Cara Menggunakan Fitur COD di Bukalapak

Cara Menggunakan Fitur COD di Bukalapak Yang Tepat

Cash On Delivery atau biasa disingkat COD adalah salah satu cara pembayaran terbaru yang ada di Bukalapak dan marketplace lainnya. Cara Menggunakan Fitur COD di Bukalapak ini juga menyediakan pengalaman berbelanja yang baru, aman, seru, nyaman dan juga mudah.

Pembeli juga dapat membayar transaksi secara tunai dan mereka juga bisa langsung membayarnya pada kurir ketika pesanan yang mereka pesan sudah mereka terima. Saat ini, jasa pengiriman yang mendukung COD adalah Sicepat Gesit.

Fitur COD di Bukalapak

Cara Menggunakan Fitur COD di Bukalapak

Fitur Cash On Delivery atau COD di Bukalapak adalah metode pembayaran yang dilakukan secara tunai dan langsung dari pembeli kepada kurir saat pesanan diterima, sehingga mereka tidak perlu menggunakan fitur bank dan rekening.

Metode pembayaran COD ini juga menawarkan pengalaman berbelanja yang nyaman dan mudah, karena pihak pengguna pada platform Bukalapak yang dapat menggunakan fitur COD dengan tanpa harus pergi ke atm atau mengisi saldo.

Keunggulan Fitur COD di Bukalapak

Sebelum mengetahui Cara Menggunakan Fitur COD di Bukalapak, kamu juga perlu tahu tentang keuntungan-keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan fitur COD di Bukalapak. Berikut ini adalah keuntungan fitur COD untuk penjual online.

Meningkatkan Transaksi Antara Pembeli Dan Penjual

Para penjual online yang sudah bisa mengaktifkan fitur Bayar di Tempat atau COD membuka kesempatam untuk bisa meningkatkan jual beli di toko mereka dan mendapatkan penghasilan yang lebih jika dibandingkan dengan para penjual online yang tidak mengaktifkan fitur COD.

Memperluas Jaringan yang Lebih Banyak

Ada pengguna fitur COD atau pembeli yang menggunakan metode COD atau Bayar di Tempat ini yang lebih merasa aman dan nyaman, sehingga hal ini menjadi potensi besar bagi para penjual online untuk bisa menjangkau para pembeli yang lebih banyak dan luas.

Pengiriman Paket Aman Dan Terjamin

Tenang saja, semua pengiriman dari fitur bayar di tempat ini telah dilindungi oleh pihak asuransi, sehingga kamu tidak harus cemas dan khawatir jika terjadi beberapa kendala pada barang yang dipesan saat sedang memasuki proses pengiriman.

Cara menggunakan fitur COD di Bukalapak Tanpa Biaya

Dengan Cara Menggunakan Fitur COD di Bukalapak, para penjual tidak perlu untuk melakukan pembayaran tambahan. Kemudian jika paket tidak diterima oleh si pembeli, akan ada pengiriman kembali, dan para penjual tidak dikenakan biaya pengiriman pengembalian.

Keuntungan Penggunaan Fitur COD Untuk Pembeli

COD_Bukalapak

Sebelum mengetahui metode COD di Bukalapak. Kamu juga perlu mengetahui keuntungan-keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan fitur COD di Bukalapak. Berikut ini adalah keuntungan fitur COD untuk pembeli.

Tidak Harus Memiliki Akun Bank Khusus

Nah, fitur COD di Bukalapak ini ternyata menguntungkan para pembeli yanh belum punya rekening bank. Hal ini memudahkan para pembelu karena embeli bisa bebas belanja online dengan pembayaran secara tunai, tanpa harus memiliki akun bank yang khusus.

Tidak Perlu Pergi Dan Keluar Rumah

Dengan menggunakan fitur COD di Bukalapak ini, para pembeli tidak perlu untuk meninggalkan rumah mereka untuk bisa membayar produk yang dipesan. Dengan fitur ini, kurir bisa langsung antar barangnya ke depan rumah dan kamu bisa langsung membayar di tempat saja.

Belanja online aman dan nyaman

Dengan Cara Menggunakan Fitur COD di Bukalapak, kamu bisa merasakan belanja dengan cara yang aman dan juga nyaman karena barangnya pasti akan dikirim ke alamat kamu meskiun belum ada transaksi pembayaran, sehingga kamu tidak perlu takut jika uangmu hilang.

Ketentuan Penggunaan COD di Bukalapak

Pada fitur COD di Bukalapak ada beberapa aturan penggunaan dan juga kebijakan yang harus ditaati oleh mitra Bukalapak. Berikut adalah aturan penggunaan dan kebijakan yang harus dilakukan oleh pengguna fitur COD di Bukalapak.

– Untuk bisa menggunakan fitur bayar di tempat atau COD di Bukalapak, para pembeli diwajibkan verifikasi akun email terlebih dahulu dan juga mengaktifkan verifikasi menggunakan nomor telepon.

Cara Menggunakan Fitur COD di Bukalapak ternyata hanya bisa digunakan untuk jasa pengiriman SiCepat Regular dan hanya bisa digunakan beberapa di pelapak ang sudah mengaktifkan metode COD di toko mereka.

– Metode pembayaran di tempat memiliki limit transaksi COD yaitu sehari hanya 3 kali. Kemudian jumalh makimal dari pembelian barang dengan fitur COD ini adalah 4 Juta Rupiah.

– Metode pembayaran COD di Bukalapak tidak bisa digunakan pada sistem dropship dan juga tidak bisa digabungkan dengan banyak fasilitas lainnya, seperti mixpayment, prioritas, dan virtual procuct lainnya.

– Selain itu pembeli juga tidak bisa mengubah waktu penerimaan produk yang sudah di pesan.

– Para pembeli yang tidak melakukan pembayaran atau tidak berada di rumah atau tempat yang dituju saat pentugas mengantarkan pesanan 3x dalam 1 minggu maka otomatis si pengguna akan akan masuk blacklist di berbagai sistem pembayaran COD.

Cara Menggunakan Fitur COD di Bukalapak juga sementara jika para pembeli melakukan pembatalan pesanan sebanyak 2 kali dalam 2 bulan maka pembeli akan dinonaktifkan.

– Pembeli dengan sistem ini tidak boleh membuka paket sebelum membayar dengan jumlah yang ditentukan. Jika setelah menerima barang, ada banyak sekali masalah pada paket maka pembeli bisa mengajukan bantuan.

– Metode pembayaran di tempata atau fitur COD juga dikenakan biaya admin 1,1% dari beberapa nilai harga produk yang akan dibeli.

– Ada juga asuransi pengiriman dengan cara pembayaran COD ini yang bersifat wajib, yaitu besaran sekitar 0.45% dari nilai harga barang yang akan dibeli.

– Jika ada masalah tentang Cara Menggunakan Fitur COD di Bukalapak, para pembeli bisa langsung menghubungi seller centre. Selain itu, Bukalapak selanjutnya akan menindak lanjuti para pengguna jika melanggar SK dari fitur COD di Bukalapak.

– SK dari fitur COD ini adalah bagian tidak bisa dipisahkan dari ketentuan atau aturan dan juga kebijakan Bukalapak yang sewaktu-waktu bisa saja berubah.

Cara Menggunakan Fitur COD di Bukalapak Untuk Pembeli

Cara_Mengaktifkan_COD_Bukalapak

Setelah kamu bisa memenuhi syarat untuk bisa mendafatar dan memenuhi semua ketentuannga, maka kamu bisa menggunakan fitur COD.

– Mengatur pengaktifan metode COD atau bayar di tempat di Seller Center, lalu buka menu pengaturan jasa pengiriman dan juga centang bagian fitur COD untuk mengaktifkannya.

– Setelah dicentang, maka akan muncul sebuah notifikasi untuk bisa mendaftar. Jadi, setelah terdaftar di sistem Bayar di Tempat (COD) sudah berhasil diaktifkan di lapak kamu.

Cara Memproses Transaksi COD Untuk Pelapak

– Jika ada metose transaksi dengan pembayaran COD, akan muncul logo COD.

– Lakukan saja proses pesanan seperti biasanya.

– Jika melakuakan transaksi dengan fitur pembayaran COD, maka pelapak wajib cetak kode booking yang ada di aplikasi untuk memudahkan kurir saat menagih pembayaran ke pembeli.

– Jangan lupa untuk tetap menempelkan label kode booking di paket jualan kamu ya.

– Klik saja cari Driver, kemudian tunggu sampai penjemputan dari kurir ke alamatmu.

Nah, itulah proses atau Cara Menggunakan Fitur COD di Bukalapak beserta dengan semua keuntungan yang bisa didapatkan, baik dari yang didapatkan oleh penjual maupun pembeli.

Baca Juga: Cara Menggunakan Fitur COD di Tokopedia

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment