Cara Mengatasi Hp Kena Air

Cara Mengatasi Hp Kena Air – Terkadang kita tidak sengaja menjatuhkan ponsel hingga tercebur air , hal inilah yang menyebabkan ponsel menjadi rusak bahkan tidak bisa menyala.  Meskipun banyak merek hanpdhone yang kedap terhadap air namun tidak banyak orang yang menggunakan merek tersebut , misalnya saja ;  Sharp Aquos Sense 4.

Ponsel yang sudah terkena air pasti mengalami kerusakan yang fatal ditambah ponsel tersebut adalah salah satu smartphone kesayangan Anda. Pasti Anda akan langsung membawanya ke counter servis terdekat, Tapi jangan dulu bertindak gegabah.

Berikut ini Cara Mengatasi Hp Kena Air

Ingatlah ponsel yang jatuh ke dalam air tidak semuanya mengalami kerusakan fatal, sayang rasanya jika Anda langsung membawanya ke counter atau tempat servis handphone. Ditambah jika Anda tidak memiliki uang untuk membawa ponsel kesayangan Anda, lebih baik simak pembahasan melalui artikel ini.

Cara Mengatasi Hp Kena Air, Rendam Ke Dalam Beras

Cara Mengatasi Hp Kena Air

Cara paling efektif untuk mengatasi HP yang jatuh ke dalam air adalah cobalah merendam handphone Anda ke dalam beras. Beras cukup efektif menghantar energi panas setelah mesin didalam ponsel terendam air karena mengandung zat elektrostatis.

Langkah yang dilakukan cukup mudah yaitu :

  1. Saat ponsel Anda jatuh ambil lalu diamkan 1 menit hingga kering
  2. Ambilah 10 gelas butir beras kemudian taruh ponsel
  3. Tumpukkan ponsel ke dalam beras dalam 3 hari
  4. Setelah itu nyalakan tombol power

Gunakan Silica Gel

Silica gel adalah butiran seperti kaca yang memiliki bentuk sangat berpori dan mempunyai kegunaan multifungsi. Menggunakan silica gel sangat tepat untuk Anda yang terlanjur panik akibat handphone jatuh ke permukaan air.

Kantong dari silica gel mampu menyerap kelembapan perangkat yang basah secara sempurna. Dengan hal ini silica gel mampu mengeringkan ponsel yang basah akibat terkena air

Untuk menggunakan silica gel pada ponsel cukup lakukan :

  1. Masukkan ponsel Anda ke dalam tas Ziplock dengan gel silika kemudian tutup rapat.
  2. Anda juga bisa menumpuk handphone dengan silica gel di dalam sebuah wadah yang sangat rapat
  3. Taruh di dalam laci dan jangan sampai terkena paparan sinar
  4. Tunggu selama 72 jam ke depan hingga ponsel benar-benar kering

Cara Mengatasi Hp Kena Air, Menggunakan Vacum Cleaner USB

Barang antik ini memang belum terlalu dikenal oleh sebagian orang padahal fungsinya sangat signifikan. Vacum Cleaner USB sangat tepat digunakan dalam keadaan darurat salah satunya adalah untuk mengeringkan ponsel.

Jika handphone jatuh ke dalam permukaan air Anda bisa menggunakan penghisap debu keyboard ini dengan cara :

  1. Keluarkan semua komponen ponsel seperti : sim card dan micro sd
  2. Gunakam vacum cleaner untuk mengeluarkan air dari hp
  3. Jangan menggunakan benda ini terlalu dekat dengan permukaan mesin karena dapat membuat komponen di dalamnya menjadi longgar
  4. Tunggu beberapa saat dan diamkan selama 5 menit

Manfaatkan Pasir Kucing

Terkenal dengan aromanya yang bau, pasir kucing ternyata memiliki kegunaan untuk mengeringkan berbagai perangkat elektronik termasuk smartphone. Untuk Anda yang kurang suka bau menyengat pada pasir kucing, Anda bisa menggunakan merek pasir kucing yaitu Catsan Ultra Odor Control Formula.

Setelah membelinya Anda cukup mengambil wadah yang besar dan kemudian taruh pasir kucing secukupnya. Kubur ponsel di dalam pasir kucing selama beberapa hari. Setelah itu ambil ponsel dan kemudian nyalakan.

Keringkan Handphone dengan Kain  Microfiber

Anda bisa mengeringkan ponsel dengan menggunakan kain microfiber. Kain ini mengandung bahan polyester yang memiliki daya elektro  statik magnetis yang mampu menyerap air dan kotoran tanpa meninggalkan bekas.

Biasanya kain ini digunakan untuk mengelap motor dan mobil tetapi bisa digunakan dalam mengeringkan ponsel. Caranya cukup mudah Anda bisa membeli kain ini diberbagai situs jual beli.

Kemudian lap permukaan ponsel menggunakan kain ini hingga ke bagian speaker dan kamera. Setelah mengering jangan langsung menekan tombol power, tunggu 1 hingga 2 jam untuk mencharge daya panas ponsel dengan sendirinya.

Cara Mengatasi Hp Kena Air, Bawa ke tempat servis hp

Jika cara diatas sudah dilakukan semua tetapi hp tak kunjung menyala, solusi terakhir Anda bisa membawanya ke tempat servis hp terdekat. Biasanya mereka akan membongkar hp Anda dan melihat komponen mana yang harus diganti akibat terkena air.

Untuk biayanya berbeda-beda tergantung seberapa parah kerusakan. Tapi Anda tak perlu khawatir karena setelah melakukan langkah diatas setidaknya mengurangi 56% tingkat kerusakan akibat ponsel terkena air.

JANGAN LAKUKAN INI KETIKA HANDPHONE JATUH KE PERMUKAAN AIR

Setelah Anda mengikuti langkah yang telah dijelaskan, Jangan lupa untuk tidak melakukan hal dibawah ini ketika ponsel mati akibat tercelup air :

  1. Langsung menyalakan ponsel

Ketika dilanda kepanikan banyak pengguna yang tidak mengerti dan langsung menekan berbagai tombol agar ponsel menyala. Padahal dengan melakukan hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan yang semakin parah.

  1. Menggoyangkan Ponsel

Mungkin banyak orang berpikir bahwa dengan menggoyangkan hp dan menggerakan hp ke arah manapun membuat ponsel kembali menyala. Padahal tidak demikian, alasannya ialah ketika Anda menggoyangkan hp maka beresiko membuat air semakin menyebar  bahkan masuk ke dalam hardware.

  1. Hindari paparan sinar matahari

Menjemur hp dibawah paparan sinar matahari bukan solusi ampuh untuk membuat hp kembali menyala. Hal ini justru dapat membuat membuat komponen semakin rusak bahkan hp Anda bisa mati total!

  1. Jangan keringkan HP dengan hair dryer

Sangat berbahaya jika ponsel dikeringkan menggunakan hair dryer atau pengering rambut. Hal ini dikarenakan hair dryer dapat membuat panas sistem OS Android pada ponsel meskipun hp dalam keadaan mati sekalipun.

Cara yang tepat menggunakan hair dryer untuk mengeringkan ponsel adalah gunakan pengering rambut untuk mengeringkan speaker, lalu beri jeda sekitar 5 hingga 10 detik, kemudian keringkan kembali.

  1. Jangan mencolok ponsel ke charger

Terakhir Anda tidak boleh mencolok ponsel yang mati akibat terkena air ke charger atau cassan.  Justru jika Anda melakukannya maka akan membuat hardware ponsel semakin down. Hal inilah yang akan menyebabkan ponsel mengalami mati total dan tidak bisa hidup kembali.

Kesimpulan dan Penutup

Ponsel yang jatuh ke dalam permukaan air bisa saja tidak dapat dihidupkan kembali atau mengalami mati total namun tergantung merek ponsel yang Anda beli.  Dengan langkah yang telah diberikan setidaknya menjadi pertolongan pertama agar kerusakan ponsel tidak terlalu parah.

Perlu diketahui pula setelah ponsel jatuh ke dalam permukaan air pastikan komponen lainnya ikut mengering seperti ; speaker, kamera, lubang charger, dan lcd ponsel. Demikianlah artikel kami, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda yang membacanya.

Baca Juga : Cara Atasi HP Cepat Panas

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment