Cara Membagikan Wifi Dari Hp Ke Hp

Cara Membagikan Wifi Dari Hp Ke Hp – Sudahkah anda tahu bahwa WiFi merupakan salah satu  jaringan yang paling banyak digunakan saat ini?

Tentu saja dijaman canggih seperti ini pasti anda mengetahuinya,namun tahukah anda bahwa wifi juga dapat digunakan untuk mencapai koneksi yang stabil dan berkecepatan tinggi lho.

Untuk menggunakan Wi-Fi, tentu anda harus terhubung ke Wi-Fi terlebih dahulu. Ini karena wifi tidak dapat membuat sambungan tiba-tiba begitu saja secara otomatis.

Jadi saya punya beberapa pertanyaan. Apakah mungkin untuk berbagi WiFi antar ponsel? Jadi nantinya hanya satu telepon yang akan terhubung dan telepon lain tidak membutuhkannya. Nah berikut ialah cara membagikan wifi dari hp ke hp.

Cara Membagikan Wifi Dari Hp Ke Hp

Menggunakan Fitur Bluetooth

Walaupun banyak orang yang memakai aplikasi seperti Share it, Mi Drop dan lain-lain namun tentu saja fitur Bluetooth memiliki fungsi dasar dalam mengirim dokumen atau file.

Biar bagaimanapun tanpa fitur Bluetooth semuanya akan kesulitan dalam mengirim data atau file. Namun Bluetooth bukan berfungsi hanya untuk kirim-kirim file saja lho, tetapi juga bisa berfungsi sebagai konektor wifi pada android.

Hal ini tergolong mudah dan bisa dilakukukan dalam mengganti fungsi thethering atau hotspot yang tidak dapat aktif ketika wifi sedang menyala lho. Untuk langkah-langkahnya, mari simak penjelasan yang akan dijelaskan dibawah ini.

  • Step pertama, anda dapat menghubungan koneksi wifi di hp yang pertama, kemudian cek internetnya terlebih dahulu dan pastikan bahwa koneksi telah tersambung dengan baik.
  • Step kedua, pada step selanjutnya, anda dapat membuka ‘settings’ HP anda yakni bisa lewat opsi notifikasi atas (panel status bar) atau icon aplikasi yakni Setelan.
  • Step ketiga, setelah itu anda bisa masuk langsung ke menu Bluetooth dan tentu saja anda bisa langsung mengaktifkan Bluetooth tersebut untuk nanti disambungkan dengan HP kedua.
  • Step keempat, anda bisa membuka HP kedua anda dan kemudian masuk ke settings atau setelan, lalu pilih Bluetooth dan aktifkan Bluetooth pada HP kedua ini
  • Step kelima, nah selanjutnya, anda bisa menghubungkan atau mengkoneksikan kedua HP tersebut dengan Bluetooth yang sudah diaktifkan oleh kedua HP tadi.
  • Step keenam, konfirmasikan sambungan Bluetooth anda jika diminta untuk mengkonfirmasi. Selain itu biasanya diminta kode verifikasi yang sesuai jika anda baru pertama kali terkoneksi satu sama lain.
  • Step ketujuh, anda perlu memastikan bahwa kedua HP tersebut sudah tersambung dengan baik dari segi koneksi atau sambungan Bluetooth-nya agar nanti tidak terjadi kendala pada langkah berikutnya.
  • Step kedelapan, pusatkan fokus anda kali ini pada HP kedua anda, lalu anda bisa langsung buka settings atau setelan dan pilihlah opsi Hotspot Portabel kemudian aktifkan pengaturan atau setelan mengenai tethering Bluetooth.
  • Step kesembilan, tunggulah beberapa waktu (tidak akan lama) hingga proses menyalakan tethering Bluetooth yang tadi anda sudah lakukan akhirnya selesai dan siap untuk digunakan.

Jangan lupa jika semua langkah atau step-step diatas sudah anda lakukan anda juga perlu mengecek koneksi internetnya dengan lancar. Anda bisa dengan mudah mengetahuinya yakni bisa dengan cara membuka internet browser atau youtube.

Menggunakan Fitur Kode QR

Cara Membagikan Wifi Dari Hp Ke Hp

Jika sebelumnya menggunakan fitur Bluetooth, kali ini bisa juga berbagi koneksi wifi dengan menggunakan fitur yakni kode QR atau QR code lho!

Pasti anda sudah tau apa itu kode QR dan fungsi dasarnya, namun tenang bagi anda yang masih belum tahu atau mengerti apa itu kode QR dan apa saja fungsinya berikut penjelasannya untuk anda.

Kode QR ialah sebuah bentuk barcode dua dimensi yang mana memiliki fungsi seperti untuk menyimpan data-data dalam bentuk-bentuk random, di mana data tersebut hanya bisa dideteksi oleh perangkat tertentu saja.

Nah selain itu saat ini kode QR memiliki banyak fungsi lho seperti pembayaran m-banking, untuk ke website atau situs tertentu dan masih banyak lagi fungsinya yang ternyata bermanfaat untuk kehidupan kita sehari-hari lho.

Nah, ketika kita bicara mengenai kode QR, ternyata saat ini sudah banyak sekali smartphone dengan versi keluaran baru yang menerapkan kode QR tersebut untuk fungsi koneksi WiFi lho!

Jadi dari banyaknya manfaat si kode QR ini, kita dapat berbagi koneksi wifi menggunakan kode QR ini. Nah anda bisa mengetahuinya lebih lanjut pada penjelasan dibawah ini ya!

  • Step pertama, jadi kali ini anda bisa menyambungkan koneksi wifi di HP anda yang pertama kemudian bukalah kode QR yang tertera disana pada layar anda.
  • Step kedua, bukalah HP kedua anda, kemudian disana anda bisa menginstal terlebih dahulu aplikasi wifi QR connect pada google playstore yang mana ketentuan ini berlaku hanya jika HP anda belum punya aplikasi scanner ya!
  • Step ketiga, bukalah aplikasi yang sudah terinstal tersebut atau scanner barcode, maka nanti kamera anda akan terbuka otomatis untuk men-scan. Kamera tersebut sebagai scanner yang memiliki fungsi untuk membaca kode QR.
  • Step keempat, silakan arahkan kamera pada HP kedua tersebut yang sedang dalam mode scan ke kode QR di HP yang pertama sampai ter-scan dan muncul hasilnya.

Step kelima, setelah menunggu proses scanning dan penyambungannya selama beberapa saat sampai selesai dan apabila sudah, maka anda dengan otomatis bisa langsung memakai jaringan WiFi yang ada. Mudah sekali bukan?

Manfaat Berbagi WiFi dari HP Ke HP

Cara Membagikan Wifi Dari Hp Ke Hp

Percaya atau tidak ternyata banyak sekali manfaat yang tentunya bisa kita dapatkan dari adanya fitur ini. Berikut ini beberapa contoh sederhana yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya.

  • Pertama, proses menyambungkan yang lebih cepat. Jadi misalnya anda memakai kode QR yang mana terkadang prosesnya jauh lebih cepat dibanding harus menyambungkan HP langsung ke hotspot ini karena proses scanning-nya yang berjalan secara otomatis.
  • Kedua, bisa share wifi yang tidak bisa di-share. Maksudnya, pada WiFi ID tentu pemakaian user-nya dibatasi. Nah, dengan sharing WiFi ini cukup dengan satu HP yang tersambung langsung ke WiFi tersebut, maka HP lainnya bisa ikut tersambung juga.
  • Ketiga, tidak perlu repot dan ribet. Memakai cara dengan menggunakan Bluetooth memang terlihat agak ribet. Tapi justru itu hanya untuk awalnya saja. Karena untuk selanjutnya justru lebih mudah karena nantinya anda hanya tinggal aktifkan tethering saja. Apalagi untuk kode QR-nya yang jauh lebih mudah lagi, karena cuma pakai aplikasi.
  • Keempat, bisa untuk semua HP. Selayaknya hotspot, cara ini pun bisa dipakai untuk semua merek dan tipe HP, lho. Tetapi dikhususkan untuk QR-nya yang mana itu hanya bisa diterapkan di HP tertentu saja khususnya keluaran terbaru.

Selain keempat manfaat tadi tentunya masih banyak lagi manfaatnya, namun pada intinya fitur ini selain memudahkan tentu bagus nan bermanfaat.

Demikianlah penjelasan mengenai cara membagikan wifi dari HP ke HP. Semoga cara ini dapat menjadi petunjuk dan manfaat untuk anda dan para pembaca lainnya. Selamat mencoba!

Baca Juga : Cara Transfer Pulsa Telkomsel ke Axis

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment