Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa di Charge

Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa di Charge 100% Work! – Siapa yang tidak kesal dengan kondisi ponsel yang tidak terisi meski sudah lama di charger. Baterai pun tidak bertambah sama sekali hingga status daya baterai tetap bernilai 0%. Memang kasus ini marak terjadi khususnya bagi pengguna yang sudah menggunakan ponsel hingga lebih dari 4 tahun.

Hp yang tidak bisa dicas selama berhari-hari dapat menyebabkan ponsel mengalami hard brick atau dimana hp tidak menunjukan tanda menyala ketika dinyalakan. Tentu dengan kondisi ini membuat pengguna kesal karena dengan baterai ponsel yang kosong, hp tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Faktor – faktor HP Tidak Bisa Di Charge

Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa di Charge

Banyak faktor lain yang perlu diketahui pengguna yang menyebabkan ponsel tidak bisa dicas. Kira-kira apa sajakah itu? Berikut penyebab handphone tetap 0% meskipun sudah dicas :

Terdapat bug sistem

Bug atau kesalahan sistem pada Android menyebabkan sejumlah aplikasi terhenti secara tiba-tiba. Selain itu bug berpengaruh terhadap perangkat penting pada Android, misalnya saja CPU dan Baterai.

Jika dibiarkan bug dapat membuat ponsel tidak dapat menyala dan hanya getarannya saja. Saat Anda charge mesin ponsel tetap hidup tetapi layar berwarna hitam, inilah yang biasa disebut soft brick.

Rusaknya IC Power Android

Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa di Charge

IC power adalah sebuah chip yang terdapat di dalam ponsel yang memiliki fungsi untuk menghantarkan daya atau tegangan

arus dari baterai ke seluruh komponen android. Jika IC power rusak maka otomatis hp Anda tidak bisa dicas bahkan tetap 0% meski dicas berhari-hari.

Penyebab rusaknya IC Power adalah HP Anda terjatuh atau mengalami benturan tanpa disengaja. Selain itu faktor yang mencabut ponsel yang belum 100% saat sedang dicas dapat membuat IC power melemah.

Kabel USB atau Adaptor Rusak

Perlu diketahui bahwa kabel usb dan adaptor charger sangat penting dalam proses pengisian baterai. Penyebab HP tidak bisa dicas atau tidak terisi penuh kemungkinan mengalami kabel usb atau adaptor rusak.

Kabel USB dan Adaptor yang rusak akan mempengaruhi pengisian baterai. Untuk itu hindarilah pemakaian bersama charger original yang Anda miliki dengan ponsel lain agar terhindar dari kerusakan.

EMMC Bermasalah

Emmc merupakan sebuah komponen utama dalam ponsel berupa memori kecil yang tertanam langsung didalam smartphone. Emmc bersifat embedded dimana tidak bisa dilepas maupun di upgrade sesuai keinginan.

HP yang tidak bisa dicas juga bisa disebabkan karena Emmc yang bermasalah. Biasanya kerusakan awal adalah HP tiba-tiba muncul logo fastboot dan layar blank berwarna hitam. Android yang sudah mengalami kerusakan pada Emmc maka semakin mahal pula biaya servis yang akan dibebankan ke pengguna.

Baterai ponsel sudah rusak

Terakhir penyebab utama HP tidak bisa dicas ataupun tidak dapat terisi penuh bisa diakibatkan oleh baterai ponsel yang rusak. Sebelum menggantinya Anda harus mengetahui jenis baterai apa yang tertanam dalam Android Anda.

Baterai Removable

Baterai ini sulit diganti baru jika mengalami kerusakan karena sudah tertanam bersama dengan komponen lainnya dalam ponsel.  Untuk membuat tidabaterai removable tetap bertenaga adalah menjaga suhu ponsel agar tidak mengalami overheat.

Baterai Non-Removable

Berbeda dengan removable, baterai ini lebih fleksibel terhadap penggunaannya karena jika rusak lebih mudah untuk diganti. Kerusakan pada baterai non-removable bisa mengakibatkan HP tidak bisa dicas serta tidak mengisi daya baterai hingga 100%.

Setelah Anda mengetahui penyebab utama mengapa ponsel tidak bisa dicas ataupun terisi penuh jangan dibiarkan begitu saja. Anda wajib mengikuti langkah seperti dibawah ini :

CARA MENGATASI HP YANG TIDAK BISA DI CHARGE WORK 100%

Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa di Charge

Melakukan Factory Reset

Factory reset biasa digunakan ketika ponsel mengalami hang/lag serta force closed secara tiba-tiba. Tetapi Anda bisa melakukan factory reset untuk memperbaiki kondisi baterai yang mulai tidak normal.

Kondisi ini ditandai dengan baterai yang selalu 0 ketika dicas bahkan dapat membuat hp mati total jika dibiarkan. Factory reset bisa dilakukan dengan langkah dibawah ini ;

Melalui menu pengaturan

  • Buka menu pengaturan pada ponsel
  • Tap tentang ponsel
  • Lalu tekan reset
  • Akan muncul peringatan di layar Anda kemudian ikuti prosesnya hingga selesai

Melalui Recovery Mode

  • Tekan dan tahan tombol volume up dan power secara bersamaan hingga muncul notifikasi
  • Carilah bacaan dilayar bernama ” Wipe data/Factory Reset menggunakan tombol volume down
  • Tekan tombol power pada menu tersebut
  • Tunggu sekitar 5 hingga 10 menit
  • Proses factory reset telah selesai

Ganti Charger dan Periksa Port USB

Jika factory reset telah dilakukan langkah berikutnya adalah Anda perlu mengganti charger pada smartphone karena bisa saja usb dan port usb mengalami kerusakan. Anda perlu membeli charger original melalui counter hp terdekat atau langsung mengunjungi gerai merek ponsel yang Anda miliki untuk keamanan lisensi original resmi.

Melakukan Downgrade OS Android

Downgrade OS Android adalah melakukan  pembaruan sistem operasi Android agar perangkat semakin  kompatibel. Bisa saja HP tidak bisa dicas atau tidak dapat terisi penuh karena sistem operasi Android bermasalah.

Berikut langkah sederhana dalam melakukan Android OS Android :

  • Unduh firmware sesuai merek ponsel hp Anda
  • Download aplikasi Odin melalui pc
  • Klik ” Bootlader/BL ” lalu cari firmware yang sudah didownload
  • Tunggu selama 3 menit hingga proses berhasil terverifikasi
  • Masuk ke aplikasi Odin dengan menekan tombol Volume + Power
  • Tunggu perangkat terdeteksi
  • Klik start dan tunggu hingga proses pemasangan firmware selesai
  • Terakhir pilih Wipe data/Factory Reset dan Reboot

Melakukan Kalibrasi Baterai

Kalibrasi baterai merupakan cara untuk memperbaiki sistem android dalam membaca status baterai secara akurat.  Bisa saja Hp Anda tidak bisa dicas akibat baterai yang rusak terutama jika menggunakan baterai removable.

Disinilah saatnya Anda melakukan kalibrasi untuk memonitor kondisi baterai ponsel serta memperbaikinya sebelum membawa ponsel ke tempat servis. Lalu bagaimana caranya?

Kalibrasi baterai tanpa root

  • Download aplikasi ” Easy Battery Calibration ” di google playstore
  • Klik ” Let’s get started ” pada menu di dalam aplikasi
  • Centang kedua gambar dibawah ini hingga hijau
  • Klik calibrate battery

Kalibrasi baterai dengan root

  • Habiskan baterai hingga 0%
  • Masukkan ponsel ke dalam recovery mode dan arahkan ke menu ” advanced section “
  • Hapus statistik baterai
  • Hubungkan ponsel ke charger dalam keadaan mati
  • Tunggu hingga penuh

Membawanya ke tempat servis

Jika semua cara sudah dilakukan barulah Anda membawanya ke tempat servis terdekat. Sebelumnya pastikan bahwa kondisi hp tidak dalam keadaan mati total, sisihkan setidaknya 10% pada baterai agar lebih mudah untuk dideteksi.

Baca Juga : Virus HP Yang Paling Berbahaya

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment