Cara Memperbaiki Laptop Overheat

Cara Memperbaiki Laptop Overheat Memiliki perangkat laptop umumnya bisa menjadi pilihan paling tepat untuk bisa menyelesaikan semua pekerjaan yang memang membutuhkan alat elektronik tersebut. Namun di setiap penggunaannya, tentu pasti laptop dapat mengalami masalah jika digunakan setiap harinya, salah satunya adalah overheat.

Ya, kondisi inilah yang akhirnya menyebabkan pekerjaan yang harusnya diselesaikan secara tepat waktu menjadi terhambat. Untuk itu, penting bagi pengguna untuk tahu bagaimana cara memperbaiki laptop overheat.

Meskipun terdengar sepele, akan tetapi Anda juga perlu paham mengenai masalah laptop satu ini. Sebab, jika hal ini dibiarkan tanpa dilakukan perbaikan maka akan memberi dampak masalah serius pada perangkat laptop.

Apa Itu Masalah Laptop Overheat?

Apabila perangkat laptop Anda sering kali mengalami mati secara mendadak / tiba-tiba, maka hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh masalah processor laptop yang mungkin sudah PC overload.

Namun, masalah ini juga bisa saja disebabkan oleh faktor lain seperti misalnya permasalahan pada perangkat RAM sampai dengan masalah pada sistem operasi di perangkat laptop itu sendiri.

Dalam hal ini, masalah overheat sendiri sering dikatakan sebagai suatu kondisi dimana perangkat laptop dalam keadaan yang sudah terlampau panas akibat penggunaannya yang terlalu lama.

Adapun kondisi ini erat kaitannya dengan masalah processor yang sudah terlampau panas karena melebihi suhu wajarnya. Sehingga, adanya istilah overheating ini sering sekali dipakai untuk mendeskripsikan masalah tersebut.

Ciri-Ciri Laptop Mengalami Masalah Overheat

Cara Memperbaiki Laptop Overheat

  1. Terjadinya Penurunan Kinerja Perangkat Laptop

Bila kondisi processor sudah terlalu panas, maka besar kemungkinan jika perangkat laptop yang Anda pakai akan terasa macet atau Lag. Sehingga, hal ini akan mengakibatkan masalah laptop hang atau muncul blue screen. Namun, biasanya kondisi laptop yang sudah terlampau panas nantinya akan langsung melakukan Reboot atau Restart secara otomatis.

  1. Kondisi CPU Akan Terasa Lebih Panas

Perlu Anda ketahu bahwa jika processor mengalami masalah overheating, maka panas yang ditimbulkan nantinya dapat mencapai angka 100 derajat. Kisaran angka yang terbilang tinggi inilah yang nantinya akan membuat kondisi processor yang dipakai mengalami overheat. Apabila hal ini dibiarkan, besar kemungkinan perangkat laptop akan cepat rusak.

Bahaya Kondisi Laptop Overheat

Cara Memperbaiki Laptop Overheat

Meskipun masalah overheat dikatakan sebagai salah kondisi yang wajar dialami oleh semua perangkat laptop, akan tetapi tetap saja Anda perlu berhati-hati dan waspada. Sebab, kondisi ini bisa saja mengakibatkan dampak buruk bagi perangkat laptop jika tidak diatasi dengan baik dan benar. Bahkan, Anda juga yang nantinya akan mengalami kerugian besar pada laptop tersebut.

Adapun beberapa dampak membahayakan yang dialami laptop ketika mengalami masalah overheat antara lain sebagai berikut :

  1. Terjadi kerusakan pada processor yakni gosong terbakar.
  2. Perangkat laptop mengalami penurunan kinerja yang semakin memburuk seiring dengan berjalannya waktu.
  3. Bisa mengakibatkan kondisi MotherBoard rusak parah.
  4. Membuat perangkat laptop mati total.
  5. Menjadikan berbagai komponen lain ikut rusak.

Dari beberapa dampak overheat di atas yang terbilang tidak main-main dan tergolong sangat merugikan, maka dari itu Anda perlu tahu mengenai penyebab dan cara memperbaiki masalah tersebut sesegera mungkin.

Penyebab Laptop Overheat

  1. Terlalu Lama Menggunakan Perangkat Laptop

Salah satu penyebab paling utama yang mengakibatkan laptop mengalami overheating yakni karena menggunakan laptop terlalu lama untuk pekerjaan multitasking. Apabila Anda ingin menggunakan laptop dalam waktu yang lama, sebaiknya siapkan  cooling pad atau menggunakan perangkat tersebut di tempat terbuka.

  1. Kesalahan dalam Penempatan Laptop

Sering kali orang tidak paham mengenai tips cara merawat laptop dan menggunakan laptop yang tepat. Dimana, mereka sering kali meletakkan laptop di sembarang tempat misalnya di atas kasur atau di atas bantal. Padahal, hal ini dapat memicu sirkulasi udara menjadi terhambat hingga membuat laptop overheat.

  1. Tidak Berfungsinya Kipas Pada Laptop

Penyebab lain overheat yakni karena kipas yang tak berfungsi secara normal. Hal ini jika dibiarkan secara terus menerus akan mengakibatkan masalah hardware dan kinerja laptop semakin menurun.Bahkan, gejala yang sering muncul biasanya yakni akan membuat laptop mati sendiri atau hang. Tentu saja, hal ini akan sangat mengganggu dalam penggunaannya, bukan?

  1. Masalah Kekeringan Pada Thermal Paste

Secara umum, thermal paste yang berada di atas prosesor memiliki fungsi utama dalam hal mengurangi hawa panas yang dihasilkan oleh prosesor. Namun jika semakin lama penggunaan laptop dilakukan, maka semakin berkurang kinerjanya. Sehingga, hal inilah yang menjadi penyebab masalah laptop sering mengalami overheating.

  1. Kondisi Ventilasi Udara yang Tersumbat

Umumnya, ventilasi menjadi jalan keluar masuknya udara yang dialirkan oleh kipas di perangkat laptop. Apabila ventilasi udara tertutup debu dan kotoran, maka besar kemungkinan jika laptop akan menjadi cepat panas. Sehingga, bukan tidak mungkin laptop yang Anda gunakan akan mengalami masalah overheat berlebihan.

Cara Memperbaiki Laptop Overheat

  • Atur Sirkulasi Udara yang Tepat

Cara paling mudah untuk mengatasi masalah laptop overheating yakni dengan mengatur sirkulasi udara yang tepat. Dimana disini Anda bisa menambah kipas eksternal. Bahkan, Anda juga bisa membuat sendiri dengan daya dari USB maupun dengan membeli kipas eksternal pada toko komputer. Dengan melakukan cara ini, maka besar kemungkinan dapat membantu pendinginan dari luar.

  • Jangan Lupa Selalu Bersihkan Filter Udara dan Heatsink

Ada baiknya bagi Anda untuk selalu memastikan kondisi laptop dalam keadaan bersih. Namun jika laptop dalam keadaan kotor, Anda bisa mencoba membersihkan seluruh komponennya seperti pada bagian filter udara maupun heatsinknya. Jika Anda tidak berani melakukannya, maka bisa meminta bantuan orang lain yang pernah membuka casing laptop.

  • Hindari Membuka Aplikasi Banyak dalam Waktu Bersamaan

Tahukah Anda, bahwa salah satu risiko panas terbesar yang dihasilkan dari perangkat laptop disebakan karena adanya processor. Nah, kondisi processor laptop ini biasanya akan bekerja secara extra pada saat Anda membuka beberapa aplikasi secara bersamaan.

Dalam hal ini, Anda disarankan untuk menjalankan beberapa aplikasi penting saja ketika menggunakan laptop. Dan tutup beberapa aplikasi lain yang tidak perlu digunakan.

  • Selalu Perhatikan Bagaimana Posisi Keberadaan Laptop

Sering kali sirkulasi udara pada laptop tidak berjalan dengan baik karena kesalahan dalam posisi keberadaannya. Dalam hal ini, ada baiknya bagi Anda untuk menghindari meletakkan laptop pada kasur. Sebab selain mudah berdebu, hal ini juga dapat mengakibatkan sirkulasi udara menjadi terganggu. Oleh karena itu, pastikan tempat peletakan laptop dalam kondisi bersih dan bebas dari debu agar tidak menghambat sirkulasi udara.

  • Usahakan Selalu Bersihkan Virus Laptop

Selain aplikasi yang banyak dibuka, processor juga biasanya akan bekerja ekstra jika laptop terserang virus. Disini, Anda bisa mencoba untuk melakukan proses scaning dan bersihkan laptop dengan menggunakan aplikasi bawaab antivirus. Apabila file-file sistem laptop bersih dari virus, maka kinerja laptop dapat berjalan dengan lancar serta membuat sistem processor menjadi lebih ringan.

Itulah beberapa cara memperbaiki laptop overheat yang bisa Anda lakukan dengan mudah agar perangkat laptop tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Baca Juga : Cara Laptop Jadi Hostpot

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment