Cara Membeli Reksadana di Tokopedia

Cara Membeli Reksadana di Tokopedia Tokopedia semakin canggih! Bukan sekadar aplikasi belanja online saja, ternyata bisa digunakan sebagai alat investasi. Dewasa ini banyak yang Tanya cara membeli reksadana di Tokopedia, lho!

Nah! Menimbang investasi itu sangat penting di masa depan, wajar saja banyak yang menanyakan. Namun, kami sangat sarankan Anda yang belum tahu apa itu reksadana memang wajib kenalan dulu, sih.

Terlebih di dalam reksadana itu sendiri terdiri atas ragam jenis, macam, sampai kelasnya. Pastinya sebelum tahu caranya Anda harus terlebih dahulu kenalan dengan reksadananya.

Tokopedia berkembang bersama aplikasi-aplikasi belanja lainnya, ternyata di zaman modern ini sudah bisa digunakan untuk investasi, lho! Siapa sangka kalau Tokopedia berperan penting untuk memenuhi kebutuhan masa depan Anda.

Namun, baiknya Anda kenalan dulu dengan reksadana dan jenis-jenisnya sebelum melakukan investasi. Hal ini karena sangat penting. Oleh karena itu, beberapa hal di bawah ini harus diperhatikan, terutama cara membeli reksadana di tokopedia.

Apa Itu Reksadana?

Cara Membeli Reksadana di Tokopedia

Memutuskan untuk melakukan investasi? Sejatinya ada begitu banyak alat yang bisa digunakan untuk melakukan investasi. Salah satunya reksadana. Nah! Namun, sebelum bahas dan terjun lebih dalam, apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan reksadana?

Bisa dikatakan alat investasi yang paling mudah dan cocok untuk pemula ialah reksadana. Sebelum bahas cara membeli reksadana di Tokopedia Anda perlu tahu dulu pengertiannya. Jika ingin tahu pengertiannya, Anda bisa lirik sesuai yang tercantum pada UU no 8 tahun 1945.

Menurut UU tersebut,  reksadana adalah tempat untuk menghimpun dana dari pemodal untuk manajer investasi. Para investor biasanya menyebut Manajer Investasi dengan sebutan MI. Di mana biasanya mereka membuka penitipan uang dari para investor.

Nah! Nantinya uang atau modal ini akan digunakan pada pasar investasi guna meraih keuntungan dari pasar modal pada investor. Buat Anda yang tertarik ingin investasi reksadana, kini cara membeli reksadana di Tokopedia sudah bisa dilakukan, lho!

Nantinya uang Anda akan dikumpulkan terlebih dahulu dari keuntungan-keuntungannya kemudian bisa digunakan untuk membeli obligasi, SBI (sertifikat Bank Indonesia), sampai deposito berjangka dan lain sebagainya.

Nah! Tetapi, MI tersebut tidak hanya sekadar mengelola dana orang-rang saja, melainkan juga bisa mengatur portfolio yang diinvestasikannya secara rutin kemudian nantinya melaporkannya pada investor. So, di bawah ini akan kami bahas cara membeli reksadana di Tokopedia.

Apa Saja Jenis Reksadana?

Bagi Anda yang akan melakukan investasi reksadana ada baiknya tahu terlebih dahulu jenis reksadana. Jadi, MI nantinya akan membagi reksadana berdasarkan penempatan dananya. Di mana pastinya sesuai jenis tersebut memiliki sisi keunggulan dan kekurangan.

  1. Saham

Jika Anda berniat tahu cara membeli reksadana di Tokopedia, kini harus tahu lebih dahulu jenis-jenis reksadananya. Salah satu jenis reksadana yang sangat terkenal ialah saham.

Tentang saham ini merupakan termasuk dalam jenis investasi yang sangat berisiko, lho! Banyak sekali penyebabnya yang menjadikan saham sebagai salah satu investasi paling berisiko. Tak lain adalah karena fluktuasinya yang sangat tinggi.

Jadi sebelum Anda mulai cara membeli reksadana di Tokopedia baiknya Anda tahu lebih dahulu keuntungan reksadana jenis saham. Di samping risikonya yang tinggi, tingkat keuntungan yang akan Anda dapat juga tergolong tinggi.

