Cara Menggunakan PeduliLindungi Lewat DANA

Pemerintah Indonesia terus berinovasi untuk melakukan pelacakan dalam menghentikan penyebaran virus Covid-19. Salah satu caranya yaitu dengan mengembangkan aplikasi PeduliLindungi. Kini aplikasi tersebut bisa diakses dari banyak aplikasi, contohnya adalah DANA. Oleh karena itu, penting mengetahui bagaimana cara menggunakan PeduliLindungi lewat DANA.

PeduliLindungi yang bisa diakses melalui banyak aplikasi termasuk DANA sangat memudahkan masyarakat Indonesia. Selain itu, masyarakat Indonesia juga bisa lebih memanfaatkan dompet digitalnya secara optimal dan memaksimalkan fungsi PeduliLindungi. Namun, sebelum mencari tahu cara menggunakan PeduliLindungi lewat DANA, ada baiknya ketahui dulu apa itu PeduliLindungi dan DANA berikut ini:

Apa Itu Aplikasi PeduliLindungi?

Aplikasi Pedulilindungi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Aplikasi PeduliLindungi dikembangkan atas dasar adanya pandemi Covid-19 yang menyebar di Indonesia. Dengan adanya aplikasi ini, pemerintah dapat dengan mudah melakukan tracing untuk menekan penularan virus Covid-19 di Indonesia. Selain itu, aplikasi PeduliLindungi juga dikembangkan untuk mengelola mobilitas masyarakat Indonesia.

Aplikasi ini membutuhkan partisipasi masyarakat untuk saling memberikan data lokasinya ketika bepergian. Hal ini berguna untuk memudahkan dalam penelusuran riwayat kontak dengan penyintas Covid-19. Aplikasi PeduliLindungi juga akan memberikan notifikasi jika penggunanya berada di zona merah atau di area keramaian.

Adapun manfaat lainnya dari aplikasi ini yaitu memudahkan petugas dalam melakukan proses validasi dokumen kesehatan ketika penggunanya menggunakan transportasi umum. Dengan adanya aplikasi ini, maka proses validasi menjadi lebih cepat dan mudah. Kemudian, karena tampilannya berupa aplikasi, maka meminimalisir adanya kontak fisik.

Masyarakat yang menjalankan test Covid-19 di laboratorium kesehatan yang berafiliasi dengan Kementerian Kesehatan, maka hasilnya juga akan muncul di aplikasi PeduliLindungi. Dengan demikian, aplikasi ini juga menghindari adanya pemalsuan hasil tes swab yang dijalankan pengguna, baik itu PCR atau antigen. Apabila pengguna tersebut juga sudah mendapatkan vaksin, baik dosis 1 atau 2, datanya juga akan terintegrasi di aplikasi Peduli Lindungi.

Apa itu Aplikasi DANA?

Aplikasi Dana

Sebelum mengetahui bagaimana cara menggunakan PeduliLindungi lewat DANA, ketahui dulu apa itu aplikasi DANA. Aplikasi yang sudah hadir sejak 2018 ini adalah dompet digital yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai transaksi pembayaran. Dengan begitu, jika menggunakan DANA, maka penggunanya bisa melakukan transaksi keuangan secara non tunai lebih mudah dan cepat.

DANA bisa dimanfaatkan untuk membayar berbagai macam tagihan dan kebutuhan sehari-hari. Misalnya, untuk membayar token listrik, PDAM, BPJS, internet, pulsa, dan lain-lain. Selain itu DANA juga bisa digunakan untuk transaksi di banyak merchant, seperti Alfamart, Indomaret, Hoka-Hoka Bento, KFC, dan lain sebagainya.

Salah satu manfaat luar biasa jika menggunakan DANA adalah penggunanya bisa mendapatkan banyak promo menarik. Misalnya, yaitu mendapat potongan saat membayar di merchant tertentu atau cashback saldo. Jadi, dengan menggunakan DANA tidak hanya memudahkan dan mempercepat transaksi keuangan tetapi juga menghemat pengeluaran.

Penggunaan DANA juga sangat tepat di masa sekarang ini karena membantu meminimalisir kontak fisik yang berdampak pada penyebaran virus Covid-19. Oleh karena itu, DANA memiliki menu PeduliLindungi yang bisa diakses oleh penggunanya. Jika ingin tahu bagaimana cara menggunakan PeduliLindungi lewat DANA, di bawah ini adalah ulasannya:

Cara Menggunakan PeduliLindungi Lewat Dana

Aplikasi PeduliLindungi memudahkan pemerintah untuk memonitor dan menekan penyebaran virus Covid-19. Oleh karena itu, aplikasi tersebut berisi biodata lengkap dengan riwayat kesehatan yang berhubungan dengan Covid-19, misalnya data vaksin, test Covid-19 (PCR atau antigen), dan riwayat perjalanan. Oleh karena itu, KEMENKES Indonesia mulai mengintegrasikan Aplikasi PeduliLindungi ke banyak aplikasi, salah satunya adalah DANA.

Adanya pengintegrasian ini adalah angin segar untuk membantu menekan laju penyebaran virus Covid-19. Kemudian, dukungan DANA terhadap aplikasi PeduliLindungi juga untuk membangun infrastruktur kesehatan yang lebih baik di Indonesia. Terlebih lagi hingga kini DANA digunakan banyak orang di Indonesia sehingga memberikan banyak manfaat.

Fitur PeduliLindungi yang ada di DANA bisa memungkinkan penggunanya untuk scan QR Code PeduliLindungi yang tersedia di banyak lokasi yang dituju, seperti mall, restoran, tempat wisata, dan lain-lain. Jika ingin tahu bagaimana cara menggunakan PeduliLindungi lewat DANA, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Download aplikasi DANA melalui App Store atau Play Store dan install.
  • Pada Item Digital, tekan View All dan pilih kategori Daily.
  • Klik menu PeduliLindungi.
  • Setujui Term dan Condition yang ditentukan oleh aplikasi DANA dan klik Continue.
  • Halaman Scan QR Code akan muncul dan pengguna bisa memindai kode di berbagai lokasi tujuan.
  • Jika sudah berhasil memindai QR Code, pengguna akan melihat tanda warna hijau, kuning, atau merah. Warna tersebut adalah menandakan status kesehatan pengguna.
  • Apabila warna yang tertera warna hijau, maka pengguna membolehkan pengguna untuk masuk lokasi atau melanjutkan perjalanan.
  • Jika warna yang muncul adalah kuning, maka petugas akan melakukan verifikasi apakah pengguna boleh masuk lokasi atau tidak. Sedangkan jika warna merah yang muncul, maka pengguna tidak boleh masuk atau melanjutkan perjalanan.

Keuntungan Menggunakan PeduliLindungi Lewat DANA

Di atas telah dijelaskan mengenai cara menggunakan PeduliLindungi lewat DANA. Tentunya cara tersebut sangat mudah dilakukan untuk memasuki lokasi tertentu. Sebenarnya PeduliLindungi memiliki aplikasi tersendiri yang bisa diunduh, namun jika menggunakan PeduliLindingi melalui DANA, terdapat keuntungan tersendiri, yaitu:

1. Memudahkan Masyarakat untuk Mengakses PeduliLindungi

DANA telah digunakan oleh lebih dari 85 juta pengguna di Indonesia, sehingga adanya fitur PeduliLindungi di DANA mampu memperluas cakupan QR Code PeduliLindungi. Dengan banyak orang yang berpartisipasi untuk menggunakan fitur PeduliLindungi, maka infrastruktur kesehatan di Indonesia menjadi lebih baik di masa depan. Bagi pengguna yang sudah akrab menggunakan aplikasi DANA, maka akan lebih mudah menggunakan fitur PeduliLindungi.

2. Mengoptimalkan Dompet Digital

Biasanya dompet digital hanya berfungsi untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan berbagai macam transaksi. Namun, dengan adanya fitur PeduliLindungi, penggunanya bisa mengoptimalisasi dompet digital yang digunakan serta memanfaatkan fungsi PeduliLindungi.

Jadi, dalam satu aplikasi, pengguna bisa menjalankan dua fungsi, yaitu untuk bertransaksi dan melakukan pencatatan kesehatan secara digital melalui fitur PeduliLindungi. Pengguna tidak lagi repot untuk menginstall dua aplikasi jika menggunakan satu aplikasi saja bisa menjalankan dua fungsi.

3. Aman

DANA adalah aplikasi dompet digital yang berteknologi tinggi sehingga menjamin penggunanya aman dalam melakukan berbagai transaksi. Dengan begitu, DANA juga menjamin keamanan data dan juga transaksi penggunanya. DANA juga berkomitmen untuk meningkatkan sistem keamanan dengan menerapkan zero data sharing policy.

Kemudian, DANA juga memiliki sistem mitigasi risiko menggunakan teknologi risk engine sehingga meminimalisir berbagai hal yang dapat merugikan penggunanya. DANA mampu memverifikasi penggunanya melalui teknologi biometric atau Visual Identity AuthoriZation sehingga lebih aman digunakan.

Adanya kolaborasi PeduliLindungi dengan DANA tentunya memudahkan penggunanya untuk melakukan transaksi sekaligus mencatat kesehatan berkaitan dengan Covid-19. Kemudian, cara menggunakan PeduliLindungi lewat DANA juga sangat mudah dilakukan, hanya beberapa langkah saja. Jadi, dengan adanya fitur PeduliLindungi, pengguna bisa memaksimalkan fungsi aplikasi dompet digitalnya.

Baca Juga: Cara Cek Sertfifikat Vaksin

5/5 - (765 votes)

Leave a Comment