Cara Mengaktifkan Fitur Night Shift di iPhone

Cara Mengaktifkan Fitur Night Shift di iPhone Mengenal Definisi dan Cara Mengaktifkan Fitur Night Shift di iPhone – Membahas mengenai kecanggihan teknologi pada perangkat ponsel yang ada seperti sekarang ini memang tidak perlu diragukan lagi. Sebab, salah satu perangkat ponsel bernama iPhone belakangan ini turut menghadirkan fitur terbaru yang menarik untuk dicoba para penggunanya. Adapun fitur keluaran iPhone ini dinamakan night shift yang berguna untuk mengendalikan cahaya biru dari layar perangkat yang dipakai pengguna.

Bagi Anda yang mungkin belum tahu lebih detail tentang fitur ini mungkin akan dibuat penasaran mengenai penjelasan secara lebih lengkapnya, bukan? Bahkan, Anda juga mungkin akan bertanya-tanya lebih jauh mengenai bagaimana cara mengaktifkan fitur night shift di iPhone tersebut. Untuk menjawab rasa penasaran Anda ini, ada baiknya untuk menyimak lebih lanjut pembahasan lebih lengkapnya di artikel berikut ini. Sehingga, Anda nantinya bisa lebih paham dan tahu mengenai cara menggunakannya.

Apa Sih yang Dimaksud dengan Fitur Night Shit di iPhone?

Cara Mengaktifkan Fitur Night Shift di iPhone

Pada awal perilisannya, fitur night shift untuk perangkat iPhone sendiri merupakan cara terhebat dalam mengendalikan cahaya biru yang umumnya dipancarkan dari layar perangkat pengguna. Pada saat dipakai secara konsisten, beberapa ahli mengklaim bahwa cara itu dinilai bisa digunakan untuk membantu pengguna lebih cepat untuk tidur dan bahkan bisa berpotensi untuk meningkatkan beberapa aspek kesehatan bagi para pengguna ponsel.

Terlebih lagi, yang kita ketahui bahwa rata-rata orang yang menggunakan perangkat elektronik seperti halnya tablet maupun laptop tepat sebelum tidur biasanya memerlukan waktu sekitar sepuluh menit lagi untuk tertidur dan melaporkan jika mereka merasa kurang mengantuk selama waktu ini. Nah, disinilah fitur night shift akhirnya dimasukkan ke dalam gambar. Dimana, fitur ini umumnya menggunakan jam dan geolokasi informasi komputer pengguna untuk bisa menentukan kapan matahari terbenam di lokasi pengguna berasa.

Di samping itu, para peneliti juga percaya bahwa adanya paparan cahaya biru yang dipancarkan dari layar perangkat juga membatasi jumlah melatonin yang diproduksi oleh tubuh. Adapun melatonin ini merupakan hormon yang nantinya akan memberitahu tubuh seseorang bahwa sudah waktunya untuk tidur. Sementara itu jika melihat dari segi teori, menggeser warna ke sisi spektrum yang lebih hangat juga memungkinkan tubuh seseorang untuk bisa menghasilkan lebih banyak melatonin. Yang mana pada gilirannya, hal ini akan memungkinkan seseorang untuk tidur lebih cepat usai membaca atau bermain di ponsel.

Bagaimana Cara Memakai Fitur Night Shift di Perangkat iPhone?

Cara Mengaktifkan Fitur Night Shift di iPhone

Jika Anda bertanya mengenai apakah sebaiknya mencoba menggunakan fitur night shift ini, maka jawabannya adalah iya jika Anda sendiri memang suka memakai perangkat iPhone sebelum tidur. Adapun fitur ini biasanya dapat dijumpai di dalam pengaturan iPhone di bawah menu Diplay & Brightness di menu bagian kiri. Untuk menggunakannya, Anda tinggal menyalakannya dengan mengetuk tombol Scheduled dan mengetuk garis From/To untuk menyesuaikan jadwal.

Mungkin bagi sebagian besar orang mengaku akan merasa paling mudah jika hanya menyentuh opsi Sunset to Sunrise. Apalagi, hal ini hanya memakai pengaturan waktu dan lokasi Anda untuk menentukan matahari terbenam dan matahari terbit dan secara otomatis menyesuaikan fitur. Namun jika Anda tahu, tidak akan tidur sebelum jam 10 malam. Sebab, fitur tersebut akan sama bagusnya dengan waktu tertentu yang dijadwalkan.

Di samping itu, Anda juga nantinya akan diminta untuk menekan tombol Manually Enable Until Tomorrow. Yang mana, hal ini akan membiarkan Anda melihat seperti apa tampilan layar ketika Night Shift dihidupkan. Bahkan, Anda juga bisa menggunakan penggeser temperatur warna untuk menyesuaikan tampilan ke sisi hangat atau kurang hangat dari spektrum. Adapun fitur ‘kurang hangat’ ini berarti lebih banyak cahaya biru. Jadi, anda nantinya bisa tetap menggunakan sisi spektrum yang lebih hangat.

 

Hal yang Harus Diketahui Tentang Fitur Night Shift

Cara Mengaktifkan Fitur Night Shift di iPhone

Memberi Kenyamanan Bagi Mata di Malam Hari

Perlu Anda ketahui bahwa mode night shift sendiri merupakan cara paling nyaman untuk menatap layar ponsel di waktu malam hari. Di sini, Anda nantinya akan mendapatkan cahaya yang lebih kekuningan dan tidak tajam atau cenderung biru. Sebagai contoh ketika Anda bangun tengah malam dan melihat layar, maka mata hanya perlu membiasakan pandangan sebentar saja. Tentu saja, ini akan membuat mata lebih nyaman dalam menatap layar ponsel, bukan?

Adanya Daftar Perangkat yang Memberikan Support Fitur Night Shift

Hal yang harus Anda ketahui mengenai fitur night shift ini yakni dapat digunakan pada perangkat iOS 9.3 atau lebih baru. Selain itu, perangkat ini juga biasanya dimiliki pada daftar perangkat 64bit. Dimana dalam hal ini, Anda bisa menemukan di perangkat ponsel seri iPhone 5s sampai dengan perangkat paling baru dan iPad Mini 2 sampai paling baru. Cukup menarik untuk Anda coba di dalamnya, bukan?

Kemudahan dalam Mengatur Fitur Night Shift

Jika Anda berpikir bahwa mengatur fitur night shift terbilang susah, maka jawabannya adalahsalah besar. Mengapa demikian? Hal ini lantaran pengaturan fitur night shift ini cukup mudah dilakukan oleh semua pengguna. Dimana dalam hal ini, pengguna tinggal slide ke atas atau istilahnya panggil Control Center kemudian menekan fitur night shift. Adapun cara lain yang bisa dipilih yakni dengan melalui mode Settings – Display & Brightness – Night Shift.

Cara Menjadwalkan Fitur Night Shift

Disini, Anda juga bisa melakukan penjadwalan fitur night shift di perangkat iPhone. Untuk dapat melakukan hal ini, Anda cukup kembali masuk di menu Settings – Display & Brightness – Night Shift kemudian nyalakan tombol Scheduled. Setelah itu, Anda tinggal mengatur waktu untuk perangkat iOS dan mulai menggunakan fitur Night Shift dan mematikannya secara otomatis.

Pengaturan Color Temperature di Night Shift

Di fitur ini, Anda juga bisa mengatur temperature dari warna night shift sendiri. Apabila dirasa kurang gelap atau kuning redup, maka Anda tinggal melakukan pengaturan dengan cara menggeser ke arah More Warm atau arah sebaliknya untuk lebih menampilkan cahaya biru. Cukup mudah untuk Anda lakukan, bukan?

Fitur Hey Siri, Turn Night Shift On

Menariknya lagi, disini Anda juga bisa meminta bantuan Siri dalam menyalakan atau mematikan fitur night shift jika diperlukan. Seperti misalnya ketika Anda ingin menonton video atau foto yang dikirimkan tema pada jam lewat tengah malam dan butuh warna akurat. Maka bisa menggunakan bantuan fitur Siri yang satu ini.

Cara Mengaktifkan Fitur Night Shift di iPhone Paling Gampang Anti Ribet

Bagaimana Cara Mengaktifkan Fitur Night Shift di iPhone?

Untuk dapat mengaktifkan fitur night shift yang satu ini, Anda tinggal melakukan beberapa langkah-langkah seperti berikut ini :

  1. Pertama-tama, Anda buka menu Settings.
  2. Jika sudah, maka Anda tap opsi Display & Brightness.
  3. Kemudian, Anda tinggal melakukan tap opsi Night Shift.
  4. Selanjutnya, tap on pada opsi Scheduledjika ingin mengaktifkan Night Shift secara terjadwal. Atau Anda bisa memilih opsi Manually Enable Until Tomorrow apabila ingin mengaktifkannya sekarang juga.
  5. Sementara pada bagian bawah, biasanya ada slider yang mengatur efek cahaya yang diberikan. Disini, Anda bisa slide ke kanan untuk mengurangi efek cahaya biru sebanyak mungkin, atau ke kiri untuk sebaliknya.
  6. Proses mengaktifkan fitur night shift selesai dilakukan.

Itulah cara mengaktifkan fitur night shift di iPhone yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat.

Baca Juga : Cara Mengirim File Dari PC ke iPhone

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment