Cara Membuka Pola Hp Yang Lupa

Cara Membuka Pola Hp Yang Lupa – Bagi sebagian orang privasi dan keamanan adalah hal yang penting dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Apalagi saat ini teknologi dan privasi harus saling berkesinambngan supaya tidak terjadi masalah yang tidak dinginkan yang dapat merusak nama baik maupun hal penting lainnya.

Nah, demi aman dan terjaga, tentu dalam memprioritaskan privasi dijaman sekarang memerlukan effort yang lebih. Terutama pada hal yang sehari-hari menemani bahkan menunjang kegiatan kita sebagai manusia yakni ponsel (HP).

Anda yang mengutamakan privasi diatas segalanya pasti menggunakan fitur kunci HP baik menggunakan password dalam bentuk angka, pola, kalimat dan masih banyak contoh yang lainnya seperti scan jari atau wajah.

Nah tentunya scan jari atau wajah bahkan mungkin angka dan kalimat masih bisa anda ingat dalam keadaan panik sekalipun. Namun bagaimana dengan password atau kunci yang menggunakan pola?

Walau terlihat mudah diingat namun kunci berbentuk pola jika dilupakan atau terlupakan akan sangat sulit mengingat dibanding menggunakan fitur lain. Karena kunci berbentuk pola ini perlu menghubungkan beberapa titik.

Ketika titik tersebut terhubung kemudian anda dapat menggambarkan pola tertentu. Namun jika lupa anda perlu mengulangnya berkali-kali bukan?

Namun anda tidak perlu khawatir jika anda lupa dengan pola tersebut, anda bisa membaca artikel ini hingga selesai dan anda akan mengetahui bagaimana cara membuka pola HP yang lupa.

Cara Membuka Pola Hp Yang Lupa

Biasanya HP yang terkunci dapat disebabkan oleh beberapa alasan sebagai contoh ialah karena anda sedang dalam keadaan panik atau terburu-buru, HP yang sudah cukup lama anda tidak gunakan, atau ada yang membajak HP anda.

Untuk mengatasi hal-hal seperti di atas, khususnya pada pengguna android, maka ada beberapa cara berikut ini yang bisa anda lakukan agar HP anda lekas terbuka dan anda dapat menggunakannya kembali.

Cara Pertama: ‘Forgot Pattern’

Yang pertama anda bisa lakukan ialah dengan memanfaatkan fitur ‘Forgot Pattern’. Fitur ini baru bisa diakses jika anda sudah beberapa kali salah memasukan gambar pola atau memasukan verivikasi keamanan saat membuka lock-screen.

Pada fitur tersebut anda hanya memerlukan HP android anda dengan koneksi jaringan internet yang stabil juga akun gmail anda yang aktif / sudah terdaftar sebelumnya.

Kemudian pada langkah selanjutnya, setelah anda gagal dalam beberapa kali melakukan percobaan membuka kunci dengan pola anda bisa pilih opsi ‘Forgot Pattern’.

Selanjutnya anda bisa melakukan ‘Sign In’ pada akun G-mail yang terdaftar pada HP android anda. Nah nanti anda akan diberikan pilihan atau opsi pergantian password, pin, atau pola yang anda miliki.

Setelah kemudian anda ganti, anda akan dibawa ke tampilan halaman utama yang nanti akan tertera di layar gadget anda.

Anda dapat memakai password, pin, atau pola baru untuk fitur kunci HP anda selanjutnya atau mungkin anda tertarik untuk berhenti memakai fitur kunci ini dengan menonaktifkan fitur kemanannya pada opsi ‘Pengaturan’.

Cara Kedua: ‘Find My Device’

Cara Membuka Pola Hp Yang Lupa

Cara selanjutnya jika anda lupa dengan pola atau password HP anda anda bisa menggunakan fitur ini yakni fitur ‘Find My Device’. Pertama anda bisa mengakses situs ‘Find My Device’ melalui laptop, tablet, atau computer anda.

Selanjutnya anda bisa membuka aplikasi browser di PC tersebut dengan mengunjungi situs ‘Find My Device’ tadi dan login dengan akun G-mail anda yang aktif yang tentunya sudah terdaftar.

Kemudian nanti akan muncul tiga opsi yang tertera pada layar PC anda yakni opsi Play sound, Secure Device, dan juga Erase Device. Lalu pilihlah opsi yang kedua yakni Secure Device.

Jika sudah anda bisa mengganti baru password anda. Setelah selesai melakukan pergantian password tersebut HP android anda akan tetap terkuni namun anda bisa membukanya dengan password yang baru yang barusan anda buat.

Cara Ketiga: ‘Lockscreen Crash’

Cara Membuka Pola Hp Yang Lupa

Siapapun yang masih menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android 5.0 hingga 5.1.1 (juga dikenal sebagai Lollipop) anda dapat menggunakan bug berupa lubang keamanan dengan merusak layar kunci.

Pertama anda bisa membuka menu darurat (Emergency Call) pada layar yang terkunci. Kemudian cukup ketik karakter ‘*’ di layar sampai karakter tersebut penuh dan anda tidak dapat menambahkannya lagi.

Copy karakter yang tadi kemudian buka akses kamera dari layar kunci dan seret-lah menu notifikasi yang ada diatas untuk membuka pengaturan.

Anda akan kemudian dimintai kata sandi. Namun, anda hanya perlu menempelkan karakter tadi untuk membuat lock screen crash. Lalu anda akan segera berada di layar utama smartphone anda. Anda bisa mengulangi cara ini jika belum berhasil.

Cara Membuka Pola Hp Yang Lupa Keempat: ‘Safe Mode Android’

Cara Membuka Pola Hp Yang Lupa

Nah cara ini dapat dilakukan jika masalah kunci HP android anda disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga, anda dapat memakai fitur ‘Safe Mode’ demi menonaktifkannya.

Sebetulnya cara membuka HP dengan lupa dengan pola ini bisa berbeda-beda namun umumnya dengan cara seperti ini.

Tekan tombol power HP beberapa saat hingga muncul opsi ‘Restart’ dan ‘Power Off’

Kemudian anda hanya perlu klik dan tahan opsi ‘Power Off’ sampai terlihat opsi ‘Reboot to Safe Mode’ lalu pilih ‘OK’ untuk meneruskan proses.

Setelah itu HP anda akan ter-restart yang kemudian masuk kedalam ‘Safe Mode’. Pada saat tersebut anda bisa meng-uninstall aplikasi lock screen pihak ketiga dan kembali masuk pada mode normal dengan melakukan ‘Restart’.

Cara Kelima: ‘Menghapus Pola’

Cara mengatasi pola HP yang terlupakan ini hanya bisa dilakukan jika anda sudah mengaktifkan menu USB Debugging dan komputer anda sebelumnya sudah terhubung ke ponsel Anda melalui ADB.

Pertama-tama, siapkan ponsel android anda dan kabel data untuk terhubung ke komputer anda. Jangan lupa untuk meletakkannya pada direktori instalasi ADB.

Kemudian ketik perintah adb shell rm /data/system/gesture.key kemudian klik Enter. Reboot HP dan lock screen anda nantinya akan menghilang. Proses ini hanya dapat dijalankan dalam waktu yang singkat, jadi segeralah ubah kata sandi anda.

Cara Membuka Pola Hp Yang Lupa Keenam: ‘Factory Reset’

Jika anda masih tidak bisa membuka pola yang anda lupa, anda mungkin perlu melakukan reset pabrik untuk kembali ke pengaturan default dan membuka kunci layar kunci.

Ini mungkin akan beresiko menghapus data-data anda, namun jika anda stuck dan hanya berharap HP anda dapat terbuka, cara ini bisa menjadi solusinya.

Singkat saja, pertama anda perlu mematikan ponsel android Anda. Kemudian tekan dan tahan tombol daya dan tombol volume bawah secara bersamaan untuk masuk ke mode pemulihan (tentunya metode ini dapat bervariasi pada setiap HP).

Selanjutnya, setelah memasuki mode pemulihan, gunakan tombol volume untuk memindahkan pilihan. Lalu pilih ‘Hapus Data’/‘Reset Pabrik’ dan tekan tombol ‘On/Off’. Jika proses telah selesai, pilihlah Reboot system now.

Akhirnya, HP akan hidup seperti baru dan semua setting akan kembali normal. Untuk cara membuka pola ponsel android yang terkunci karena lupa kata sandi, pola, atau PIN juga tergantung pada merek HP yang anda gunakan.

Anda bisa menggunakan step-step di atas sesuai tingkat kesulitan yang anda inginkan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda ya!

Baca Juga : Anti Virus HP

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment