Cara Menggunakan Fitur COD di Tokopedia

Fungsi & Cara Menggunakan Fitur COD di Tokopedia

COD adalah salah satu cara pembayaran terbaru yang ada di Tokopedia dan marketplace lainnya. Cara Menggunakan Fitur COD di Tokopedia ini juga menyediakan pengalaman berbelanja yang pastinya aman, nyaman dan juga mudah untuk dilakukan.

Pembeli juga dapat membayar transaksi secara tunai dan mereka juga bisa langsung membayarnya pada kurir ketika pesanan yang mereka pesan sudah mereka terima. Saat ini, jasa pengiriman yang mendukung COD adalah Sicepat Gesit.

Fitur COD di Tokopedia

Cara Menggunakan Fitur COD di Tokopedia

Fitur COD di Tokopedia adalah cara pembayaran yang dilakukan secara tunai dan langsung dari pembeli kepada kurir saat pesanan diterima, sehingga mereka tidak perlu menggunakan fitur bank dan rekening.

Metode pembayaran COD ini juga menawarkan pengalaman berbelanja yang nyaman dan mudah, karena pihak pengguna pada platform Tokopedia yang dapat menggunakan fitur COD dengan tanpa harus pergi ke atm atau mengisi saldo.

Keuntungan Menggunakan Fitur COD Untuk Pelapak

Sebelum mengetahui Cara Menggunakan Fitur COD di Tokopedia, kamu juga perlu tahu tentang keuntungan-keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan fitur COD di Tokopedia. Berikut ini adalah keuntungan fitur COD untuk pelapak.

Meningkatkan Jumlah Transaksi Pengguna

Para pelapak yang sudah bisa mengaktifkan fitur Bayar di Tempat atau COD memiliki potensi untuk bisa meningkatkan transaksi jual beli di toko mereka. Mereka bisa mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi dibandingkan dengan pelapak yang tidak mengaktifkan fitur COD.

Cara menggunakan fitur COD di Tokopedia Menjangkau Pembeli yang Lebih Banyak

Ada beberapa pengguna fitur COD atau pembeli yang nyaman menggunakan metode COD atau Bayar di Tempat (COD) ini, sehingga hal ini menjadi potensi yang besar bagi para pelapak untuk menjangkau para pembeli yang lebih banyak dan juga meluas.

Pengiriman Paket Aman Dan Terjamin

Tenang saja, semua pengiriman dari fitur bayar di tempat ini telah dilindungi oleh pihak asuransi, sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi jika terjadi beberapa kendala pada barang yang kamu pesan saat sedang dalam proses pengiriman.

Tanpa Biaya

Dengan Cara Menggunakan Fitur COD di Tokopedia, para pelapak tidak perlu untuk membayar biaya tambahan lainnya. Kemudian jika paket tidak diterima oleh pembeli, akan ada pengiriman kembali ke pelapak, dan para pelapak tidak perlu membayar pengiriman pengembalian.

Keuntungan Fitur COD Untuk Pembeli

Keuntungan_COD_Tokopedia

Sebelum mengetahui metode COD di Tokopedia. Kamu juga perlu mengetahui keuntungan-keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan fitur COD di Tokopedia. Berikut ini adalah keuntungan fitur COD untuk pembeli.

Tidak perlu memiliki akun bank khusus

Nah, fitur COD di Tokopedia ini ternyata menguntungkan para pembeli yanh belum punya rekening bank. Hal ini memudahkan para pembelu karena embeli bisa bebas belanja online dengan pembayaran secara tunai, tanpa harus memiliki akun bank yang khusus.

Tidak perlu ke luar rumah

Dengan menggubakan fitur COD di Tokopedia, para pembeli juga tidak perlu meninggalkan rumah untuk bisa membayar belanjaan. Dengan fitur COD ini, kurir bisa langsung antar barang yang kamu pesan ke depan rumah dan bisa langsung menerima pembayaran di tempat.

Belanja online aman dan nyaman

Dengan Cara Menggunakan Fitur COD di Tokopedia, kamu bisa merasakan belanja dengan aman dan nyaman karena anti penipuan olshop, dan barangnya pasti dikirim ke alamat pembeli sebelum dibayar secara tunai, sehingga tidak perlu takut jika uangmu hilang.

Peraturan Fitur COD di Tokopedia

asuransi_cod_tokopedia

Ada beberapa aturan penggunaan dan juga kebijakan privasi di Tokopedia. Jadi, untuk para pengguna fitur COD harus memenuhi beberapa syarat dan juga ketentuan yang berlaku di fitur COD Tokopedia. Berikut ini adalah aturan penggunaan dan kebijakan di Tokopedia.

– Untuk bisa menggunakan fitur bayar di tempat atau COD di Tokopedia, para pembeli diwajibkan sudah verifikasi akun email mereka terlebih dahulu dan juga mengaktifkan verifikasi menggunakan nomor telepon.

Cara Menggunakan Fitur COD di Tokopedia ternyata berlaku untuk pengiriman khusus sajayaitu jika menggunakan SiCepat Regular dan fitur ini juga hanya bisa digunakan di tempat yang sudah mengaktifkan metode COD di toko mereka.