So menggunakan saham akan memberikan presentase sebesar 80% dalam penempatan dana yang dilakukan oleh MI pada portfolio.

  1. Pasar Uang

Anda juga harus tahu segi keuntungan atau kerugian saat memilih reksadana pasar uang. Anda akan menempatkan investasinya nanti di pasar uang.

Selain itu, jangka waktunya terbilang pendek, lho! Hanya kurang dari 360 hari alias 1 tahun. Jika Anda investasi di sini nantinya akan mendapat risiko kerugian kecil, bahkan bisa dibilang hampir tidak memiliki risiko.

Tak hanya itu, informasi mengenai hasil keuntungannya relative kecil. Makanya, Anda akan memilih reksadana yang mana?

  1. Pendapatan Tetap

Jenis Reksadana lainnya yang bisa Anda incar untuk investasi di masa depan ialah pendapatan tetap. Jenis reksadana yang satu ini bisa dibilang mirip dengan pasar uang. Namun, beda nama tetap saja memiliki perbedaan pada reksadananya.

Jika Anda memilih pendapatan tetap maka nantinya akan ditempatkan investasi pada surat utang dengan minimal kurang dari 80%. Di samping itu, misalkan Anda akna memeli pendapatan tetap juga tidak begitu berisiko.

Hanya saja kalau mau membandingkannya dengan saham, pendapatan tetap memiliki keuntungan yang cenderung kecil. Hal ini sebanding dengan risikonya yang kecil.

  1. Campuran

Ada jenis reksadana lainnya yang bisa Anda gunakan untuk investasi. Tak lain dan tak bukan ialah jenis reksadana campuran. Nantinya Anda akan tahu cara membeli reksadana di Tokopedia. Namun, Anda ketahui dulu apa yang dimaksud campuran ini.

Reksadana campuran ini termasuk dalam jenis investasi yang terdiri atas gabungan dari saham dan juga obligasi. Di mana Anda bisa memberikan investasi kepada keduanya. Namun, risikonya juga seperti gabungan yang akan Anda tanggung sedniri.

Untung Rugi Investasi Reksadana

Ada sisi keuntungan dan kerugian yang bisa Anda raih dari investasi reksadana. Sisi keuntungan akan memberikan kabar menyenangkan, lain halnya dengan sisi kerugian. Nanti akan kami bahas pula cara membeli reksadana di tokopedia.

Sisi untung investasi reksadana Anda dapat melakukan investasi meski menggunakan modal yang sangat sedikit, efisien, tidak membutuhkan keahlian, penawaran yang sangat banyak dan juga bisa mengecek perkembangan investasi secara real time.

Anda ketahui dulu kerugian melakukan investasi reksadana. Seperti halnya kesulitan penarikan dana jika banyak investor yang menarik dana juga, dikenakan biaya pengelolaan, rugi jika MI rugi, dan kehilangan dana jika MI tidak amanah.

Cara Membeli Reksadana di Tokopedia

Cara Membeli Reksadana di Tokopedia

Nah! Kini tiba di pembahasan bagaimana cara Anda membeli reksadana secara online melalui aplikasi e-comerce. Salah satunya dengan menggunakan Tokopedia. Beberapa cara tersebut dapat Anda perhatikan di bawah ini.

  1. Buka aplikasi Tokopedia, astikan sudah diinstal di perangkat Anda
  2. Lakukan login ke akun Anda, pastikan menggunakan akun pribadi
  3. Lakuakn pendaftaran Reksadana dengan cara mengisi formulir Tokopedia Reksadana secara online. Tidak lama, kemungkinan hanya butuh waktu 5 menit saja.
  4. Setelah melakukan pengisian formulir, silakan tunggu hingga persetujuan. Biasanya selama 1×24 jam saja.
  5. Kemudian pilih icon beli, silakan lakukan pembayaran. Terdapat beberapa jenis pilihan metode pembayaran, silakan Anda pilih salah satu. Metode pembayaran ini bisa dimulai meski Anda investasi sebesar 10.000 saja.
  6. Jika Sudah, selamat! Anda bisa memantau pergerakan investasi secara berkala setiap harinya.

Itulah beberapa cara membeli reksadana di tokopedia. Pastinya mudah, aman dan juga cepat akan membuat siapa saja merasa ingin investasi.

Baca Juga : Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Shopee

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment