untuk disebarkan.

Banyak keunggulan yang anda dapatkan jika menggunakan google form sebagai alat untuk melakukan survey dan menyebarkan kuisioner.

Selain kemudahan akses, anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dan menghabiskan waktu untuk mendapatkan informasi dari responden.

Bagaimana Cara Membuat Pertanyaan di Google Form?

Untuk membuat formulir pada google form, anda harus memiliki akun google terlebih dahulu. Akun google ini akan memberikan akses menuju gdrive, gmail, dan lain-lain.

Setelah membuat akun google, anda dapat langsung menjalankan fitur google form. Berikut ini langkah-langkah yang bisa anda praktekkan,

  • Pertama, anda harus mengunjungi situs google form, yaitu https://docs.google.com/forms.
  • Kemudian anda akan diminta memilih template yang diinginkan,
  • Lalu klik icon + atau blank document,
  • Beri nama dokumen anda sesuai dengan tema formulir yang akan dibagikan. Serta tambahkan sedikit keterangan mengenai formulir tersebut, bisa berupa peraturan mengisi jawaban, dan lain sebagainya,
  • Selanjutnya anda akan diminta untuk menambahkan pertanyaan pada kolom untitled question,
  • Pilihlan tipe pertanyaan yang ingin anda gunakan, sebagai contoh multiple choice, short answer, paragraph, check boxes linear scale, dan lain-lain,
  • Jika anda ingin menambahkan media lain seperti gambar atau dokumen, dapat menggunakan menu file upload,
  • Buatlah kolom baru untuk pertanyaan baru, dan lakukan hal yang sama hingga pertanyaan anda berhasil dimasukkan semuanya,
  • Berikutnya, anda perlu me-review pertanyaan yang telah dibuat, pastikan tidak ada kata-kata yang salah,
  • Setelah itu, anda siap mengirimkan link google form ke responden melalui media sosial, aplikasi chatting, website, atau email.
  • Selesai, mintalah responden menjawab pertanyaan dengan sopan.

Mengetahui cara untuk membuat google form, tentu saja membuat anda lebih sering menggunakan fitur ini untuk mempermudah pekerjaan, ya?

Anda dapat membuat pertanyaan kapanpun dibutuhkan, karena fitur ini bisa digunakan secara gratis dan tidak membutuhkan aplikasi untuk menyimpannya.

Untuk mengetahui cara melihat hasil google form juga tidaklah sulit. Anda dapat mengakses hasilnya dimana saja, dari hp, pc, atau perangkat yang mendukung layanan google lainnya.

Berikut ini Cara Melihat Hasil Google Form yang Perlu Anda Ketahui

Setelah menunggu beberapa hari dan dirasa telah mengumpulkan cukup banyak responden, selanjutnya anda dapat melihat hasil google form tersebut.

Cara melihat hasil google form akan dijelaskan lebih detail melalui poin-poin dibawah ini,

  • Seperti saat anda membuat formulir google form, anda harus login akun google terlebih dahulu,
  • Atau anda dapat login melalui akun gmail,
  • Setelah masuk ke beranda, dan pilih form yang sudah anda bagikan,
  • Berikutnya klik view responses ,
  • Lalu anda akan diminta memilih melihat respons dalam bentuk individual atau summary,
  • Jika anda memilih summary, maka akan diperlihatkan diagram respon kuisioner anda. Sebaliknya, jika anda memilih respon individual, akan diperlihatkan responden satu persatu yang menjawab kuisioner anda,
  • Anda langsung menyimpan hasilnya, atau jika ingin melakukan export ke spreadsheet, klik menu export. Selanjutnya anda akan bisa melihat hasil google form melalui google spreadsheet dari hp atau PC anda

Selain menggunakan gmail, anda juga dapat mengetahui cara melihat hasil google form hanya melalui browser. Berikut cara melihatnya,

  • Pertama anda harus mengunjungi link https://docs.google.com/forms/u/0/ ,
  • Selanjutnya anda akan dialihkan pada laman google form, pilih formulir yang telah anda buat sebelumnya,
  • Klik menu responses, dan anda akan melihat berapa orang yang mengisi kuisioner anda,
  • Anda dapat melihat respons tersebut di menu summary atau individual,
  • Berikutnya klik export untuk menyimpan hasil kuisioner, export ini juga menggunakan google spreadsheet,

Sebenarnya cara ini tidak jauh beda dengan mengaksesnya melalui gmail. Namun tentu saja hal tersebut tergantung pada anda, cara mana yang menurut anda lebih efektif digunakan.

Anda tentu saja dapat langsung menampilkan hasil google spreadsheet di layar monitor, namun jika anda diminta untuk mencetak hasil google form tersebut, jangan khawatir. Berikut cara mudah untuk mencetak spreadsheet,

  • Tepat setelah anda mengakses halaman responses, ada icon titik tiga disebelah kanan atas, klik icon tersebut,
  • Berikutnya anda akan diberikan pilihan print all responses, klik menu tersebut,
  • Lalu anda akan terhubung pada menu preview sebelum dokumen dicetak,
  • Perhatikan dokumen secara teliti, setelah itu klik save,
  • Simpan folder tersebut di lokasi yang anda inginkan,
  • Selanjutnya anda dapat mencetak dokumen tersebut dengan cara biasa karena file telah berubah menjadi format pdf,

Itu dia beberapa penjelasan mengenai cara menggunakan google form, dan cara melihat hasil google form yang mudah untuk dipraktekkan. Software yang dikembangkan oleh google ini memang sangat bermanfaat untuk semua kalangan. Tidak salah lagi kenapa banyak instansi dan perusahaan yang menggunakan fitur-fitur dari google suite untuk mempermudah pekerjaan mereka. Apalagi sekarang adalah zaman dimana semua akses diharapkan serba online. Google form menjadi salah satu akses yang dibutuhkan.

Baca Juga: Cara Bayar Tagihan MNC Play

5/5 - (765 votes)

Leave a Comment