– Metode pembayaran di tempat bisa digunakan dengan maksimal sehari hanya 3 kali saja. Kemudian jumalh makimal dari pembelian barang dengan fitur COD ini adalah 4 juta rupiah setiap transaksi.

– Fitur COD di Tokopedia ini juga tidak berlaku untuk para dropshipper dan juga tidak bisa digabungkan dengan banyak fasilitas lainnya, seperti mixpayment, prioritas, dan juga tidak berlaku untuk pembayaran ke pihak asuransi dan juga virtual product.

– Fitur COD ini juga hanya berlaku untuk setiap transaksi di Marketplace saja. Selain itu pembeli juga tidak bisa mengubah waktu penerimaan produk yang sudah di pesan, baik di majukan ataupun diundur.

– Para pembeli yang tidak membayar produk yang dikirimkan atau tidak di tempat saat kurir mengantarkannya sampai 3x dalam kurun waktu 1 minggu maka otomatis si pengguna diblokir oleh berbagai sistem pembayaran COD meskipin di tempat lainnya.

Cara Menggunakan Fitur COD di Tokopedia juga akan dinonaktifkan sementara jika pembeli membatalkan pesanan hingga 2 kali dalam waktu 60 hari. Pembeli juga harus membayar uang tunai secara penuh sesuai dengan detail label pengiriman yang diserahkan ke kurir.

– Pembeli dengan sistem COD ini tidak diperbolehkan untuk membuka pesanan mereka sebelum membayar terlebih dahulu. Jadi setelah menerima barang/produk dan ada banyak kendala pada paket yang diterima pembeli.

– Metode pembayaran di tempat atau fitur COD juga dikenakan biaya admin 1,1% dengan jumlah minimal biaya admin sebanyak Rp2.000 saja dari beberapa nilai harga barang yang akan dibeli.

– Ada juga asuransi pengiriman dengan fitur COD ini yang bersifat wajib, yaitu 0.45% dari nilai harga barang yang nantinya akan dibeli.

– Jika ada konflik tentang Cara Menggunakan Fitur COD di Tokopedia, para pembeli bisa menghubungi seller centre. Selain itu, Tokopedia juga selanjutnya akan menindak lanjuti para pengguna jika mereka melanggar SK dari fitur COD di Tokopedia.

– SK dari Cash On Delivery ini juga bagian yang tidak bisa dipisahkan mulai dari aturan COD dan juga kebijakan privasi yang ada di Tokopedia yang sewaktu-waktu juga bisa saja berubah tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu.

Ketentuan Klaim Asuransi COD Di Tokopedia

Jika terjadi berbagai kendala seperri barang hilang dalam proses perjalanan atau barangnya rusak dan saat  menuju ke tempat pembeli ataupun palapak bilang, bahwa pada saat barang berusaha dikembalikan, maka pembeli bisa mengajukan klaim pengembalian.

Cara Menggunakan Fitur COD di Tokopedia Untuk Pembeli

Setelah kamu bisa memenuhi syarat untuk bisa mendafatar dan memenuhi semua ketentuannga, maka kamu bisa menggunakan fitur COD. Nah, berikut ini adalah Cara Menggunakan Fitur COD di Tokopedia.

– Mengatur pengaktifan metode COD atau bayar di tempat di Seller Center, lalu buka menu pengaturan jasa pengiriman dan juga centang bagian fitur COD untuk mengaktifkannya.

– Setelah dicentang, maka akan muncul sebuah notifikasi untuk bisa mendaftar. Jadi, setelah terdaftar di sistem Bayar di Tempat (COD) sudah berhasil diaktifkan di lapak kamu.

Cara Menggunakan Fitur COD  Untuk Penjual

Kamu bisa mengaktifkan fitur bayar di tempat terlabih dahulu melalui halaman pengaturan toko kamu, kemudian pada tab layanan, masuklah ke bagian pengiriman dan aktifkan kurir SiCepat dan/atau Anteraja.

– Terimalah pesanan dan setelah terima pesanan sudah berhasil, maka selanjutnya penjual akan menerima nomor resi untuk kode booking paket yang dapat dilihat pada tab konfirmasi pengiriman.

Selanjutnya kamu tinggal konfirmasi saja pengiriman dan juga cetak label pengiriman.

– Tempelkan label-label paket yang sudah dicetak dan pengiriman yang mengandung barcode resi pengiriman dan juga jumlah uang yang perlu ditagihkan dari kurir kepada pembeli kamu.

– Fitur COD ini memiliki ketentuan yang berbeda pada setiap e-commerce, sehingga pengguna harus membaca dan juga mematuhi beberapa detail untuk ketentuan dan juga syaratnya.

– Setelah itu kamu bisa mengaktifkan notifikasi dan jadilah yang pertama untuk bisa menerima semua berita penting, topik menarik, dan juga berbagai informasi lainnya terkait sistem COD.

Nah, itulah proses atau Cara Menggunakan Fitur COD di Tokopedia beserta dengan semua keuntungan yang bisa didapatkan, baik dari penjual ataupun saat kamu menjadi pembeli.

Baca Juga: Cara Membeli Reksadana di Tokopedia

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment