Cara Memperbaiki HP Yang Tidak Ada Suaranya

Cara Memperbaiki HP Yang Tidak Ada Suaranya – Zaman modern seperti sekarang ini, perangkat handphone (HP) sudah menjadi barang paling penting bagi banyak orang. Bahkan, kini anak-anak yang sekolah online atau belajar dari rumah pun dikatakan memerlukan perangkat HP untuk mendukung media pembelajaran sehari-hari.

Dari sekian banyaknya kegunaan yang ditawarkan di perangkat HP tersebut, terkadang ada saja masalah yang dihadapi pengguna termasuk ketika perangkat tersebut tidak mengeluarkan suara.

Lantas, bagaimanakah cara memperbaiki HP yang tidak ada suaranya?

Cara Memperbaiki HP Yang Tidak Ada Suaranya

Dalam mengatasi permasalahan ini, Anda tentu akan mencari tahu mengenai tips dalam memperbaiki masalah tersebut, bukan? Akan tetapi alangkah baiknya Anda mencari tahu penyebabnya. Sebab dengan mengetahui penyebab hilangnya suara ponsel, maka hal ini nantinya akan lebih memudahkan Anda dalam mengatasi permasalahan hilangnya suara pada HP tersebut.

Faktor Penyebab Perangkat HP Tidak Mengeluarkan Suara

Pada umumnya, ada banyak sekali faktor penyebab suara ponsel yang Anda miliki tiba-tiba tidak mengeluarkan suara. Hal ini umumnya menjadi kondisi yang wajar jika kamu mendadak panik. Apalagi jika kondisi ini merupakan hal pertama kali yang Anda alami selama memiliki perangkat HP tersebut.

Jika membahas mengenai faktor penyebab HP tidak mengeluarkan suara, umumnya bisa disebabkan oleh dua hal. Pertama yakni karena adanya masalah pada sistem HP atau karena adanya masalah komponen yang berkaitan erat dengan speaker.

Agar lebih paham dan jelas, Anda bisa menyimak beberapa faktor penyebab HP tidak mengeluarkan suara seperti berikut ini :

  • Terjadi Pengaturan Suara HP dalam Kondisi Mute

Meskipun terdengar sebagai masalah sepele, namun penyebab utama HP tidak mengeluarkan suara ini sering kali membuat para pengguna merasa kesal dan panik sendiri. Terlebih lagi, kondisi ini terkadang sering kali tidak disadari oleh penggunanya.

Bahkan, kondisi ini bisa terjadi karena tombol hening atau tombol volume yang secara tiba-tiba tersentuh bahkan ketika posisi ponsel berada di dalam saku baju atau celana.

  • Terjadinya Sistem Ponsel yang Error / Bug

Seperti halnya perangkat laptop, sebuah ponsel juga terkadang sering mengalami masalah yang namanya bug atau error. Adapun masalah yang satu ini biasanya disebabkan karena berbagai faktor.

Salah satunya yakni karena file cache, efek dari instalasi atau pemasangan aplikasi baru yang baru di ponsel atau bahkan karena Anda telah melakukan root Android atau iOS. Jika proses root yang tidak benar maka bisa saja nantinya akan menimbulkan masalah termasuk hilangnya suara di HP.

  • Kerusakan Pada Speaker Ponsel

Penyebab lain yang menyebabkan tidak adanya suara pada HP yakni karena adanya kerusakan pada speaker perangkat tersebut. Biasanya, kerusakan pada speaker handphone ini disebabkan oleh kerusakan pada sistem ponsel itu sendiri.

Di samping itu, penyebab lain yang mempengaruhi kerusakan speaker HP yakni karena terjadinya korosi speaker lantaran masalah keringat atau uap air yang mengenai perangkat speaker.

  • Terjadi Kerusakan Pada Port Audio

Meskipun terdengar sangat jarang jika port audio mengalami kerusakan, akan tetapi hal ini bisa saja menjadi penyebab suara di ponsel tidak ada.

Ada beberapa ciri dari port audio yang rusak seperti misalnya munculnya gambar headset yang masih aktif padahal kamu sudah mencabut jack audio.

Dalam hal ini, ikon audio tersebut bisa menjadi tanda bahwa sistem handphone masih bekerja dengan eksternal speaker namun speaker hp tidak lagi berfungsi.

Tips Memperbaiki HP yang Tidak Ada Suaranya

Cara Memperbaiki HP Yang Tidak Ada Suaranya

  • Periksa Pengaturan Volume Pada Ponsel

Perlu Anda ketahui bahwa volume HP menjadi kunci dari suara di perangkat ponsel tersebut. Jadi, sangat wajar jika suara terdengar begitu kecil jika Anda mengatur volume di level yang rendah.

Bahkan, hal ini juga bisa menjadi penyebab suara musik tidak terdengar sama sekali di perangkat tersebut.

  • Menekan Tombol Volume

Dalam hal ini, Anda bisa langsung menaikkan atau menurunkan level volume yang diinginkan. Apabila volume terlalu rendah bahkan mati, cara ini bisa menjadi alasan kenapa volume media tidak berfungsi dengan baik.

  • Pakai Aplikasi Tambahan Bernama SoundAbout

Hanya dengan mengunduhnya di Google Play Store, Anda sudah bisa menggunakan aplikasi SoundAbout untuk mengatasi permasalahan suara tidak muncul di ponsel.

Adapun Anda perlu tahu bahwa aplikasi ini juga bisa dipakai pada beberapa masalah lain seperti speaker bluetooth yang dikira masih tersambung dan mode headset yang tidak bisa hilang.

Dalam memakai perangkat ini, Anda perlu menggunakan koneksi jaringan internet. Jika sudah, Anda bisa mengikuti beberapa cara seperti berikut ini :

Buka Google Play Store di ponsel Anda.

Setelah itu, lakukan pencarian menggunakan SoundAbout dan install aplikasi.

Bila aplikasi telah terpasang, Anda tinggal masuk ke menu Connectable Device / perangkat terhubung.

Kemudian, Anda tinggal pilih Wired Headset Settings.

Setelah itu, Anda tinggal hilangkan centang atau jangan pilih Wired Headset Detection.

  • Lakukan Penghapusan File Cache HP dengan Bantuan Recovery

Apabila Anda sering mengalami masalah suara yang tidak muncul, maka solusi paling mudah untuk dilakukan yakni dengan mencoba membersihkan cache files.

Namun dalam menghapus file caches ini juga perlu Anda ketahui lebih dulu dampaknya. Sebab, penghapusan cache files ini nantinya akan secara otomatis membuat data sementara yang terdapat bug akan terhapus dari ponsel. Dengan begitu, maka sistem akan berjalan kembali dalam kondisi normal seperti sedia kala.

Jika Anda ingin melakukan cara ini, bisa mengikuti beberapa langkah seperti berikut ini :

Pertama-tama, Anda matikan terlebih dahulu ponsel.Ketika ponsel dalam keadaan mati, tekan dan tahan tombol Power + Volume Up dan tahan selama beberapa saat.Nantinya, Anda akan diarahkan ke mode Recovery.

Di mode tersebut, Anda harus pilih menu Wipe dan pilih Wipe Cache. Untuk melakukan konfirmasi, Anda tinggal tekan Ok. Jika semua proses telah dilakukan, Anda bisa langsung restart ponsel.

  • Menggunakan Pilihan Factory Reset

Secara umum, factory reset bisa menjadi solusi pilihan akhir jika semua cara yang Anda lakukan tidak membuahkan hasil yang sesuai dengan keinginan. Namun disini, Anda juga perlu tahu bahwa melakukan reset factory sama halnya dengan Anda mengorbankan semua yang sudah diatur dan gunakan di perangkat ponsel sebelumnya.

Mengingat pilihan factory reset ini dikatakan sebagai mengembalikan ponsel ke setelan pabrik, maka sebelum melakukan reset sebaiknya Anda sudah melakukan backup data-data penting yang tersimpan di ponsel. Untuk melakukan cara ini, Anda bisa melakukan beberapa langkah seperti berikut :

  • Pertama, Anda masuk ke menu pengaturan di HP.
  • Setelah itu, masuk ke menu Cadangkan dan Setel Ulang.
  • Dalam hal ini, Anda diminta untuk memilih opsi Kembali ke Setelan Pabrik.
  • Jika sudah, Anda tinggal menunggu hingga semua proses berjalan sampai selesai.

Nah, itulah beberapa cara memperbaiki hp yang tidak ada suaranya yang bisa Anda lakukan sesuai dengan opsi pilihan terbaik menurut Anda.

Baca Juga : Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa di Charge

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment